Jokowi Dapat Mercy S600 Guard, Menteri Dijatah Crown Hybrid

Mercy S600 Guard dibekali beragam teknologi terbaik. Begitu juga soal performa dan dinamika berkendaranya.

JEDA.ID–Teka-teki mobil dinas baru untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajaran menteri akhirnya terjawab. Mobil dinas untuk Jokowi adalah Mercedes Benz alias Mercy S600 Guard, sedangkan para menteri akan mendapatkan jatah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive.

Kepastian dua jenis mobil dinas baru untuk Jokowi dan para menteri itu tertulis dalam siaran pers yang dimuat di laman Kementerian Sekretariat Negara, setneg.go.id, Jumat (23/8/2019).

Dalam siaran pers itu disebutkan Jokowi akan mendapatkan dua unit Mercy S600 Guard sebagai pengganti kendaraan dinas lama.

Sedangkan untuk Toyota Crown 2.5 HV G-Executive, pemerintah membeli 101 unit untuk kebutuhan menteri, pejabat setingkat menteri, ketua/wakil ketua MPR/DPR/DPR, dan mantan presiden dan wakil presiden.

Dengan pengadaan Rp147 miliar, artinya satu mobil Crown ditebus sekitar Rp1,4 miliar.

Asdep Humas Kemensetneg Eddy Cahyono Sugiarto kendaraan VVIP kepresidenan yang digunakan Jokowi saat ini berusia di atas 10 tahun karena tahun pembuatannya 2008 dan 2009. Begitu pula dengan kendaraan dinas menteri Jokowi tahun pembuatannya adalah 2005 dan 2009.

Dia mengatakan untuk pengadaan dua unit kendaraan VVIP kepresidenan dilakukan dengan penunjukkan langsung karena berkaitan dengan pengamanan Presiden dan Wakil Presiden.

Sedangkan untuk 101 kendaraan menteri dan pejabat tinggi negara lainnya menggunakan tender umum yang dimenangi PT Astra International Tbk.-TSO.

”Dari beberapa penyedia yang memasukkan penawaran, Kementerian Sekretariat Negara RI memutuskan Mercedes Benz Indonesia untuk menyediakan 2 unit mobil Mercedes Benz S600 Guard sebagai kendaraan kelas VVIP Kepresidenan,” sebagaimana tertulis dalam siaran pers itu.

Saat ini mobil dinas Jokowi juga Mercy S600 Guard. Namun, mobil ini produksi lama dan beberapa kali mogok saat Jokowi melakukan kunjungan kerja.

Andalan Kepala Negara

Sebagaimana dikutip dari Detikcom, banyak kepala negara yang mempercayakan Mercy sebagai mobil dinasnya. Mercedes-Benz S-Class memang dirancang oleh pabrikan Jerman itu untuk merepresentasikan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Mobil ini merupakan salah satu model flagship Mercedes-Benz. Mercy S600 Guard dibekali beragam teknologi terbaik. Begitu juga soal performa dan dinamika berkendaranya.

Salah satu fitur terbaik dari Mercy S600 Guard adalah Pre-Safe System untuk membuat kalangan VIP di dalamnya tetap aman. Sistem itu disebut untuk melindungi penghuni mobil jika terjadi kecelakaan.

Mercedes-Benz sengaja membuat S600 Guard sebagai kendaraan khusus yang dirancang dengan tingkat keselamatan dan keamanan tinggi. Sebagai mobil petinggi negara, Mercy S600 Guard dibuat antipeluru. Mobil ini juga memiliki lantai antipeluru untuk melindungi penghuninya dari ledakan bom.

Di seluruh bagian mobil dilapisi bahan antipeluru. Selain itu adanya run-flat tyre memungkinkan mobil masih bisa melaju meski ban dalam kondisi kempis. Untuk mencegah ledakan, tangki bahan bakar juga dibuat antipeluru dan memiliki sistem pemadaman api.

Lalu bagaimana dengan mobil untuk para menteri Jokowi? Berbicara spesifikasi, Toyota Crown 25 HV G-Executive ini merupakan mobil hybrid. Ini bisa dilihat dari kodenya HV (Hybrid Vehicle).

Toyota Crown

Interior Toyota Crown (Istimewa)

Sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, sedan mewah ini menggendong mesin 2,5L Dynamic Force Engine Hybrid System. Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu menghembuskan daya hingga 223 Tk dengan torsi maksimum sebesar 221 Nm.

Dari sisi interior mobil ini dilengkapi dua layar berukuran 8 inci dan 7 inci untuk yang menjadi pusat untuk mengatur beragam fitur di mobil.

Soal sistem keselamatan, Toyota menerapkan rangkaian fitur, seperti Toyota Safety Sense II yang meliputi fitur Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (LTA), Automatic High Beam, Adaptive High Beam System.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.