• Sat, 16 October 2021

Breaking News :

Kenali 4 Gejala Long Covid-19 pada Anak

Ada sejumlah gejala long Covid-19 pada anak yang perlu diketahui.

JEDA.ID-Gejala long Covid-19 pada anak bisa terjadi selama berbulan-bulan dan gejalanya bisa meniru gejala long Covid-19 orang dewasa.Lalu apakah gejala long Covid-19 pada anak sama dengan gejala long Covid-19 pada orang dewasa?

Simak ulasannya di info kesehatan dan info sehat kali ini. Para peneliti menganalisis kesehatan anak-anak yang terinfeksi virus Corona dalam beberapa bulan terakhir telah mengamati prevalensi beberapa tanda dan gejala pada anak-anak, yang mungkin terkait dengan Covid-19 jangka panjang.

Mengutip dari Times of India, Selasa (23/2/2021), temuan penelitian di medRxiv memperhitungkan 129 anak-anak, didiagnosis dengan Covid-19 (ringan atau parah) antara bulan Maret 2020 hingga November 2020. Ada sejumlah gejala long Covid-19 pada anak yang perlu diketahui.

Baca Juga: Mengenal Tali Masker yang Jadi Sorotan Satgas Covid-19

Berikut beberapa gejala long Covid-19 pada anak seperti dikutip dari Bisnis.com, Rabu (24/2/2021):

1. Insomnia dan masalah kesehatan mental

Ini menjadi tanda paling aneh yang diamati pada anak-anak, pasien anak yang menderita virus Corona. Anak yang terinfeksi Covid-19 cenderung memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan tidur dan komplikasi seperti insomnia. Hal tersebut diamati pada seperlima anak yang menderita Covid-19. Insomnia juga merupakan gejala yang terlihat pada orang dewasa yang menderita virus Corona.

2. Kesulitan pernapasan

Anak-anak lebih rentan terhadap infeksi pernapasan seperti pilek, flu, dan alergi, sindrom setelah Covid-19 juga dapat menyebabkan masalah pernapasan yang berkepanjangan pada anak-anak yang lebih kecil. Hidung tersumbat, kesulitan bernapas, dada sesak, nyeri bisa menjadi tanda komplikasi pernapasan umum yang dapat diderita anak-anak setelah pertempuran Covid-19 yang sulit.

3. Nyeri dada

Keluhan sakit jantung juga bisa bisa terjadi pada anak-anak yang terinfeksi virus Corona. Beberapa laporan juga menunjukkan bahwa anak-anak mungkin juga memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita penyakit kronis setelah Covid-19, dibandingkan mereka yang tidak terinfksi virus.

4. Kelelahan, nyeri kronis

Kelelahan, nyeri kronis, dan mialgia (nyeri otot), yang kemungkinan besar disebabkan oleh peradangan dan serangan pada serat otot, sama seringnya terjadi pada anak-anak, seperti pada orang dewasa.

Baca Juga: Ini Cara Membiasakan Anak Ngemil Camilan Sehat

Sementara itu gejala virus Corona (Covid-19) pada anak bisa saja muncul seperti gejala demam hingga kejang-kejang, bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan. Mengutip dari Times of India, Rabu (24/1/2021), para peneliti menemukan bahwa gejala virus Corona jangka panjang pada anak, tampak seperti gejala flu biasa dan kesulitan hidung tersumbat dan gangguan pernapasan.

Namun, ada juga mengalami demam hingga kelumpuhan. Sementara itu, studi lain yang dilakukan di Inggris untuk melacak pasien virus Corona (Covid-19) pediatrik juga telah menetapkan hubungan yang mengejutkan, risiko masalah kesehatan yang melumpuhkan seperti kelumpuhan, kejang, juga sakit kepala akut.

Pandemi Covid-19 telah memperpanjang penutupan kembali sekolah dan institusi pendidikan. Lalu, jumlah kasus yang mengejutkan secara global, pandemi Covid-19 juga telah memengaruhi kesehatan mental anak-anak dan siswa sekolah. Kondisi kesehatan kronis dan gejala virus Corona yang berkepanjangan juga dapat berarti bahwa mereka memerlukan perawatan jangka panjang, bantuan untuk mengelola gejalanya.

Baca Juga: Begini Cara Aman Menyimpan Masker dan Mencuci Reusable Mask

Selain itu, ada juga anak-anak yang mengalami gangguan dalam konsentrasi, kebingungan dan kabut otak. Gejala ini juga dapat memengaruhi fungsi kognitif, juga dapat menguras tenaga anak dan menurunkan kualitas hidup. Menurut temuan berbasis penelitian, sekitar 10 persen anak-anak dilaporkan menderita masalah memori, lebih sering merasa lelah, dan kesulitan berkonsentrasi.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.