Cara Mudah Menghilangkan Cegukan, Mau Coba?

Ada banyak cara menghilangkan cegukan. Menahan napas merupakan salah satu cara menghilangkan cegukan.

JEDA.ID—Saat cegukan melanda, kita tentu mencari berbagai cara menghilangkan cegukan.  Selama ini kita hanya menahan napas sebagai salah satu cara menghilangkan cegukan.

Padahal, sebetulnya ada banyak cara menghilangkan cegukan. Tips kesehatan kali ini membahas bagaimana cara menghilangkan cegukan.

Cegukan yang datang tiba-tiba tentu terasa sangat mengganggu bukan? Tahukah Anda bagaimana proses terjadinya cegukan? Singultus ditandai dengan suara chik ini terjadi ketika diafragma, atau membran otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut, mengalami kontraksi.

Makanan Mengandung Seng Ini Bisa Dongkrak Imunitas Tubuh

Cegukan bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari stres, makan terlalu banyak dan cepat, mengonsumsi alkohol, minuman berkarbonasi, atau makanan pedas. Setiap kontraksi yang terjadi pada organ akan memiliki peran penting dalam pernapasan tersebut dan mengakibatkan pita suara menutup tiba-tiba, sehingga menghasilkan suara khas cegukan.

Seperti  dilansir dari Liputan6.com, Rabu (18/11/2020), coba cara-cara ini untuk menghilangkan cegukan.

1. Minum air hangat

Mengonsumsi air hangat bisa melancarkan peredaran darah dan oksigen, sehingga oksigen yang dibutuhkan tubuh cepat terpenuhi. Anda cukup meminum air hangat, lalu tahan napas dengan posisi tubuh sedikit membungkuk selama yang Anda bisa.

Kemudian kembalikan posisi tubuh ke posisi tegap, tapi masih dengan menahan napas. Lalu telan air dan Anda bisa mulai bernapas seperti biasa.

2. Tahan napas dengan melipat kedua lutut

Cara menghilangkan cegukan selanjutnya dengan menahan napas selama beberapa saat atau sekuat yang Anda bisa. Cara ini salah satu cara yang paling umum dan sudah banyak diketahui.

Menahan napas dipercaya sebagai cara menghilangkan cegukan paling efektif. Sebab, saat menahan napas kadar karbondioksida dalam tubuh akan bertambah. Caranya, posisikan badan dengan bersimpuh, lalu angkat kedua kaki hingga lutut tertekuk.

3. Bernapas dengan kantong plastik

Cara menghilangkan cegukan dengan kantong plastik juga tidak kalah efektif. Sesungguhnya tujuannya sama dengan menahan napas, agar kadar karbondioksida meningkat.

Ini Penemu Batu Meteor asal Indonesia, Temuannya Laku Terjual Rp200 Juta

Sebab, ketika bernapas dengan kantong plastik atau kertas, sebenarnya Anda sedang menghirup lagi karbondioksida yang dikeluarkan. Caranya cukup mudah, dengan bernapas saja seperti biasa namun menggunakan kantong plastik atau kertas.

4. Atur pernapasan

Selanjutnya bisa mencoba cara menghilangkan cegukan ini, yaitu bernapas dengan teratur dan benar. Tujuannya agar oksigen dan karbondioksida bisa bergantian masuk dalam tubuh dengan kadar yang tepat.

5. Headstand

Cara menghilangkan cegukan ini cukup sulit dilakukan. Tapi, jika berhasil melakukannya, maka cegukan akan dengan cepat menghilang.

Tujuan dilakukannya salah satu gerakan yoga ini, yaitu membuat aliran darah menuju otak bisa lebih cepat, kemudian oksigen akan mengalir ke seluruh tubuh karena gaya gravitasi yang mengalirkan darah.

6. Jeruk nipis

Kemudian, Anda bisa menggunakan bantuan jeruk nipis. Dikarenakan jeruk nipis selain punya banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, bisa juga meredakan cegukan. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu meminum langsung air perasan jeruk nipis.

Kekebalan Terhadap Covid-19 Dapat Bertahan Lama Setelah Terinfeksi

Adanya kandungan vitamin C dalam jeruk nipis yang tinggi berfungsi menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

7. Menjulurkan lidah

Menjulurkan lidah juga sangat dipercaya bisa merangsang nasofaring dan saraf vagus. Kedua jenis saraf ini sangat berpengaruh pada otot-otot mulut dan tenggorokan. Selain itu, saraf tersebut bisa mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma.

8. Makan permen

Mengonsumsi permen juga bisa menjadi cara menghilangkan cegukan. Dengan mengonsumsi permen bisa meningkatkan kerja otot di area mulut dan akan merangsang otot diafragma. Anda cukup mengulum permen selama hingga cegukan hilang.

9. Es batu

Mengulum es batu bisa membantu manipulasi otot-otot di area leher supaya lebih rileks dan turut berpengaruh pada otot diafragma. Saat seluruh otot rileks, maka cegukan berangsur-angsur menghilang.

10. Oleskan minyak kayu putih

Oleskan minyak kayu putih ke bagian leher serta perut. Dengan mengoleskan minyak kayu putih bisa memberikan sensasi hangat dan berdampak pada otot leher semakin rileks. Selain itu, aliran darah bisa lebih lancar.

11. Gula batu

Mengulum gula batu atau sesendok gula pasir efektif digunakan sebagai cara menghilangkan cegukan. Sebab, gula akan merangsang otot diafragma. Anda cukup mengulum gula selama 5 menit atau hingga cegukan menghilang.

12. Tekan hidung sambil menelan

Cara menghilangkan cegukan ini juga bisa dicoba. Anda bisa melakukan gerakan menelan sambil menekan bagian hidung. Cara ini akan membantu otot diafragma untuk relaksasi.

13. Beri pijatan di area ulu hati

Jika beragam cara menghilangkan cegukan di atas belum berhasil, Anda bisa coba memijat area ulu hati. Sebab, otot-otot diafragma letaknya persis di bawah ulu hati yang berada di atas perut. Anda bisa memijat pelan dan sedikit diberi tekanan lembut di area tersebut dengan ujung jari kurang lebih 30 detik hingga 1 menit.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.