• Mon, 29 November 2021

Breaking News :

Vaksinasi Diklaim Telah Bekerja di Tengah Kasus Covid-19 yang Menurun

Di tengah kasus Covid-19 di Indonesia yang terus menurun setiap harinya, vaksinasi Covid-19 diklaim telah bekerja dengan baik.

JEDA.ID — Dalam sepekan ini, kasus Covid-19 di Indonesia terus menurun setiap harinya.

Bahkan, positivity rate nasional berhasil turun di bawah angka 5 persen, yang merupakan ambang batas WHO. Hal ini jauh berbeda dengan kondisi pada Juli 2021. Kala itu, positivity rate melampaui 31 persen.

Baca Juga: 9 Daftar Vaksin Covid-19 yang Sudah Dapat Izin Penggunaan Darurat dari BPOM

Menurut Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi Rini, kasus Covid-19 yang terus menurun ini membuktikan vaksinasi bekerja dengan baik.

“Dirjen WHO mengatakan, pada beberapa negara dengan tingkat vaksinasi yang tinggi terjadi terputusnya hubungan antara kenaikan kasus dengan tingkat kematian. Artinya meskipun terjadi lonjakan kasus namun tidak diikuti dengan kenaikan rawat inap dan juga kematian,” ujar dia, seperti dikabarkan Solopos.com pada Sabtu (11/9/2021).

Baca Juga: Ada Jembatan Gantung di Sukoharjo yang Penuh Misteri, Pernah Dengar?

Meski vaksinasi telah bekerja dengan baik, namun dia mengingatkan masih banyak tantangan yang harus dihadapi masyarakat Indonesia.

“Dukungan rakyat Indonesia dengan melakukan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan sangat diperlukan. Ayo vaksinasi, dan kita jalankan protokol kesehatan. Insya Allah dengan ikhtiar kita semua dan kerja keras bersama, kedisiplinan, dan persatuan kita dapat keluar dari pandemi,” tambah dia.

Baca Juga: Ada Kuliner Enak dan Tersembunyi di Sukoharjo, Kamu Pernah Coba?

Di kesempatan yang sama, Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono menambahkan, meskipun jumlah kasus aktif dan angka kematian menurun dan di sisi lain vaksinasi sedang berjalan dengan sangat baik, masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Jangan sampai lonjakan kasus kembali terjadi.

“Negara-negara tetangga kita, seperti Malaysia dan India bahkan Singapura, saat ini kembali mengalami lonjakan kasus karena pelanggaran protokol kesehatan,” ujar Dante.

Baca Juga: Jarang Disorot! Ini Sederet Bisnis Happy Hapsoro, Suami Puan Maharani

Dia juga berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar siapapun tidak boleh tertinggal dalam program vaksinasi nasional. Sekali lagi, jangan ragu untuk divaksinasi dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Insya Allah dengan ikhtiar bersama dari segenap pihak, kita dapat melewati pandemi ini dengan baik,” pungkas dia.

Baca Juga:  Banyak yang Penasaran, Ini Profil Suami Puan Maharani, Happy Hapsoro

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.