• Tue, 4 October 2022

Breaking News :

Harga Tes Antigen Turun, Demi Menurunkan Beban Masyarakat

Harga tes antigen di Indonesia kembali turun menjadi Rp99.000 untuk wilayah Jawa dan Bali serta Rp109.000 di luar Jawa-Bali

JEDA.ID — Baru-baru ini, pemerintah memutusakn harga tes antigen di Indonesia kembali turun menjadi Rp99.000 untuk wilayah Jawa dan Bali serta Rp109.000 di luar Jawa-Bali.

Keputusan pemerintah ini berlaku mulai Rabu, 1 September 2021 dan diharapkan bisa meningkatkan tingkat testing sebagai salah satu langkah penting penanganan pandemi Covid-19.

Baca Juga: 5 Nama Daerah yang Sama alias Kembar di Soloraya, Ada yang Tahu?

“Harga Antigen yang lebih murah mendorong peningkatan testing, sekaligus meringankan beban masyarakat yang butuh swab test mandiri,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, seperti dikabarkan Solopos.com pada Kamis (2/9/2021).

Harga tes antigen turun ini merupakan hasil evalusi SE Dirjen Pelayanan Kesehatan HK.02.02/1/4611/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Test Antigen Swab, yang sudah berlangsung selama hampir 1 tahun.

Baca Juga: Banyak yang Penasaran, Ini Profil Suami Puan Maharani, Happy Hapsoro

“Harga bahan baku pemeriksaan Antigen yang sudah jauh lebih murah saat ini. Selain itu, sekarang sudah lebih banyak rapid test antigen yang bisa diproduksi secara lokal di dalam negeri. Hal-hal ini yang menjadi pertimbangan utama menurunkan batas tarif tertinggi rapid tes antigen,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Johnny berharap dengan harga tes antigen yang turun ini, bisa segera diaplikasikan kepada seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Tanah Air.

Baca Juga: Jadi Pemenang MasterChef Indonesia Season 8, Ini Profil Jesselyn Lauwreen

“Penurunan harga ini ditentukan berdasarkan kajian yang matang dan kami harapkan bisa segera diterapkan oleh seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia. Dengan harga yang lebih rendah, aksesibilitas masyarakat untuk melakukan tes Covid-19 akan meningkat,” ungkap dia.

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.