Makanan Mengandung Seng Ini Bisa Dongkrak Imunitas Tubuh

Untuk memperkuat imunitas tubuh, kita harus mengonsumsi makanan mengandung seng. Ada banyak makanan mengandung seng.

JEDA.ID-Makanan mengandung seng (zinc) tetap harus Anda konsumsi. Ada banyak makanan mengandung seng (zinc).

Kenapa kita harus mengonsumsi makanan mengandung seng (zinc)? Karena seng atau zinc adalah mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Fungsi seng (zinc) antara lain untuk melakukan metabolisme nutrisi, memperkuat kekebalan tubuh, serta menumbuhkan dan memperbaiki jaringan tubuh.

Sayangnya tubuh tidak dapat memproduksi dan menyimpan zinc. Jadi Anda perlu makanan yang mengandung zinc cukup setiap hari untuk memenuhi kebutuhan harian.

Pria disarankan mengonsumsi zinc 11 mg per hari. Sedangkan wanita membutuhkan 8 mg. Namun, jika Anda hamil, Anda membutuhkan 11 mg per hari, dan jika Anda menyusui, Anda membutuhkan 12 mg.

Efektivitas Vaksin Corona Bisa Terhambat Oleh Faktor Ini, Apakah Itu?

Beberapa orang berisiko kekurangan zinc, termasuk anak kecil, remaja, orang tua, dan wanita yang sedang hamil atau menyusui. Tips kesehatan kali ini membahas aneka makanan yang mengandung seng. Apa sajakah?

Namun, mengonsumsi makanan sehat seimbang yang mencakup makanan tinggi zinc dapat memenuhi kebutuhannya.
Berikut 10 makanan yang mengandung zinc dilansir Healthline dan ditulis detikcom, Jumat (20/11/2020) :

1. Daging

Daging adalah sumber seng yang sangat baik. Jumlah yang tinggi zinc dapat ditemukan di semua jenis daging, termasuk daging sapi dan domba.

Faktanya, satu porsi 100 gram (3,5 ons) daging giling mentah mengandung 4,8 mg seng, yang merupakan 44% dari nilai harian atau Daily Value (DV).

Daging dalam jumlah tersebut juga menyediakan 176 kalori, 20 gram protein, dan 10 gram lemak. Plus, mengandung sumber nutrisi penting lainnya, seperti zat besi, vitamin B, dan kreatin.

Kekebalan Terhadap Covid-19 Dapat Bertahan Lama Setelah Terinfeksi

Perlu dicatat bahwa makan daging merah dalam jumlah besar, terutama daging olahan, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

2. Tiram

Tiram mengandung jumlah seng yang sangat tinggi, dengan 6 tiram berukuran sedang mengandung 32 mg, atau 291% dari AKG.

Jenis kerang lainnya mengandung lebih sedikit seng dibandingkan tiram tetapi masih merupakan sumber yang baik.

Kerang yang lebih kecil seperti udang dan remis juga merupakan sumber yang baik, keduanya mengandung 14% DV per 100 gram.

Namun, jika Anda sedang hamil, pastikan kerang sudah benar-benar matang sebelum Anda memakannya untuk meminimalkan risiko keracunan makanan.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti buncis, lentil, dan kacang-kacangan semuanya mengandung zinc dalam jumlah besar.

Faktanya, 100 gram lentil yang dimasak mengandung sekitar 12% DV.

Makan kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang mete, dan almond juga dapat meningkatkan asupan seng Anda. Kacang juga mengandung nutrisi sehat lainnya, termasuk lemak dan serat sehat, serta sejumlah vitamin dan mineral lainnya.

Jika Anda mencari kacang yang kaya zinc, kacang mete adalah pilihan yang baik. Satu porsi 1 ons (28 gram) mengandung 15% DV (17).

4. Biji-bijian

Biji-bijian dapat membantu meningkatkan asupan zinc Anda.

Misalnya, 3 sendok makan (30 gram) biji rami mengandung 31% dan 43% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dan wanita. Biji lain yang mengandung banyak seng termasuk biji labu, labu dan wijen.

5. Produk Susu

Makanan olahan susu seperti keju dan susu memberikan sejumlah nutrisi, termasuk seng.

4 Penyanyi Indonesia Terlibat di Soundtrack “Mulan”

Susu dan keju adalah dua sumber penting, karena mengandung seng dalam jumlah tinggi yang tersedia secara hayati, yang berarti sebagian besar seng dalam makanan ini dapat diserap oleh tubuh Anda. Misalnya, 100 gram keju cheddar mengandung sekitar 28% DV. Sementara satu cangkir susu penuh lemak mengandung sekitar 9%.

Makanan ini juga hadir dengan sejumlah nutrisi lain yang dianggap penting untuk kesehatan tulang, termasuk protein, kalsium, dan vitamin D.

6. Telur

Telur mengandung zinc dalam jumlah sedang dan dapat membantu Anda memenuhi target harian.

Misalnya, sebutir telur besar mengandung sekitar 5% dari DV (27).

Telur juga mengandung 77 kalori, 6 gram protein, 5 gram lemak sehat dan sejumlah vitamin dan mineral lainnya, termasuk vitamin B dan selenium.

Telur utuh juga merupakan sumber kolin yang penting, nutrisi yang kebanyakan orang tidak cukup mendapatkannya.

7. Beberapa Sayuran

Secara umum, buah dan sayuran merupakan sumber seng yang rendah.

Namun, beberapa sayuran mengandung jumlah yang wajar dan dapat memenuhi kebutuhan harian Anda, terutama jika Anda tidak makan daging.

Kentang, baik varietas biasa maupun manis, mengandung sekitar 1 mg per kentang besar, yang merupakan 9% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG).

Sayuran lain seperti kacang hijau dan kangkung mengandung lebih sedikit, sekitar 3% dari DV per 100 gram.

Meskipun tidak mengandung banyak seng, makan makanan yang kaya sayuran telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

8. Cokelat Hitam

Makanan yang mengandung zinc yakni cokelat hitam.

Faktanya, satu batang 100 gram (3,5 ons) dari 70-85% coklat hitam mengandung 3,3 mg seng, atau 30% dari DV.

Namun, 100 gram cokelat hitam juga mengandung 600 kalori. Jadi meski memberikan beberapa nutrisi sehat, cokelat hitam adalah makanan berkalori tinggi.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.