Jejak Dinasti dari Kediri dan Bupati Terkaya

Harta yang dimiliki Bupati Kediri Haryanti Sutrisno hanya kalah dari Bupati Pulau Morotai Benny Laos yang memiliki harta Rp523,32 miliar.

JEDA.ID–Pedangdut Nella Kharisma menjadi sorotan setelah muncul tuduhan di media sosial bila dirinya berselingkuh dengan mantan Bupati Kediri Sutrisno. Nella menepis tuduhan itu dan melaporkan pengunggah tuduhan itu ke kepolisian.

Nama Sutrisno tidak bisa dilepaskan dari pemerintahan di Kabupaten Kediri karena setelah dua periode menjabat, kini istinya, Haryanti Sutrisno, yang memimpin daerah itu.

Nella membuat aduan di Polda Jatim meminta pengusutan pemilik akun Facebook yang telah mengunggah isu perselingkuhan Nella. ”Pada intinya posting-an itu tidak benar alias hoaks. Tudingan selingkuh dengan mantan bupati itu [Sutrisno] itu tidak benar,” kata Nella usai diperiksa di Mapolda Jatim, Surabaya, Senin (2/12/2019), sebagaimana dikutip dari Detikcom.

Kuasa hukum Nella Ander Sumiwi Budi Prihatin mengatakan kliennya diperiksa dengan dicecar 20 pertanyaan. Meski akun Facebook tersebut sudah dihapus, namun Ander percaya polisi bisa mencari siapa pemiliknya.

Sutrisno merupakan Bupati Kediri selama dua periode yaitu 1999-2009. Setelah dua kali menjabat Bupati Kediri, dia pun mulai melanjutkan trah politiknya. Istri sahnya, Haryanti Sutrisno maju ke Pilkada Kediri 2010 bertanding dengan istri kedua Sutrisno, Nurlaila.

Kala itu, Haryanti mengaku pencalonan dirinya dilatarbelakangi keinginan memperbaiki kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kediri yang diakui belum maksimal. Sedangkan Nurlaila mengaku pencalonannya bukan atas perintah Sutrisno.

”Prinsip saya apa pun yang akan terjadi dan saya hadapi, saya akan selalu optimis,” ujar Nurlaila kepada Detikcom pada Februari 2010 lalu sebagaimana dikutip Selasa (2/12/2019).

Pilkada Kediri 2010 kemudian dimenangi Haryanti yang kala itu berduet dengan Masykuri. Mereka yang diusung PDIP itu mendulang 391.079 lembar atau 54,58%.

Nurlaila yang kala itu berpasangan dengan Turmudi Abror, yang mengantongi 60.005 suara atau 8,37%. Satu pasangan lainnya yaitu Sunardi-Sulaiman Lubis mendapat 265.401 suara atau 37,04%.

Bupati Terkaya Kedua

Artinya dinasti Sutrisno telah memimpin Kabupaten Kediri selama hampir 20 tahun. Haryanti yang kini memimpin Kediri tercatat sebagai bupati terkaya kedua di Indonesia.

Selain sebagai istri mantan Bupati Kediri, Haryanti dikenal sebagai adalah pemilik perusahaan PT Vittindo Riz yang bergerak di bidang konsumsi.

Dalam LHKPN yang dilaporkan ke KPK pada 27 Maret 2019, Bupati Kediri yang berusia 70 tahun ini tercatat memiliki harta Rp108.277.748.264.

Harta yang dimiliki Haryanti hanya kalah dari Bupati Pulau Morotai Benny Laos yang memiliki harta Rp523,32 miliar. Harta yang dimiliki Haryanti sebagian besar berupa tanah dan atau bangunan.

Berikut gambaran tentang harta yang dimiliki Haryanti Sutrisno sebagaimana tertulis dalam LHKPN.

– 198 Bidang tanah dan atau bangunan di Kediri, Malang, Nganjuk, Lamongan, Surabaya, Tulungagung, Blitar, Gresik, dan Tanggamus senilai Rp52.166.934.705

– 30 Kendaraan bermotor di antaranya Isuzu Panther, Mitsubishi Colt truk, Mutsubishi Fuso truk , Toyota KIjang Innova, Toyota Avanza, Daihatsu Gran Max, Toyota Alphard, Jeep Rubicon Wrangler yang totalnya senilai Rp5.825.000.000.

– Surat berharga Rp21,65 miliar

– Kas dan setara kas Rp28.635.813.559

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.