Meraba Mobil Baru untuk Menteri Jokowi

Bukan tidak mungkin para menteri Jokowi akan mendapatkan mobil Toyota Crown Royal lagi. Bedanya, Toyota Crown yang akan dipakai adalah generasi terbaru atau generasi ke-15.

JEDA.ID–Menteri dan pejabat setingkat menteri akan mendapatkan jatah mobil dinas baru. Anggaran untuk membeli mobil menteri Jokowi senilai Rp147,22 miliar.

Lelang yang dilakukan Sekretariat Negara (Setneg) untuk pengadaan mobil menteri itu telah rampung. Pemenang lelang dalam pengadaan mobil menteri adalah PT Astra International Tbk.-TSO yang beralamat di Jl. Wahid Hasyim No. 164 Jakarta Pusat.

Bila mengacu data itu, pemenang lelang adalah pabrikan Toyota. PT Astra International Tbk.-TSO tidak lain adalah Toyota Sales Operation (TSO). Sedangkan alamat yang tercantum dalam proses lelang itu tidak lain adalah dealer resmi Toyota Auto 2000.

PT Astra International Tbk.-TSO mengalahkan tiga pesaing mereka dalam proses lelang yang digelar sejak Maret 2019 lalu. Tiga pesaing yang berebut bisa memasok mobil menteri Jokowi adalah PT Agung Automall, PT New Ratna Motor, dan PT Hadji Kalla.

Sesungguhnya ada 41 peserta lelang, namun hanya empat peserta yang lolos kualifikasi. Penandatanganan kontak pengadaan mobil baru menteri itu sudah dilakukan sejak 14 April 2019.

Terpilihnya Toyota ini bukan hal aneh. Apalagi Toyota menjadi mobil yang sudah akrab bagi para menteri Jokowi saat ini. Mereka menggunakan mobil Crown Royal. Sebelum mobil itu, para menteri sempat menggunakan Toyota Camry.

Sejak Era SBY

Toyota Crown

Toyota Crown produksi 2010 (Istimewa)

Mobil Toyota Crown Royal menjadi kendaraan dinas para menteri sejak pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono yaitu Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II periode 2009-2014.

Sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, Rabu (21/8/2019) pengadaan Toyota Crown Royal kala itu menimbulkan kontroversi karena harganya diperkirakan dua kali lipat dari harga mobil dinas sebelumnya. Mobil ini memang termasuk kelas paling mewah yang diproduksi Toyota.

Di Jepang, perusahaan-perusahaan sering menjadikan mobil ini untuk kendaraan tamu-tamu mereka. Gengsi Toyota Crown Royal dianggap sekelas dengan BMW seri 5, Audi A6, Volvo S80, Jaguar Tipe S dan X, atau Mercedes Benz seri E.

Harganya juga bikin ngiler. Kala itu, harga Crown Royal untuk menteri senilai Rp1,3 miliar. Mobil itu adalah Toyota Crown Royal Saloon 3.0 liter yang diproduksi kali pertama pada September 2010.

Lalu kira-kira mobil apa yang akan dipakai menteri Jokowi? Bila diasumsikan dengan komposisi kabinet seperti saat ini, yang akan mendapat jarah mobil dinas baru adalah menteri dan pejabat setingkat menteri setidaknya ada 43 orang yang mendapat mobil baru.

Perinciannya adalah 34 menteri dan 9 pejabat setingkat menteri seperti kepala BIN, Panglima TNI, Kapolri, Sekretaris Kabinet, Kepala Staf Kepresidenan, hingga Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Disebutkan pejabat setingkat menteri akan mendapatkan hak keuangan, administrasi, dan fasilitas setingkat menteri.

Bila anggaran pengadaan mobil baru menteri Jokowi Rp147,22 miliar dan dibagi 43 unit, tiap unit sekitar Rp3,42 miliar. Dengan harga setinggi itu, kecil kemungkinan bila menteri mendapatkan Toyota Camry terbaru. Di pasaran, Camry seri tertinggi dijual seharga Rp800-an juta.

Spesifikasi Crown Terbaru

mobil menteri Jokowi

Toyota Crown buatan 2018 (Youtube)

Bukan tidak mungkin para menteri Jokowi akan mendapatkan Toyota Crown Royal lagi. Bedanya, Toyota Crown Royal yang mungkin akan dipakai adalah generasi terbaru atau generasi ke-15.

Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber Toyota Crown terbaru tidak menggunakan logo Toyota pada grille depan melainkan mahkota. Selain itu, bentuknya masih terkesan elegan dengan garis desain tegas dan minimalis.

Sisi interior pun kental dengan nuansa mewah dan eksklusif. Terlihat dari dashboard minimalis namun kaya fitur, seperti dua layar di bagian tengahnya yang memiliki fungsi berbeda.

Bahkan, Toyota Crown 2018 menjadi produk pertama pabrikan asal Jepang tersebut yang berstatus connected car. Menariknya lagi fitur tersebut tersedia pada varian termurah hingga termahalnya.

mobil menteri Jokowi

Interior Toyota Crown terbaru (Youtube)

Toyota Crown 2018 ditawarkan dalam tiga pilihan mesin. Yang terkecil mendapat sokongan tenaga sebesar 241 hp dan torsi 350 Nm dari mesin 4-silinder turbo 2.000cc tanpa pilihan hybrid.

Selain itu juga ada Toyota Crown hybrid bermesin 2.500cc 4-silinder dynamic-force yang dipadukan dengan motor listrik guna menambah tenaga sebesar 222 hp. Untuk jenis ini ada dua pilihan yaitu RWD atau AWD.

Varian tertingginya mengusung mesin 3.500cc V6 dan motor listrik sehingga mampu memompakan tenaga sebesar 354 hp. Khusus versi V6 hybrid hanya tersedia dengan penggerak RWD. Jadi kira-kira para menteri Jokowi akan mendapatkan mobil apa? Kita tunggu saja.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.