8 Bulan Terjebak Pandemi, Ini Tips Kurangi Level Stres

Stres di masa pandemi bisa saja terjadi. Stres di masa pandemi ini harus diminimalkan supaya tidak menjadi depresi.

JEDA.ID-Stres di masa pandemi bisa saja terjadi. Untuk meminimalkan stres di masa pandemi ini ada sejumlah cara, silakan dicoba.

Hampir delapan bulan kita terjebak dalam pandemi Covid-19  bisa menaikkan level stres. Nah bila merasa level stres naik, itu adalah hal wajar.Stres merupakan salah satu gangguan kesehatan mental. Karena itu harus segera diatas agar stres tidak berubah menjadi depresi.

Stres di masa pandemi wajar terjadi karena kondisi pandemi Covid-19 ini memunculkan berbagai perasaan negatif seperti ketidakpastian dan kekhawatiran.Perasaan dan pikiran negatif ini jelas bisa menaikkan level stres kita.

Kenali Gejala Toxic Positivity, Apa Itu?

Hal yang harus disadari adalah kondisi stres, gelisah hingga depresi ini merupakan kondisi yang banyak dialami manusia saat pandemi. Dalam kondisi ini, mengontrol tingkat stres Anda adalah hal prioritas.

Berikut ini cara-cara untuk mengurangi stres di masa pandemi  seperti dikutip dari Bisnis.com pada Selasa (24/11/2020):

1. Tunda perubahan besar dalam hidup

Membuat perubahan besar dalam hidup Anda bisa membuat stres kapan saja, tetapi ini sangat relevan saat ini. Jika Anda sudah merasa stres atau cemas, sebaiknya hindari atau tunda peristiwa penting, jika memungkinkan.

Jika Anda harus membatalkan atau menunda acara penting karena pandemi virus Corona, cobalah untuk tetap mempertimbangkan segala sesuatunya dan ingatlah bahwa waktu ini akan berlalu dan kehidupan normal akan dilanjutkan.

2. Selesaikan konflik pribadi

Stres dalam hubungan pribadi dapat menjadi penyebab utama kecemasan dan depresi, dan masalah apa pun mungkin berada di bawah kaca pembesar sementara kita semua diminta untuk tinggal di rumah.

Jangan Ditiru! Inilah 5 Diet Ekstrem yang Tidak Masuk Akal

Dikutip dari Beyond Blue, mempelajari cara berkomunikasi secara jujur dengan orang-orang dan mengatasi masalah atau konflik yang muncul adalah langkah penting. Seorang konselor atau psikolog dapat membantu Anda menemukan cara untuk mengatasi masalah.

3. Lakukan hal-hal yang Anda sukai

Alihkan pikiran dari kekhawatiran Anda dengan memastikan Anda memberikan banyak waktu untuk aktivitas yang menyenangkan. Ini dapat mencakup mendengarkan musik, membaca, berkebun, menghabiskan waktu berhubungan dengan keluarga dan teman secara online, membuat paket perawatan teman, dan menulis surat.

Cobalah melakukan sesuatu yang kreatif atau pelajari kerajinan baru. Memulai sebuah proyek, seperti membuat hadiah untuk seorang teman, dapat memberikan tujuan untuk dikerjakan dan memberi Anda rasa pencapaian yang luar biasa setelah selesai.

4. Kontrol beban kerja Anda

Pekerjaan memainkan peran besar dalam hidup kita, tetapi penting untuk memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang berkelanjutan, terutama jika Anda bekerja dari rumah, ketika Anda juga juga membantu anak Anda untuk sekolah di rumah akibat virus corona.

CDC: 50 Persen Penularan Kasus Corona Lewat OTG

Jika pekerjaan meningkatkan tingkat stress Anda, hindari jam kerja yang panjang dan tanggung jawab tambahan. Belajarlah untuk mengatakan ‘tidak’ lebih sering.

5. Berolahragalah secara teratur

Latihan fisik dapat membantu meredakan ketegangan dan menenangkan pikiran Anda. Cobalah untuk melakukan latihan fisik setiap hari, bahkan jika itu hanya berjalan-jalan di sekitar blok rumah atau melakukan lompat tali di halaman belakang Anda. Ada banyak latihan online bagus yang tersedia saat ini. Ini bisa dilakukan di rumah dan bagus untuk kesehatan fisik dan mental Anda.

6. Cari dukungan

Berbicara dengan seseorang seperti teman, dokter, atau konselor dapat membantu menghilangkan stres. Jangan takut untuk meminta dukungan.

7. Saring berita yang Anda baca

Carilah sumber berita tepercaya terkait dengan Covid-19, seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) atau BNPB.

Namun, seperti dikutip dari Peachhealth.org, sebaiknya Anda batasi membaca berita per harinya. Anda bisa mengecek berita di pagi dan sore hari. Hindari membaca berita sebelum tidur, serta terus-menerus mendengarkan berita yang meningkatkan stres karena hal ini sering kali menarik perhatian ke hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan.

8. Jangan lupa relaks

Relaks dengan merenggangkan otot dan bernapas dengan teratur tanpa terburu-buru bisa dilakukan. Jadikan ini rutinitas Anda sebelum beraktivitas. Beberapa orang mencoba yoga dan meditasi.

Semoga cara-cara ini bisa membantu mengurangi stress. Selamat beraktivitas dan jaga kesehatan, serta tetap mengunakan masker dan mencuci tangan sesering mungkin.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.