Peringati Hari Batik 2020, Solopos Gelar Virtual Amazing Batik

Memperingati Hari Batik 2020, Solopos menggelar acara istimewa bertajuk Virtual Amazing Batik pada Jumat (2/10/2020).

JEDA.ID--Batik merupakan kerajinan bernilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia, khususnya Jawa sejak dulu kala.

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) telah menetapkan batik Indonesia, secara keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009.

Pemerintah lantas kemudian menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional melalui Kepres No. 33 Tahun 2009.  Untuk memperingati Hari Batik 2020, Solopos menggelar acara istimewa bertajuk Virtual Amazing Batik pada Jumat (2/10/2020).

“Amazing batik merupakan sebuah perhelatan memperingati Hari Batik Nasional yang diadakan secara virtual oleh Solopos. Amazing batik memberi ruang bagi berbagai elemen masyarakat untuk memberi makna khusus terhadap batik yang sudah menjadi identitas nasional,” ujar salah satu panitia kegiatan Yonanta Candra Permana, Rabu (30/9/2020).

Tarif Tes Swab RI Rp797.000, Ini Perbandingan dengan Negara Lain

Yonanta menjelaskan Amazing Batik ini terdiri atas beragam mata acara yang digelar selama satu hari penuh.  “Acara diawali dengan maestro bicara, acara berlanjut dengan talkshow batik yang melibatkan akademisi, perguruan tinggi, griya batik, dan desainer yang kompeten di bidangnya masing-masing. Amazing batik juga menghadirkan webinar nasional dengan narasumber yang berkompeten di bidangnya,” jelas Yonanta.

Acara ini juga mendapat dukungan Batik Pria Tampan, Batik Ima_Zha, komunitas desainer indie Rempeyeks Jogja, Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Universitas Pekalongan, Indosat Ooredo, Batik Danarhadi, Pisalin Solopos, La Tulipe Cosmetiques, dan Hana Parasayu.

Berikut Jadwal Virtual Amazing Batik 2020 yang digelar Solopos pada Jumat (2/10/2020)

Virtual Amazing Batik

Virtual Amazing Batik

1. Maestro Bicara

Waktu : 09.00 – 09.45 WIB
Pembicara : Santosa Doellah (Danarhadi

2. Talkshow Ima-Zha Batik

Waktu : 10.00-10.30 WIB
Pembicara : Ima Nur Wiliana
Tema : Geliat produsen baju lokal

3. Talkshow Batik Benang Ratu

Waktu : 11.00-11.30 WIB
Pembicara : Benang Ratu

4.  Talkshow Batik Pria Tampan

Waktu : 13.00 – 13.30 WIB
Pembicara : M. Andri Setyawan (CEO Batik Pria Tampan)
Tema : Bisnis Ekspor batik

5. Talkshow batik ISI Solo

Waktu : 14.00 – 14.45 WIB
Pembicara : Drs. Muh. Arif Jati Purnomo, M.Sn. (Dosen Prodi Batik)
Tema : Peran ISI Solo dalam mengembangkan budaya melalui prodi desain mode batik

6. Talkshow batik Komunitas The Rempeyeks

Waktu : 15.00-15.30 WIB
Pembicara : Endarwati

7. Talkshow batik Universitas Pekalongan

Waktu : 16.00-17.00 WIB
Pembicara : Unikal
Tema : Batik di Pusaran Zam

8. Webinar nasional Batik Fashion dan Ikon Pariwisata

Waktu : 19.00 – 20.30 WIB
Pembicara : Ditjen Kebudayaan Dr Restu Gunawan, K.G.P.H. Dipokusumo,  Danarsih Santosa, Gunawan Setiawan (Kampung Batik Kauman)
Tema : Batik Aset Budaya, Ikon Pariwisata

Amazing Batik 2020 Solopos akan ditayangkan melalui sejumlah platform seperti Live IG streaming Youtube, dan Facebook.  Ada hadiah menarik bagi pemirsa yang mengajukan pertanyaan atau memberikan komentar di Acara Amazing Batik berupa paket data dari Indosat masing-masing 65 GB untuk 5 orang dan produk kecantikan dari La Tulipe. Jangan sampai terlewat ya!

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.