Membandingkan Tiket Objek Wisata Warisan Dunia di Indonesia

Objek wisata warisan dunia di Indonesia mematok tiket yang beragam dari Rp5.000 per orang sampai ratusan ribu rupiah. Untuk wisatawan asing tiketnya jauh lebih mahal.

JEDA.ID–Wacana pemberlakuan tarif premium senilai US$1.000 atau setara Rp14 juta agar bisa masuk di Taman Nasional Komodo (TNK) menjadi sorotan. Bila wacana itu diberlakukan, TNK akan menjadi objek wisata yang termasuk warisan dunia dengan tiket termahal di Indonesia.

Indonesia setidaknya memiliki 9 warisan dunia UNESCO yang terdiri atas 4 warisan alam dan 5 cagar budaya. Beberapa di antaranya sudah populer seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Situs Sangiran, Taman Nasional Komodo, dan yang paling baru adalah Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto di Sumatra Barat.

Berikut perbandingan tiket masuk objek wisata warisan dunia di Indonesia yang dihimpun dari berbagai sumber.

Candi Borobudur

warisan dunia

Pesona Candi Borobudur (Freepik)

Tiket masuk Candi Borobudur mulai 1 September 2019 untuk wisatawan Nusantara (wisnus) dipatok Rp50.000/orang. Sebelum ada kenaikan tiket itu, tarif masuk Candi Borobudur untuk wisatawan lokal adalah Rp40.000.

Tarif berbeda berlaku untuk wisatawan asing yaitu US$25 atau setara dengan Rp350.000 (kurs US$1=Rp14.000). Kenaikan tarif untuk wisatawan Nusantara itu disampaikan Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono.

Dia mengatakan penyesuaian tarif itu berlaku penuh mulai 1 September 2019. Sebagaimana dikutip dari Detikcom, Jumat (4/10/2019), Edy menyebut untuk wisatawan asing tidak ada perubahan tarif.

”Tiket kita sebesarnya adalah 25 dolar, termasuk rendah karena rata-rata itu US$30, Angkor Wat itu US$37, kita masih US$25,” kata Edy.

Borobudur resmi ditetapkan sebagai warisan dunia kategori budaya pada 1991 dan menjadi warisan dunia di Indonesia yang pertama. Candi ini dibangun Dinasti Sailendra antara 780-840 Masehi. Candi ini menjadi peninggalan Buddha terbesar di dunia.

Candi Prambanan

candi warisan dunia

Candi Pramnanan (JIBI)

Tiket masuk Candi Prambanan sama dengan Candi Borobudur yaitu US$25 untuk wisatawan asing dan Rp50.000 untuk wisatan lokal. Candi Borobudur dan Prambanan serta Ratu Boko dikelola oleh BUMN yang sama yaitu PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

Ketika tiket masuk wisatawan lokal ke Borobudur dan Prambanan naik, hal itu tidak berlaku untuk masuk Ratu Boko yang tetap dipatok Rp40.000. Candi Prambanan merupakan candi Hindu yang terbesar di Indonesia.

Sampai saat ini belum dapat dipastikan kapan candi ini dibangun dan atas perintah siapa. Namun kuat dugaan Candi Prambanan dibangun sekitar pertengahan abad ke-9 oleh raja dari Wangsa Sanjaya, yaitu Raja Balitung Maha Sambu.

Sama seperti Borobudur, Prambanan ditetapkan sebagai warisan dunia di Indonesia kategori budaya pada 1991.

Situs Sangiran

Museum Sangiran

Museum Sangiran (presidenri.go.id)

Kawasan Sangiran tempat ditemukannya berbagai situs purbakala terbentang seluas 5.921 hektare. Warisan dunia ini lokasinya meliputi Kabupaten Sragen dan Karanganyar, Jawa Tengah. Kali pertama Sangiran disurvei Eugene Dubois pada 1893.

Saat ini ada lima museum yang bisa dikunjungi wisatawan untuk mengetahui bagaimana kehidupan manusia purba. Ada Klaster Krikilan, Dayu, Bukuran, Ngebung, dan Manyarejo yang memiliki keunikan masing-masing.

Museum Sangiran Klaster Krikilan adalah museum paling lengkap koleksinya dan paling sering dikunjungi wisatawan. Tiket masuk museum ini Rp8.000 dan Rp15.000 untuk wisatawan asing. Sedangkan Klaster Dayu dipatok Rp5.000.

Sangiran yang ditetapkan sebagai warisan dunia pada 1995 disejajarkan bersama situs Zhoukoudian (Tiongkok), Willandra Lakes (Australia), Olduvai Gorge (Tanzania), dan Sterkfontein (Afrika Selatan).

Tambang Batubara Ombilin

Sawahlunto

Sawahlunto (Dok.UNESCO)

Ini adalah warisan dunia paling gres di Indonesia. Tiga serangkai meliputi industri pertambangan batubara di Sawahlunto, yang selanjutnya dibawa keluar Sawahlunto dengan menggunakan transportasi kereta, dan sistem penyimpanan di Silo Gunung di Pelabuhan Emmahaven, atau Teluk Bayur sekarang.

Salah satu peninggalan yang paling terkenal adalah Lubang Tambang Mbah Soera. Untuk bisa menikmati tempat wisata warisan dunia ini, pengunjung ditarik biaya Rp30.000.

Taman Nasional Komodo

satwa nasional

Komodo jadi satwa nasional (JIBI)

Tiket masuk Taman Nasional Komodo diatur dalam PP No. 12/2014. Di aturan itu disebutkan tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp5.000. Sedangkan wisatawan mancanegara Rp150.000.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, ada wacana Pulau Komodo diolah dengan konsep eksklusif. Nantinya harga tiket masuk ke Pulau Komodo akan dijadikan Rp 14 juta per orang dalam bentuk membership tahunan yang bersifat premium.

“Pulau Komodo itu tidak ditutup, kita mau kelola dengan baik, (pulau) yang lain kita atur dan tata jadi wisata eksklusif. Yang penting Komodo kita atur terlindungi,” sebut Luhut sebagaimana dikutip dari Detikcom.

Namun, Kementerian LHK yang menanganai Taman Nasional Komodo menyatakan sampai saat ini tarif masuk Taman Nasional Komodo tetap sesuai PP No. 12/2014. TNK menjadi warisan dunia sejak 1991.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.