Bergaji Rp5,9 Juta, Ini 5 Bupati Terkaya di Indonesia

Bupati terkaya adalah Benny Laos yang menjabat Bupati Pulau Morotai, Maluku. Bupati terkaya ini memiliki harta Rp523,32 miliar.

JEDA.ID–Slip gaji Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir. Gaji dan tunjangan bupati di Indonesia sekitar Rp5,9 juta. Tidak sedikit bupati di Indonesia yang memiliki harta hingga ratusan miliar rupiah. Lalu siapakah bupati terkaya di Indonesia?

Terdapat beberapa peraturan yang dikeluarkan pemerintah yang mengatur gaji, tunjangan, dan biaya operasional untuk bupati di Indonesia. Dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 59/2000 disebutkan gaji kepala daerah kabupaten/kota senilai Rp2,1 juta/bulan.

Ada pula Keputusan Presiden (Keppres) No. 68/2001 yang menyebutkan tunjangan jabatan kepala daerah kabupaten/kota senilai Rp3,78 juta/bulan. Bila ditotal, gaji dan tunjangan bupati senilai Rp5,88 juta/bulan.

Budhi tidak mempermasalahkan viralnya slip gaji itu di media sosial. Bahkan, dia berharap besaran gaji bupati Rp5,9 juta itu bisa diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

”Mudah-mudahan Beliau [Presiden] sebagai orang tua saya dan panutan saya bisa melihat keadaan gaji bupati yang ada di seluruh Indonesia, saya kira sama. Dari tahun 2010 sampai sekarang belum ada penyesuaian. Mudah-mudahan barangkali ada peningkatan, bisa bermanfaat untuk teman-teman kita semua di Indonesia yang sebagai kepala daerah,” kata Budhi sebagaimana dikutip dari Antara, Senin (7/10/2019).

Selain gaji dan tunjangan jabatan, kepala daerah mendapatkan tunjangan operasional. Budhi mengaku mendapatkan tunjangan Rp1 juta per hari jika melakukan kunjungan ke lapangan.

Tunjangan itu diatur dalam PP No. 109/2000. Dalam PP itu disebutkan ada biaya operasional yang diberikan kepala kepala daerah mulai gubernur/wakil dan bupati/wali kota/wakil.

Misalnya ada biaya rumah tangga, biaya kesehatan, biaya perjalanan dinas, sampai biaya penunjang operasional. Besaran biaya penunjang operasional ini dibatasi.

Sesuai PAD

Besaran biaya penunjang operasional itu menyesuaikan besaran pendapatan asli daerah (PAD). ambil contoh PAD hanya sekitar Rp5 miliar. Biaya operasional kepala daerah Rp125 juta dan paling besar 2% dari PAD.

Untuk daerah yang punya PAD tinggi sampai di atas Rp150 miliar, biaya penunjang operasionalnya minimal Rp600 juta dan paling tinggi 0,15%. Ketika Budhi dan sejumlah kepala daerah menyoroti gaji mereka yang kecil, tidak sedikit kepala daerah memiliki harta yang berlimpah.

Daftar harta para bupati di Indonesia tersaji di laman LHKPN KPK. Di laman itu ada 394 daftar nama bupati dari 416 kabupaten di seluruh Indonesia. Berdasarkan data yang diakses Senin (7/10/2019), sebanyak 378 bupati sudah melaporkan harta kekayaan mereka ke KPK.

Bupati memiliki harta yang beragam mulai ratusan miliar rupiah sampai hartanya minus. Bupati terkaya adalah Benny Laos yang menjabat Bupati Pulau Morotai, Maluku. Bupati terkaya ini memiliki harta Rp523,32 miliar. Status LHKPN bupati terkaya ini masih perlu perbaikan.

Harta Benny Laos ini naik bila dibandingkan dengan hartanya pada 2016 lalu. Saat hendak menjadi bupati, Benny melaporkan hartanya senilai Rp511,25 miliar.

Ketika Benny menjadi bupati terkaya, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi bupati dengan harta paling kecil. Bahkan, harta Nelson sampai minus yaitu -Rp509,28 juta.

Budhi Sarwono yang membuka slip gajinya kepada publik tercatat memiliki harta Rp19,1 miliar. Dia berada di urutan ke-59 sebagai bupati terkaya.

Berikut daftar 5 bupati terkaya seperti dikutip dari laman LHKPN KPK. Daftar bupati terkaya masih memungkinkan berubah karena belum semua bupati melaporkan harta mereka.

1. Bupati Pulau Morotai Benny Laos

Benny Laos bupati terkaya

Benny Laos

Dengan harta Rp523.537.427.644, Benny menjadi bupati terkaya di Indonesia. Namun, karena status LHKPN masih ”perlu perbaikan” detail harta Benny belum bisa diketakui.

Harta Benny pada 2016 lalu bisa memberikan sedikit gambaran. Pada 2016 dia memiliki 69 bidang tanah dan atau bangunan di berbagai kota senilai Rp134 miliar. Harta lainnya yang cukup besar adalah surat berharta senilai Rp246,33 miliar.

2. Bupati Kediri Haryanti Sutrisno

haryanti sutrisno

Haryanti Sutrisno

Haryanti Sutrisno berada di urutan kedua bupati terkaya dengan harta Rp108.277.748.264. Bupati terkaya kedua ini memiliki tanah dan rumah yangt tersebar di berbagai kota.

Haryanti Sutrisno tercatat memiliki 198 bidang tanah dan atau bangunan. Total harga yang berupa tanah dan bangunan ini mencapai Rp52,16 miliar. Dia juga punya 30 mobil yang nilainya Rp5,8 miliar.

3. Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat

Novi Rahman Hidhayat

Novi Rahman Hidhayat

Harta bupati terkaya ketiga ini sebagian besar berupa tanah dan bangunan. Memiliki 28 bidang tanah dan atau bangunan senilai Rp47,56 miliar, Novi juga punya harta lain seperti kendaraan dan harta lainnya.

Total harga Bupati Nganjuk ini senilai Rp102,96 miliar. Harta itu sudah dipotong utangnya yang senilai Rp4,36 miliar.

4. Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin

Terbit Rencana Perangin Angin

Terbit Rencana Perangin Angin

Terbit Rencana menjadi bupati terkaya keempat dengan harta Rp96,98 miliar. Harta terbanyak dari Bupati Langkat adalah harta lainnya Rp90,5 miliar. Harta berupa tanah dan bangunan sebanyak 10 unit senilai Rp3,23 miliar.

Ada pula 8 mobil yang senilai Rp1,3 miliar. Terbit Rencana melaporkan hartanya ke KPK pada 28 Maret 2019 lalu.

5. Bupati Bireuen Saifannur

Saifannur

Saifannur

Saifannur menjadi bupati terkaya kelima di Indonesia dengan total harta yang dimiliki Rp96.528.152.237. Sebagian besar hartanya berupa tanah dan bangunan yaitu Rp92,04 miliar.

Dia memiliki 9 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di beberapa kota di Aceh. Tanah termahal yaitu Rp40 miliar seluas 20.000 meter persegi di Bireuen. Harta lainnya adalah 7 unit kendaraan, sampai harta berupa kas setara kas.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.