Ada yang Meninggal, Berikut Sederet Kepala Daerah yang Positif Covid-19

Virus Corona baru atau SARS-CoV2 penyebab Covid-19 bisa menyerang siapa saja  dan di mana saja mulai dari anak-anak, tenaga medis, kepala daerah, bahkan menteri. 

JEDA.ID – Virus Corona baru atau SARS-CoV2 penyebab Covid-19 bisa menyerang siapa saja  dan di mana saja mulai dari anak-anak, tenaga medis, kepala daerah, bahkan menteri.

Kasus positif Covid-19 di Indonesia per Senin (10/8/2020) bertambah 1.687. Dengan penambahan tersebut, total kasus positif virus Corona di Indonesia hari ini menjadi 127.083.

Data penambahan kasus positif virus Corona di Indonesia ini diumumkan di situs Satgas Penanganan Covid-19 pada Senin. Data perkembangan virus Corona ini disampaikan secara berkala setiap hari oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sejumlah kepala daerah di Indonesia yang bertugas melayani dan melindungi warganya pun tak luput dari ganasnya penyakit ini.

Mereka telah menjalani perawatan di rumah sakit dan melakukan isolasi mandiri. Ada yang sembuh tapi ada juga yang membawa kabar duka.

Berikut 16 kepala daerah yang positif Corona seperti dilansir detik.com, Senin:

Setop Depresi Akibat Body Shaming, Hadapi dengan Tips Ini

1. Gubernur Kepri Isdianto

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto diketahui terkonfirmasi positif Corona saat pulang ke Kepri usai dilantik Presiden Jokowi di Jakarta. Saat Pulang pelantikan, dia dinyatakan tertular virus Corona.

Rombongan Isdianto tiba di Bandara Pangkal Pinang, ada sambutan dari warga dan beberapa pejabat daerah lainnya pada Senin (27/7). Di diduga, disitulah Isdianto tertular virus Corona. Isdianto kini masih dirawat.

2. Plt Walkot Medan Akhyar Nasution

Pemerintah Kota Medan mengumumkan Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution positif terinfeksi virus Corona berdasarkan hasil tes swab pada Selasa (4/8/2020). Hal tersebut diketahui dari hasil tes swab terhadap Akhyar.

Akhyar Nasution, dirawat setelah dinyatakan positif Covid-19. Akhyar menjelaskan kondisinya mulai membaik.

“Syukur alhamdulillah kondisi saat ini mulai membaik. Rasa demam, batuknya sudah mulai menghilang,” tutur Akhyar melalui video yang dibuatnya, Jumat (7/8/2020).

3. Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam

Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam mengumumkan dirinya positif COVID-19 pada 7 Juli 2020. Sebelum setelahnnya, Ilyas dinyatakan telah sembuh.

“Benar, Bupati sekarang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Hasil swab test di RS Muhammad Hoesin dinyatakan negatif,” kata juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Ogan Ilir, Wahyudi, Kamis (6/8/2020).

4. Wakil Bupati Barru Nasruddin AM

Wakil Bupati Barru, Sulawesi Selatan, Nasruddin AM, terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini Nasruddin sedang menjalani perawatan di RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar.

5. Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani

Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani meninggal dunia pada Senin (10/8/2020) pukul 02.30 WITA dini hari. Seelumnya dia berjuang selama lima belas hari menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUD Ulin Banjarmasin karena positif Corona.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun Telah berpulang ke rahmatullah H Nadjmi Adhani, semoga diampuni segala dosa dan Husnul Khotimah, aamiiin YRA. Mewakili pihak keluarga, kami memohon doa dan maaf apabila beliau ada kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja…” kata Juhri Achmad Juhriansyah, salah satu kerabat dekat almarhum.

6. Wakil Wali Kota Solo Purnomo

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo juga sempat dinyatakan positif COVID-19. Purnomo mengonfirmasi sudah sembuh pada Senin (27/7/2020).

