Mobil Dinas Mewah Kepala Daerah, Alphard sampai Rubicon

Kepala daerah mendapatkan jatah dua mobil yaitu jenis sedan dan jeep. Batasan mobil dinas bagi kepala daerah adalah kapasitas mesin.

JEDA.ID–Kepala daerah seperti gubernur, bupati, dan wali kota akan mendapatkan jatah mobil dinas untuk menunjang berbagai kegiatan operasional mereka. Tiap kepala daerah dijatah dua mobil dinas yaitu jenis sedan dan jeep.

Aturan tentang mobil dinas kepala daerah ini tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2006 tentang Standardisasi Sarana dan Prasarana Ker]a Pemerintahan Daerah.

Selain kepala daerah, pimpinan DPRD juga mendapatkan jatah mobil. Begitu pula dengan pejabat di pemerintah daerah. Permendagri itu juga mengatur spesifikasi mobil dinas untuk para kepala daerah.

Spesifikasi yang dipatok adalah kapasitas mesin (cc). Patokan kapasitas mesin ini dibedakan antara sedan dengan jeep. Berikut batasan maksimal mobil dinas kepala daerah sesuai dalam Permendagri No. 7/2006.

– Gubernur: sedan 3.000 cc dan jeep 4.200 cc

– Wakil gubernur: sedan 2.500 cc dan jeep 3.200 cc

– Bupati/ wali kota: sedan 2.500 cc dan jeep 3.200 cc

– Wakil bupati/wakil wali kota: sedan 2.200 cc dan jeep 2.500 cc

Dengan spesifikasi menggunakan batasan kapasitas mesin, tidak sedikit kepala daerah yang menggunakan mobil dinas mewah. Harga mobil dinas itu pun bisa menembus miliaran rupiah.

Bergaji Rp5,9 Juta, Ini 5 Bupati Terkaya di Indonesia

Apa saja mobil dinas mewah para mereka? Untuk urusan mobil sedan, kepala daerah menggunakan mobil dinas yang beragam namun sebagian besar mempercayakan tunggangan kepada Toyota Camry. Ini khususnya untuk bupati atau wali kota.

Namun, ada pula yang menggunakan Mercedes Benz. Kemudian ada pula yang menggunakan Toyota Alphard sebagai mobil dinas mereka.

Mobil dinas jenis jeep yang dipilih juga beragam dan harganya menembus miliaran rupiah. Inilah deretan mobil dinas mewah kepala daerah yang dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (4/12/2019)

Toyota Land Cruiser

mobil dinas kepala daerah

Land Cruiser Prado

Mobil sport utility vehicle (SUV) ini boleh dibilang andalan bagi banyak kepala daerah. Beberapa kepala daerah yang memilih Land Cruiser di antaranya adalah Bupati Pandeglang Irna Narulita, Wali Kota Serang Syafrudin, sampai Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto.

Begitu juga gubernur DKI Jakarta juga mendapatkan jatah Land Cruiser. Land Cruiser yang digunakan kepala daerah sebagian besar adalah Land Cruiser Prado.

Paling akhir yang menyita perhatian adalah saat Bupati Pandeglang mendapatkan jatah mobil Land Cruiser Prado pada awal 2019 lalu dengan harga Rp1,9 miliar. Sedangan Land Cruiser Prado untuk Wali Kota Serang senilai Rp1,6 miliar.

Land Cruiser Prado yang terkenal gagah ini bisa melibas medan berat. Dengan dimensi besar dan ground clearance tinggi sudah pasti rasa nyaman sudah disuguhkan mobil mewah ini.

Jokowi Dapat Mercy S600 Guard, Menteri Dijatah Crown Hybrid

Interior mobil akan sangat memanjakan penumoang karena memiliki jok yang nyaman dan didukung fitur dengan teknologi canggih. Untuk hiburan Land Cruiser Prado dilengkapi dengan 14 speaker dan pemutar DVD yang ada di belakang.

Pada bagian dasbor dilengkapi juga dengan layar sentuh 8 inci, dasbornya sendiri juga didesain dengan nuansa klasik. Mobil mewah ini menggunakan sistem penggerak 4WD. Toyota menyematkan mesin diesel berkapasitas 2,8 liter dengan turbo untuk Land Cruiser Prado. Dengan spesifikasi itu, Land Cruiser Prado bisa digunakan sebagai mobil dinas kepala daerah.

