Siap-Siap, Ada 3 Gerbang Ikonik Menuju Borobudur

Ada 3 gerbang menuju kawasan Borobudur yang memiliki ikon masing-masing sehingga bisa menambah pesona Borobudur sebagai destinasi super prioritas.

JEDA.ID–Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia. Wisatawan yang akan berkunjung ke candi Buddha terbesar di dunia akan dibuat pangling dengan munculnya bangunan ikonik di 3 gerbang menuju kawasan Borobudur.

Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi super prioritas yang diguyur anggaran besar-besaran pada 2020. Kemenpar menyebutkan anggaran infrastruktur untuk 5 desinasi super prioritas atau kerap disebut “Bali baru” pada 2020 mencapai Rp6,35 triliun.

Candi Borobudur mendapatkan guyuran Rp2,1 triliun untuk mempercantik diri, salah satunya di bidang infrastruktur. Kementerian PUPR menganggarkan penataan kawasan permukiman Borobudur dengan membangun Gerbang Palbapang dan Penataan Koridor Jalan Mayor Kusen dengan anggaran sebesar Rp150 miliar.

Ada juga pembangunan Gerbang Klangon dan penataan jalan Klaben, Gerbang Wisata Borobudur serta penataan parkir, drop off dan koridor pedagang kaki lima di kawasan Candi Mendut dengan anggaran sebesar Rp70 miliar.

Perkembangan Sirkuit Mandalika yang Siap Gelar MotoGP 2021

Akun Twitter milik DPRD Kabupaten Magelang yaitu @DPRDKabMagelang mengunggah tiga foto desain 3 gerbang menuju kawasan Borobudur. Di pertigaan Blondo yang menjadi pintu masuk dari arah Semarang akan dibangun kawasan yang ikonik dengan tema Kalpataru.

gerbang Borobudur

Desain gerbang Borobudur di pertigaan Blondo (Twitter @DPRDKabMagelang)

Disebutkan logo Kalpataru itu di kawasan itu sebagai simbol kelestarian lingkungan. Kemudian di pertigaan Palbapang atau arah dari Jogja juga akan ada kawasan ikonik dengan tema pahatan singa.

Gerbang ketiga adalah dari arah Purworejo alias gerbang barat menuju Borobudur ada kawasan ikonik bertema gajah. Kawasan ini sekaligus untuk pengembangan UMKM.

Sebelumnya, Kementerian PUPR memastikan berbagai infrastruktur untuk mendukung Candi Borobudur sebagai destinasi super prioritas tengah dibangun.

gerbang Borobudur

Desain gerbang Borobudur di pertigaan Palbapang (Twitter @DPRDKabMagelang)

2 Proyek Tol

Akun Twitter Kementerian PUPR yaitu @KemenPUPR sempat mencuitkan ada dua tol yang siap dibangun di sekitar Borobudur yaitu Jogja-Magelang-Bawen dan Jogja-Cilacap.

Kementerian PUPR juga menambahkan akan ada revitalisasi jalan nasional dalam memperlancar perjalanan menuju destinasi tersebut. ”Sektor pariwisata adalah sektor unggulan yang harus didukung oleh ketersediaan infrastruktur,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Candi Borobudur adalah peninggalan Dinasti Sailendra yang dibangun pada 780-840 Masehi. Dinasti Sailendra merupakan dinasti yang berkuasa pada masa itu. Peninggalan ini dibangun sebagai tempat pemujaan Buddha dan tempat ziarah.

Tempat ini berisi petunjuk agar manusia menjauhkan diri dari nafsu dunia dan menuju pencerahan dan kebijaksanaan menurut Buddha. Peninggalan ini ditemukan oleh Pasukan Inggris pada 1814 di bawah pimpinan Sir Thomas Stanford Raffles. Area candi berhasil dibersihkan seluruhnya pada tahun 1835.

Membandingkan Tiket Objek Wisata Warisan Dunia di Indonesia

”Borobudur dibangun dengan gaya Mandala yang mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan Buddha. Struktur bangunan ini berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran,” sebagaimana disebutkan di laman borobudurpark.com.

Pada 2019, wisatawan yang berkunjung ke Borobudur ditargetkan mencapai 4,77 juta orang. Namun, hingga akhir November baru tercapai sekitar 70%. Di pengujung tahun diharapkan ada tambahan 900.000 wisatawan karena adanya musim liburan.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.