Inilah 7 Istirahat yang Kita Butuhkan untuk Jaga Kesehatan

Terkadang istirahat fisik saja masih belum cukup untuk mengusir lelah kita.

JEDA.ID—Istirahat yang dibutuhkan manusia bukan hanya tidur. Ada beragam istirahat yang dibutuhkan manusia supaya imunitas tubuh tetap kuat.

Lalu istirahat apa saja yang dibutuhkan supaya kesehatan tubuh terjaga? Simak ulasannya di info sehat kali ini. Di masa pandemi kali ini, ada banyak sekali situasi menantang yang menguras tenaga hingga pikiran kita. Banyak kecemasan dan kelelahan menumpuk. Ini semua tentu bikin tubuh cepat lelah. Jadi istirahat sangat dibutuhkan untuk memulihkan tubuh dan energi.

Terkadang istirahat fisik saja masih belum cukup untuk mengusir lelah kita. Dan tidak segera diatasi rasa lelah itu bisa berdampak buruk pada aktivitas dan kesehatan kita.

Baca Juga: Bus Social Distancing Mengaspal, Ini Spesifikasinya

Lalu istirahat seperti apa yang kita butuhkan? Seperti yang dilansir dari Okezone.com, Sabtu (12/12/2020), berikut ini adalah 7 istirahat yang kita butuhkan untuk jaga kesehatan.

1. Istirahat fisik

Kedengarannya, istirahat fisik persis seperti kedengarannya. Bailey ingin orang-orang memastikan tubuh dapat mengisi ulang dengan membiarkannya melambat dan memperbaiki. Tidur siang, tidur lebih awal dari biasanya, melakukan yoga, dan meluangkan waktu untuk makan siang dengan tenang dapat menjadi beberapa jenis istirahat fisik.

2. Istirahat mental

Istirahat mental persis seperti kedengarannya. Istirahat untuk mengisi ulang mental ketika kita merasa sulit untuk berkonsentrasi. Misalnya, melepaskan diri dari gadget, mencoba afirmasi positif, atau memainkan musik favorit Anda dapat membantu kami mendapatkan istirahat mental.

3. Istirahat emosional

Melepaskan beban emosional berarti istirahat emosional. Bagikan emosi Anda dengan seseorang yang Anda cintai. Jika Anda merasa tidak nyaman berbicara dengan teman, kerabat, cobalah berbicara dengan terapis.

4. Istirahat sosial

Istirahat sosial mengacu pada memulihkan diri kita sendiri melalui hubungan dengan suku dan mentor kita. Sederhananya, istirahat sosial berarti berhubungan kembali dengan diri sendiri.

Baca Juga: Ini Cara Menemukan Cinta Sejati di Masa Pandemi

Mengembalikan diri kita dengan berbicara dengan mentor dan teman kita dan menghabiskan waktu dengan orang yang bisa mengarahkan kita adalah beberapa hal yang dapat Anda nikmati.

5. Istirahat yang kreatif

Untuk membuat diri Anda tetap bersemangat dan menemukan lebih banyak inspirasi, istirahat dari kreativitas itu penting. Terkadang melepaskan diri dari kreativitas kita sendiri dan beralih ke kreativitas orang lain juga dapat membantu. Anda cukup membaca buku, berjalan-jalan, atau melihat karya seni orang lain. Membersihkan meja kerja dan merapikan kamar Anda juga dapat membantu menenangkan pikiran.

6. Istirahat sensorik

Mundur dari kelebihan sensorik dengan berhubungan kembali dengan diri Anda sendiri adalah apa yang digambarkan Bailey sebagai hal yang penting seperti mematikan gadget Anda.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Vitamin B Kompleks, Apa Saja Ya?

Menghirup udara segar dan membuat jurnal dapat membantu Anda mendapatkan istirahat indrawi. Anda dapat berolahraga di luar ruangan atau menulis jurnal yang wajib dicoba jika Anda belum pernah melakukannya.

7. Istirahat spiritual

Bentuk istirahat terakhir yang disoroti oleh terapis adalah istirahat spiritual. Membaca kitab suci atau tulisan filosofis, bermeditasi dan menjadi sukarelawan dapat membantu Anda mendapatkan istirahat rohani. Jika Anda belum mencoba meditasi, Anda bisa mencoba menarik napas dalam-dalam.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.