Seberapa Muda Menteri Jokowi-Ma’ruf Amin

Era Jokowi-JK hanya ada 4 menteri yang usianya di bawah 50 tahun saat dilantik, saat Jokowi-Amin diprediksi akan lebih banyak menteri berusia muda.

JEDA.ID–Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan sejumlah menteri di jajaran Kabinet Kerja 2014-2019 akan dipertahankan dalam periode kedua pemerintahannya. Namun, akan banyak wajah baru yang mengisi kabinet. Kira-kira seberapa muda menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin pada 2019-2024?

Sebagaimana dikutip dari Detikcom, Rabu (16/10/2019), Jokowi akan mengumumkan susunan kabinet pemerintahannya di periode kedua. Namun, dia masih merahasiakan tanggal pengumuman para menteri yang akan mengisi kabinet Jokowi-Amin. ”Ya secepatnya setelah pelantikan,” ucap Jokowi.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah masuknya generasi milenial di jajaran kabinet. ”Yang jelas di bawah 30 tahun ada, di bawah 35 tahun juga ada,” kata Jokowi pada Agustus 2019.

Seberapa muda menteri Jokowi-Amin nantinya? Bila berkaca dari menteri Kabinet Kerja 2014-2019, sebagian besar menteri usianya di atas 50 tahun.

Ada empat menteri yang usianya di atas 70 tahun dan yang tertua adalah Menkopolhukam Wiranto yang berusia 72 tahun. Hanya ada beberapa menteri di Kabinet Kerja yang usianya di bawah 50 tahun.

Puan Maharani yang kini menjadi Ketua DPR adalah menteri termuda di Kabinet kerja. Puan yang sempat menjadi Menko PMK berusia 41 tahun 1 bulan 21 hari saat dilantik.

Kemudian ada Menpora Imam Nahrawi (kini sudah menjadi mantan Menpora) yang beberapa bulan lebih tua dari Puan. Setelah itu, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri yang lahir di Semarang, 6 Juni 1972.

Ada pula Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang saat dilantik berusia 46 tahun. Selain nama-nama itu, usia menteri Jokowi lainnya di atas 50 tahun saat pelantikan.

AHY Tak Berandai-Andai

AHY

AHY (Antara)

Selama ini ada beberapa tokoh muda yang santer dikabarkan akan menjadi menteri di pemerintahan Jokowi-Amin. Sebut saja putra sulung Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Saat ini, AHY berusia 41 tahun. Dia sudah menyatakan kesiapannya jika memang sumbangsihnya dibutuhkan pemerintah untuk kepentingan rakyat.

”Saya tidak ingin berandai-andai, saya memang banyak mendengar spekulasi yang beredar di media massa dan media sosial. Saya merasa apapun peran saya nantinya, jika rakyat dan negara membutuhkan kontribusi dari generasi muda, kita semua harus siap,” kata AHY sebagaimana dikutip dari Liputan6.com.

Kemudian ada nama Ketua Umum PSI, Grace Natalie. Mantan presenter TV ini tercatat berusia 37 tahun. PSI merupakan salah satu partai pendukung Jokowi-Amin dalam Pilpres 2019. Ada yang mendorong Grace menjadi menteri pemberdayaan perempuan di kabinet Jokowi-Amin.

Ketua DPP PSI Tsamara Amany Alatas yang baru berusia 23 tahun juga kerap digadang-gadang menjadi menteri. ”Kami enggak ingin merongrong Pak Jokowi, minta-minta jabatan. Biarlah Pak Jokowi yang memutuskan siapa anak muda yang paling dianggap kompeten untuk ada di kabinet,” ujar Juru Bicara PSI Dara Nasution.

Nama yang juga digadang-gadang jadi menteri muda adalah Angela Herliani Tanoesoedibjo. Putri sulung Hary Tanoesoedibjo ini berusia 32 tahun.

Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq mengatakan, pihaknya mengusulkan Angela karena sesuai dengan kriteria Jokowi yang mencari menteri dari kalangan anak muda dan pintar.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia juga masuk radar menteri Jokowi-Amin. Bahlil saat ini berusia 43 tahun. Jokowi sempat menilai Bahlil sebagai pemuda yang cerdas.

”Adinda Bahlil ini kelihatannya cocok jadi menteri. Saya lihat dari samping, dari bawah ke atas, cocok ini kelihatannya. Pintar membawa suasana dan juga ya sangat cerdas, cerdas, cerdas,” kata Jokowi.

Nadiem Santer Disebut

Nadiem Makarim

Nadiem Makarim (JIBI)

Yang tak kalah santer adalah CEO Gojek Nadiem Makariem yang saat ini berusia 35 tahun. Nadiem bahkan disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat untuk masuk jajaran menteri di pemerintahan Jokowi-Amin.

Tidak bisa dilupakan pula mantan Ketua TKN Jokowi-Amin, Erick Thohir. Erick saat ini berusia 49 tahun. Banyak yang menggadang-gadang, Erick menjadi Menpora karena kemampuannya mengelola klub olahraga sampai sukses menjadi ketua penyelenggara Asian Games 2018.

Pendiri NET TV Wishnutama juga masuk radar. Wishnutama saat ini berusia 49 tahun. Putri Presiden keempat Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid, yang sempat masuk tim kampanye Jokowi-Amin juga kerap dicalonkan menjadi menteri. Yenny saat ini berusia 44 tahun.

Pengamat politik Ade Reza Haryadi menyatakan pada rentang usia 20-30-an tahun merupakan usia produktif yang dapat menjadi aset potensial dalam rekrutmen kabinet.

”Namun harus dipertimbangkan pula mengenai kompetensi dan kematangan psikologisnya mengingat beban kerja kabinet yang cukup berat,” kata Ade sebagaimana dikutip dari Suara.com.

Menurut dia, para profesional muda dari sektor industri kreatif, industri digital maupun mantan aktivis dari kampus maupun kelompok Cipayung memiliki peluang yang cukup menjanjikan untuk diberi kesempatan dalam pemerintahan mendatang.

Yang pasti, teka-teki menteri muda di kabinet Jokowi-Amin akan terjawab dalam hitungan hari. Jadi kita nantikan saja pengumuman menteri dari Presiden Jokowi.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.