9 Daftar Kuliner Teraneh di Dunia, Berani Coba?

Dan tidak jarang para pelancong menemukan makanan-makanan lokal yang tidak biasa atau kadang aneh bagi mereka.

JEDA.ID-Pernahkah Anda menemukan kuliner teraneh saat mengunjungi destinasi wisata tertentu? Apakah Anda berani mencicipi kuliner teraneh itu?

Yah, mungkin di mata kita makanan tersebut menjadi kuliner teraneh. Tapi bagi penduduk setempat makanan tersebut bukan termasuk kuliner teraneh ya karena mereka terbiasa mengonsumsinya.

Nah, mencicipi kuliner merupakan bagian tidak terpisahkan setiap melakukan traveling atau menyinggahi destinasi wisata tertentu. Dan tidak jarang para pelancong menemukan makanan-makanan lokal yang tidak biasa atau kadang aneh bagi mereka.

Dilansir dari Tinggly, di sejumlah tempat di bagian bumi lain dari tempat kita berada terdapat makanan-makanan yang tidak pernah terpikirkan oleh kita, dan cenderung aneh atau tidak biasa.

Berikut ini daftar kuliner teraneh di dunia seperti dikutip dari Bisnis.com, belum lama ini:

1. Balut

Balut adalah embrio bebek, berumur sekitar 2 sampai 3 minggu. Embrio bebek ini direbus dan dimakan dalam cangkangnya, dan Anda bisa merasakan kerenyahan paruh dan kaki kecil.

Untungnya belum ada bulu di bebek yang masih berada di dalam cangkangnya itu. Bagi sebagian orang, balut adalah makanan yang tidak nyaman untuk disantap.

Baca Juga: Positif Covid-19 Usai Divaksin, Ini Penjelasan Pakar

Namun, ini adalah makanan lezat di negara-negara seperti Laos, Kamboja, dan di Filipina di mana beberapa penjual makanan kaki lima benar-benar menyajikannya mentah-mentah.

2. Tiram Rocky Mountain

Tiram? Di pegunungan? Kedengarannya tidak benar kan. Itu karena Rocky Mountain Oysters sebenarnya bukan tiram.

Rocky Mountain Oysters adalah testis banteng goreng, makanan favorit di antara koboi dan sering disajikan di acara rodeo di Amerika Serikat. Berani coba?

3. Durian

Buah ini umum di seluruh Asia Tenggara. Beberapa orang, sebagian besar penduduk setempat, menganggapnya lezat. Sementara orang yang lain berpikir baunya seperti limbah mentah.

Baunya sebenarnya begitu kuat sehingga di beberapa tempat Anda dilarang membawanya dengan transportasi umum atau ke hotel. Buah ini disebut memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, tetapi para ahli menyarankan bahwa memakannya sambil minum bir adalah ide yang sangat buruk, karena dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan yang parah.

4. Roadkill

Seorang mantan pegawai negeri Inggris bernama Arthur Boyt memiliki kebiasaan menghentikan mobilnya setiap kali dia melihat hewan mati di jalan, dan memasaknya untuk makan malam ketika dia sampai di rumah.

Baca Juga: Inilah 7 Istirahat yang Kita Butuhkan untuk Jaga Kesehatan

Selama 50 tahun melakukannya, dia mengaku tidak pernah sakit sekalipun, bahkan ketika dagingnya berwarna hijau seiring bertambahnya usia.

Dia menulis buku tentang pengalamannya, termasuk resep, dan menceritakan kisah tentang bagaimana dia pernah memasak labrador yang malang, dan bagaimana rasanya sangat mirip dengan daging domba.

4. Pesta Karnivora

Restoran paling terkenal di Kenya, bahkan mungkin salah satu tempat makan paling terkenal di Afrika, Restoran Carnivore menawarkan makanan yang dikenal sebagai Beast of a Feast.

Di tempat ini, pelanggan akan mendapati sajian burung unta, jerapah, dan bahkan buaya. Makanan-makanan yang tidak akan pernah Anda lupakan dengan cepat.

5. Otak Domba

Belum lama berselang, makan otak domba relatif umum di Inggris, karena murah dan membawa manfaat nutrisi.

Setelah kepanikan atas penyakit Sapi Gila meski telah lenyap dari diet. Tapi Anda masih bisa memakan otak domba, babi, sapi, kuda, kambing dan ayam, di negara-negara seperti Turki, Cina, India dan Bangladesh.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Vitamin B Kompleks, Apa Saja Ya?

Makanan ini dianggap cukup lezat di beberapa bagian.

6. Fugu

Ikan buntal merupakan salah satu kuliner di Jepang (Freepik)

Ikan buntal merupakan salah satu kuliner di Jepang (Freepik)

Fugu, bahasa Jepang untuk ikan buntal, cukup terkenal karena reputasinya yang mematikan. Sebagian ikan, terutama hati, beracun, jadi diperlukan persiapan yang baik selama persiapan.

Setiap tahun puluhan orang dirawat di rumah sakit, dan beberapa meninggal, setelah melakukan kesalahan.

Salah satu korbannya yang paling terkenal tentu saja adalah Homer Simpson, yang menghabiskan sepanjang malam berpikir dia telah diracuni.

7. Tarantula Goreng

Kebanyakan orang akan, saat pertama kali menyebutkan tarantula di atas meja, meninggalkan restoran untuk melindungi diri.

Bukan tanpa sebab, gigitan dari salah satu makhluk berbulu berkaki delapan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah. Namun, tidak demikian halnya di Kamboja, di mana Tarantula sering digoreng, dengan saus cabai dan jeruk nipis.

Baca Juga: Mengencani Perempuan Berpenghasilan Lebih Besar? Ini Tips agar Tidak Minder

Yang paling menyeramkan, saat disajikan di atas piring, itu dia, berdiri berjongkok dengan delapan kaki, seolah hendak menerkam

8. Sannakji

Makanan yang ada di Korea ini adalah makanan Asia lainnya yang menghadirkan bahaya besar bagi siapa pun yang memakannya, bukan karena racun, tetapi karena tersedak.

Sannakji adalah gurita hidup. Gurita yang masih hidup dipotong, dan sementara tentakelnya masih bergerak.

9. Tong Zi Dan

Tong Zi Dan adalah makanan teraneh yang berasal dari China, dan biasany hanya dapat Anda temukan di Provinsi Dongyang.

Tong Zi Dan adalah telur ayam rebus yang menggunakan air seni anak perawan praremaja.

Pedagang kaki 5 di sana membayar anak laki-laki itu untuk mengambil kencing di dalam ember, lalu merebus telur sepanjang hari di dalam cairan itu, sebelum disajikan.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.