Ingat! Protokol Kesehatan Harus Tetap Jalan, Meski Vaksin Covid-19 Sudah Ada

Protokol kesehatan 3M, menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak harus tetap jalan meski vaksin Covid-19 sudah ada.

JEDA.ID — Saat vaksin Covid-19 sudah ada nantinya, protokol kesehatan tetap akan berjalan, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak atau biasa dikenal dengan 3M.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Managing Director IPSOS Indonesia, Soeprapto Tan. Selain 3M, protokol 3T (Tracing, Testing, Treatment) juga harus tetap dilakukan.

WHO Khawatirkan Serangan Gelombang Ketiga Covid-19

“Kalau misalkan mendapatkan vaksin Mei atau Juni 2021 kebiasan terhadap 3M dan 3T harus tetap kita jalankan sampai pemerintah benar-benar memberikan informasi bahwa Covid-19 sudah tidak ada”, kata Soeprapto sebagaimana telah diberitakan Solopos.com pada Kamis (13/11/2020).

Sedangkan di masa vaksin Covid-19 sedang dalam proses pengujian seperti sekarang, hal yang paling ampuh untuk memutus rantai penularan virus ini adalah protokol kesehatan 3M.

Cara Mudah Menghilangkan Cegukan, Mau Coba?

“Saat ini 3M masih satu-satunya cara ‘vaksin’ paling ampuh. Jadi kita harus konsisten dan jangan lengah untuk melakukan 3M. Bersamaan dengan itu kita semua serta masyarakat harus mendukung pelaksanaan 3T, terutama dalam hal testing. Karena apabila masyarakat tidak mau melakukan testing, maka tracing tidak akan terjadi”, tambah Soeprapto.

Di kesempatan yang sama, Penasihat Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarinvest), Monica Nirmala juga mengatakan hal yang senada.

Gangguan Psikologis Anak Saat Sekolah Tatap Muka Dimulai, Apa Sajakah?

3M dan 3T Satu Kesatuan

“Setiap orang harus mengambil peranan untuk memutus rantai dengan berpartisipasi kooperatif menerapkan 3M dan 3T”, jelas Monica.

Menurut Monica ada beberapa strategi yang dilaksanakan pemerintah untuk memperkuat upaya perubahan perilaku di masyarakat yakni, kampanye 3M. Sedangkan 3T dengan melakukan deteksi awal penyebaran Covid-19 dengan testing dan tracing yang tepat sasaran. Sementara untuk treatment pemerintah memperkuat manajemen perawatan pada pasien Covid-19.

Kekebalan Terhadap Covid-19 Dapat Bertahan Lama Setelah Terinfeksi

“Jadi dengan 3M dan 3T sama pentingnya dan satu kesatuan, kita berupaya memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan kita melindungi diri dan melindungi sesama”, tandas Monica.

Minder karena Kulit Belang? Atasi dengan Cara Alami Ini!

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.