“Alhamdulillah hasilnya tidak terdeteksi virus. Artinya kan negatif,” kata Purnomo kepada wartawan, Senin (27/7/2020) malam.

Bikin China Siaga, Ini Gejala dan Penularan Pes Bubonic

7. Wali Kota Bogor Bima Arya

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto positif terinfeksi virus Corona setelah menerima hasil tes swab kemarin (19/3/2020). Bima Arya dinyatakan sembuh dari Corona paaa Sabtu (18/4/2020).

“Dokter menyatakan saya sudah sembuh dari Covid-19,” kata Bima Arya saat dihubungi detikcom, Sabtu (18/4/2020).

8. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengumumkan positif Corona pada Selasa (24/3/2020). Cellica Nurrachadiana dinyatakan sembuh pada 14 April 2020. Dia mengabarkan dirinya telah sembuh dari virus Corona dengan menunjukkan hasil kedua tes swab negatif.

9. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana positif mengummkan terjangkit virus Corona atau COVID-19 melalui akun Instagram pribadinya, Senin (23/3/2020). Setelah diisolasi lebih dari 10 hari di RS Hasan Sadikin Bandung, Yana dinyatakan sembuh atau negatif Covid-19.

10. Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor

Bupati Morowali Utara, Sulawesi Tengah Aptripel Tumimomor meninggal dunia setelah menjalani perawatan medis di rumah sakit rujukan Covid-19 di Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Jenazah kemudian dimakamkan dengan prosedur tetap Covid-19.

Hasil Swab akhirnya telah diterima oleh pihak keluarga pada Jumat (3/4) malam. Hasilnya, Aptripel Tumimomor positif Corona.

11. Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin juga sempat dinyatakan positif terkena virus Corona (COVID-19). Fairid dinyatakan sembuh pada Rabu (20/5/2020).

“Iya benar, Pak Wali sudah sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan terakhir kami kemarin,” kata Direktur Rumah Sakit Doris Sylvanus (RSDS) Yayu Indriaty seperti dilansir Antara.

12. Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara

Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara juga sempat positif terinfeksi virus Corona . Victor dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah menjalani 13 hari perawatan intensif di ruang isolasi khusus RSUD Lakipadada, Tana Toraja.

13. Wali Kota Tanjungpinang Syahrul

Wali Kota Tanjungpinang Syahrul juga dinyatakan positif Corona. Syahrul sebelumnya dilarikan ke RSUD Ahmad Tabib untuk menjalani perawatan pada Sabtu (11/4/2020). Sebelum dilarikan ke RSUD, Syahrul menjalani tes swab untuk mengetahui ada-tidaknya virus Corona.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengumumkan hasil tes PCR dan swab Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, keluar 3 hari setelahnya. Syahrul dinyatakan positif terjangkit Corona. Syahrul meninggal dunia pada Selasa (28/4/2020).

14. Bupati Melawi Panji

Bupati Melawi, Kalimantan Barat, Panji positif virus Corona pada 1 Juni 2020. Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengumumkan Panji sembuh dari corona pada 20 Juni 2020. Sutarmidji menyampaikan itu lewat akun media sosialnya.

15. Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi

Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi juga dinyatakan positif terpapar Corona (Covid-19). Hadi menjalani isolasi mandiri untuk kesehatannya bersama keluarga.

16. Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Selatan Soliehin Abuasir

Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan, Soliehin Abuasir dinyatakan positif Covid-19 pada Rabu (15/7/2020). Abu dinyatakan sembuh pada 27 Juli 2020.

“Hasil swabnya keluar Senin (27/7) dan negatif, saat ini keduanya (Abuasir dan istri) dalam keadaan sehat dan perlu istirahat dulu,” kata Juru bicara Satgas COVID-19 Sulsel Marlis Abadi pada Rabu (29/7/2020) seperti dilansir Antara.

Ditulis oleh :

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.