Pernah Jadi Bupati Termuda, Begini Kabar Mereka Kini

Rekor bupati termuda sepanjang sejarah sampai saat ini masih dipegang Makmun Ibnu Fuad yang dilantik menjadi Bupati Bangkalan saat berusia 26 tahun.

JEDA.ID–Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin (MNA) yang dilantik pada Mei 2019 merupakan bupati termuda di Indonesia. Sebelum dia, ada sejumlah bupati yang lebih dahulu menyandang sebagai bupati termuda.

Laki-laki yang akrab disapa Gus Ipin ini dilantik Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat berusia 28 tahun. Dia menggantikan Emil Dardak yang menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur.

Sebelumnya pada 2016, suami Novita Hardini ini pernah dinobatkan sebagai wakil bupati termuda di Tanah Air karena dilantik menjadi wakil bupati di usia 25 tahun mendampingi Emil Dardak.

Meski begitu, Gus Ipin belum memegang rekor bupati termuda sepanjang sejarah karena sebelumnya sudah ada bupati yang dinobatkan sebagai yang termuda.

Mohammad Makmun Ibnu Fuad

bupati termuda Makmun Ibnu Fuad

Makmun Ibnu Fuad

Makmun Ibnu Fuad adalah Bupati Bangkalanperiode 2013-2018. Dalam Pilkada 2012, Makmun berpasangan dengan Mondir Rofii mampu mendulang sekitar 90% suara.

Dia adalah anak dari bupati Bangkalan sebelumnya Fuad Amin Imron. Makmun baru dilantik pada 2013 menunggu gugatan pilkada di MK tuntas. Saat pelantikan, Makmun yang lahir di Jakarta pada 17 Agustus 1986 ini menjadi bupati termuda yaitu di usia 26 tahun.

Namun, dalam Pilkada 2018 tidak ada partai politik yang mengusung Makmun menjadi calon bupati. Partai yang mengusungnya pada 2012 memilih calon lain sehingga Makmun tidak ikut pilkada.

Sebelum menjabat sebagai bupati, dia sudah masuk dunia politik sejak usia muda dengan menjadi anggota DPRD Bangkalan dari PKB. Selepas menjadi bupati, Makmun mengaku ingin menjadi pelatih sepak bola.

Mardani H. Maming

Mardani H Maming

Mardani H Maming

Laki-laki kelahiran Tanah Bambu, Kalimantan Selatan pada 17 September 1981 ini pernah menjadi Bupati Tanah Bambu selama dua periode yaitu 2010-2015 dan 2016-2018. Pada 2018, Mardani Maming memilih mengundurkan diri sebagai bupati karena kesibukan di bisnis.

Saat dilantik menjadi bupati pada 2010, Mardani Maming berusia 29 tahun sehingga ketika itu dia menjadi bupati termuda. Mardani Maming merupakan pengusaha yang memiliki sekitar 35 perusahaan di berbagai bidang seperti pertambangan, penyewaaan alat berat, properti hingga media.

Dia juga menjadi Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) periode 2019-2024.

Saat ini Mardani Maming menjadi Ketua Umum DPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Himpi) menggantikan Bahlil Lahadalia yang menjadi Kepala BKPM.

Yopi Arianto

Yopi Arianto

Yopi Arianto

Yopi saat ini tercatat masih menjabat sebagai Bupati Indragiri Hulu, Riau, periode 2016-2021. Laki-laki kelahiran Rengat, 10 April 1980 ini menjadi bupati sejak 2010.

Dia dilantik menjadi bupati saat berusia 30 tahun 3 bulan 23 hari sehingga dia mendapatkan rekor Muri sebagai bupati termuda. Yopi saat ini tercatat sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Indragiri Hulu.

Selama menjadi bupati, Yopi menorehkan sejumlah prestasi seperti Investment Award: Peringkat II Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu Bidang Penanaman Modal Kabupaten Terbaik Tahun 2011.

Pada 2014 dia mendapatkan Pioner Award Bidang Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dari Kompas Gramedia Group. Sebelum menjadi bupati termuda, Yopi sempat setahun menjadi anggota DPRD Indragiri Hulu.

Sunarna

Bupati termuda Sunarna

Sunarna

Mantan Bupati Klaten periode 2005-2010 dan 2010-2015 ini pernah menyandang status bupati termuda. Saat dilantik menjadi bupati pada 2005, Sunarna berusia 32 tahun. Kala itu, Sunarna berduet dengan Samiadji.

Laki-laki kelahiran Klaten, 24 September 1973 ini kemudian menggandeng Sri Hartini daklam Pilkada Klaten 2010. Sri Hartini merupakan istri dari Bupati Klaten periode 2000-2005, Haryanto Wibowo.

Setelah itu, Sri Hartini menjadi calon bupati Klaten pada Pilkada 2015. Sri Hartini menggandeng Sri Mulyani yang tidak lain adalah istri Sunarna. Namun, Sri Hartini tersangkut kasus korupsi sehingga Sri Mulyani kini menjadi Bupati Klaten.

Sunarna yang berlatar belakang pengusaha ini kini menjadi anggota DPR dari PDIP dari dapil Jawa Tengah VIII (Cilacap dan Banyumas) . Dalam Pemilu 2019, Sunarna mendulang 71.381 suara.

Itulah deretan tokoh yang pernah menyandang status sebagai bupati termuda di Indonesia.

 

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.