Capaian Kinerja 5 Tahun Jokowi-Jusuf Kalla

JEDA.ID–Tepat pada 20 Oktober 2019, pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla berumur 5 tahun. Jokowi kembali melanjutkan kepemimpinan untuk periode 2019-2024 bersama Ma’ruf Amin.

Selama 5 tahun, pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla gencar menggenjot sektor infrastruktur. Lalu bagaimana dengan sektor atau bidang lain?

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan selama lima tahun, pemerintahan Jokowi-JK berjibaku menghadapi tantangan pembangunan kontemporer dan mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia di berbagai sektor.

Dalam laporan itu, Jokowi mengatakan selama lima tahun telah meletakkan fondasi bagi pembangunan Indonesia sentris, bukan Jawa sentris dalam melakukan percepatan di bidang infrastruktur.

Dia mengatakan telah memulai reformasi struktural, tetapi belum besar-besaran. Diharapkan lima tahun ke depan akan ada reformasi struktural secara besar-besaran untuk meningkatkan daya saing, memangkas aturan, prosedur yang menghambat.

”Saya melihat banyak hal yang telah berjalan karena itu keandalan proses eksekusi, efektivitas proses delivery harus menjadi penekanan dalam perancangan RPJMN tahun 2020-2024,” sebut dia dalam laporan capaian kinerja pemerintahan Jokowi-JK sebagimana dikutip dari laman KSP, Selasa (29/10/2019).

Jokowi Jusuf Kalla

Grafis; Whisnu Paksa

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.