Toyota Alphard

Toyota Alphard

Toyota Alphard (auto2000.co.id)

Tidak sedikit kepala daerah yang mempercayakan Alphard sebagai mobil dinas mereka. Ada Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Bupati Pidie Jaya, Bupati dan Wakil Bupati Mamuju Utara, sampai Bupati Kabupaten Bandung Barat.

Ada kepala daerah yang menggunakan Alphard sejak beberapa waktu lalu, namun tidak sedikit yang belum lama ini. Misalnya Bupati Tabanan mendapatkan jatah Toyota Alphard mulai 2019. Anggaran yang disiapkan untuk membeli mobil mewah ini senilai Rp1,9 miliar.

Sebagaimana dikutip dari laman auto2000.co.id, harga Toyota All New Alphard on the road Jakarta yaitu Rp970 juta sampai Rp1,857 miliar. Alphard keluaran 2019 dibekali mesin dengan kapasitas 2.5 liter hingga 3.5 liter.

Dengan acuan itu, artinya kepala daerah seperti bupati atau wali kota hanya bisa menggunakan Aplhard dengan kapasitas 2.5 liter karena memiliki 2.494 cc.

Bupati Raymundus Pernah Jadi Kuli Bangunan sampai Melawan DPRD

Dibandingkan dengan pendahulunya, Alphard terbaru ini tampil lebih mewah dan gagah serta tajam. Lekukan-lekukan pada beberapa bagian bodi eksterior Toyota menjadikan mobil ini terlihat dapat diandalkan, cepat, dan juga terkini.

Bodi Toyota Alphard yang cukup panjang kini tampil semakin elegan dan futuristik. Kaca gelap dari mobil ini terlihat menarik dengan desain seperti menyambung.

Urusan interior, Alphard memberikan jaminan kabin yang lega bagi penumpangnya. Mobil ini berkapasitas 7 penumpang tampil lebih lega dengan penataan tempat duduk yang lebih efisien.

Tempat duduk dan dasbor dilapisi dengan kulit premium yang antidebu serta nyaman untuk penumpang. Selain itu, penataan dasbor dan interior lainnya memiliki perubahan yang signifikan dari varian sebelumnya.

Jeep Wrangler Rubicon

Rubicon

Wrangler Rubicon (Youtube)

Bisa dibilang cukup jarang kepala daerah menggunakan Jeep Wrangler Rubicon sebagai kendaraan dinas. Rencananya Bupati Karanganyar Juliyatmono mendapatkan jatah mobil mewah ini pada 2019. Anggaran yang disiapkan untuk menebus jeep ini senilai Rp1,989 miliar.

Plt. Kepala Badan Keuangan (BKD) Kabupaten Karanganyar Narimo mengatakan rencana penggantian mobil dinas bupati sudah bergulir sejak 2018 silam, namun baru bisa terealisasi pada akhir 2019.

Kapasitas mesin Wrangler Rubicon terbaru yang diluncurkan di Indonesia adalah 2.000 cc sehingga masih sesuai dengan permendagri karena untuk mobil dinas bupati jenis jeep bisa sampai 3.200 cc.

Kepala Daerah Menyamar, Jadi Orang Lumpuh hingga Kernet

Rubicon dipilih menjadi mobil dinas Bupati Karanganyar karena dinilai sesuai dengan kondisi geografis Karanganyar khususnya di daerah pegunungan.

Mobil ini bisa melahapa segala medan mulai jalanan berlumpur, bebatuan, ataupun jalanan berpasir . Terlebih di dalamnya sudah ada berbagai fitur canggih yang mengoptimalkan performa mesin yang ada di balik kabinnya.

Itulah deretan mobil dinas mewah kepala daerah. Bila dilihat semua mobil dinas itu sesuai spesifikasi yang ditetapkan dalam permendagri.

Selain memperhatikan peraturan, pertimbangan lain saat membeli mobil dinas bagi kepala daerah juga harus mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah dan asas kepatutan tentunya.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.