Ini Rahasia Mengurangi Rasa Ingin Ngemil, Kamu Bisa?

Berikut ini cara asyik untuk mengurangi rasa ingin ngemil, cocok diaplikasikan bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

JEDA.ID — Mengurangi rasa ingin ngemil tentu merupakan hal yang cukup menantang bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Apalagi jika ngemil makanan yang mengandung lemak, gula dan karbohidrat menjadi salah satu kebiasaan yang wajib dihindari jika ingin program diet Anda sukses.

Ingat! Protokol Kesehatan Harus Tetap Jalan, Meski Vaksin Covid-19 Sudah Ada

Meski ada yang bilang sulit, ternyata ada cara asyik yang bisa mengurangi rasa ingin untuk ngemil.

Berikut ini delapan cara mengurangi kebiasaan ngemil, sebagaimana telah tayang di situs kesehatan Klikdokter.com.

Gangguan Psikologis Anak Saat Sekolah Tatap Muka Dimulai, Apa Sajakah?

1. Jangan Asal Beli Camilan

Sebelum berbelanja, buatlah daftar belanja yang ingin Anda beli. Hindari makanan atau camilan yang mengandung banyak gula, lemak maupun karbohidrat.

Beberapa contohnya adalah es krim hingga cokelat. Pilihlah camilan sehat yang terbuat dari biji-bijian dan juga buah segar.

Mengulik Teknologi Fast Charging Baterai dan Mitosnya

2. Berpikir Sebelum Ngemil

Cara asyik kedua mengurangi rasa ingin ngemil ini adalah berpikir dampak buruk dari ngemil.

Selain itu, pastikan apakah Anda betul-betul lapar atau hanya menuruti nafsu ngemil saja.

Minder karena Kulit Belang? Atasi dengan Cara Alami Ini!

Jika memang Anda lapar, alangkah baiknya untuk makan berat daripada mengonsumsi camilan yang justru meningkatkan jumlah kalori.

3. Ganti Camilan dengan yang Lebih Sehat

oatmeal

Ilustrasi oatmeal (Freepik)

Pilihlah camilan sehat, seperti aneka buah, olahan oatmeal, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Hindari camilan yang mengandung lemak, gula, maupun karbohidrat tinggi.

Masih Ada Masyarakat Menolak Vaksinasi Covid-19, Ini Alasannya

4. Mengalihkan Perhatian

Cara asyik keempat mengurangi rasa ingin ngemil adalah mengalihkan perhatian dengan terus aktif.

Beberapa aktivitas yang bisa membunuh keinginanmu untuk ngemil adalah membersihkan rumah, olahraga atau melakukan hobi. Semakin Anda sibuk, semakin sedikit pula keinginan untuk ngemil.

4 Penyanyi Indonesia Terlibat di Soundtrack “Mulan”

5. Makan Secara Teratur

Cara kelima mengurangi nafsu ngemil adalah perhatikan pola makan Anda. Makanlah tiga kali sehari dengan tepat waktu setiap harinya.

Jika Anda makan di luar jadwal, kemungkinan Anda untuk ngemil semakin tinggi.

Tepatkah Menggabungkan Rekening Setelah Menikah?

6. Tidur Cukup

Ilustrasi susah tidur (Freepik)

Insomnia merupakan salah satu tanda tubuh kekurangan olahraga (ilustrasi Freepik)

Bagi Anda yang insomnia atau selalu tidur larut malam, biasanya akan mencari camilan untuk menemani Anda tetap terjaga di malam hari.

Nah, untuk menghindari hal tersebut. biasakan untuk tidur tepat waktu setiap harinya dan tidak begadang.

Bantu Pertumbuhan Tinggi Anak Lewat Asupan Nutrisi Ini, Apa Sajakah?

7. Banyak Minum Air Putih

Manfaat air putih bisa mencegah Covid-19 (ilustrasi Freepik)

Manfaat air putih bisa mencegah Covid-19 (ilustrasi Freepik)

Kemudian, Anda juga bisa mengakali keinginan untuk ngemil dengan minum air putih.

Meski tidak menggandung kalori, air putih bisa membuat perut Anda terasa kenyang.

Ini Efek Tertawa Berlebihan, Jangan Diabaikan Ya

8. Mematikan TV

menonton televisi

nonton TV (Freepik)

Cara terakhir mengurangi rasa ingin ngemil bisa dengan menghindari menonton TV ketika Anda sedang lapar maupun bosan.

Ketika Anda sedang menonton TV, keinginan untuk ngemil pun semakin tinggi. Untuk membunuh keinginan ngemil itu, Anda bisa membaca buku atau majalah.

8 Bulan Terjebak Pandemi, Ini Tips Kurangi Level Stres

Jangan Sembarangan! 4 Aktivitas Ini Ternyata Bisa Memanggil Kuntilanak

Berita Kesehatan Terbaru

Tips Diet

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.