• Tue, 16 August 2022

Breaking News :

Oalah, Ini To Alasan Kenapa Komodo Cuma Ada di Indonesia

Terungkap, ini sebenarnya alasan kenapa hewan endemik komodo cuma hanya ada di Indonesia, penasaran? Simak yuk di bawah ini.

JEDA.ID — Sebetulnya kenapa sih komodo itu cuma hanya ada di Indonesia?

Seperti yang diketahui, spesies kadal komodo ini merupakan satwa asli Indonesia dan hanya ada di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motong, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lagi Sakit Gigi? Yuk Atasi dengan 5 Obat Alami Ini

Hewan satu ini termasuk predator yang mampu mengendus mangsanya dari jarak sembilan kilometer. Di balik keganasannya itu, ternyata komodo merupakan hewan rumahan alias homebodies.

Sebagaimana studi yang terbit di Prosiding Royal Society B, komodo memang salah satu hewan yang enggan untuk menjelajah daerah lain. Apalagi komodo juga tipe hewan yang tak mau ambil risiko sehingga mereka akan menetap di tanah kelahirannya sepanjang hidupnya.

Yuk Jaga Kesehatan Mata di Masa Pandemi dengan Metode 20-20-20

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo (JIBI)

Dilansir situs Goodnewsfromindonesia.id, karena itulah komodo akan merasa lebih aman dan nyaman berada di rumahnya di empat pulau tersebut.

Selain alasan tersebut, kenapa komodo cuma ada di Indonesia juga dikarenakan hewan satu ini ternyata tak banyak bergerak jauh.

Segini Penghasilan Atlet E-Sports, Yuk Kenalan dengan Winda Lunardi

Padahal mereka mempunyai kekuatan yang cukup kuat, yaitu kemampuan berlari hingga 20 kilometer per jam.

“Begitu mereka menjajah sebuah pulau, terlepas dari kemampuan luar biasa penyebaran jarak jauh yang dimilikinya, mereka memutuskan itu sudah cukup [untuk tidak menjelajah lagi],” ungkap Guru Besar di Deankins University, Australia, Tim Jessop.

Cara Asyik Memuaskan Suami Saat Haid Tanpa Perlu Penetrasi

Pertama Kali Ditemukan 1910

Berdasarkan informasi yang tayang di Antara, komodo pertama kali ditemukan oleh seorang penjelajah asal Belanda, JKH Van Styen pada 1910 di Pulau Komodo.

Ia pun menyebarluaskan penemuan langka ini ke seluruh dunia dan terdengar pula oleh Direktur Museum Zoologi Bogor, PA Owens, kala itu.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami Tanpa Operasi, Gampang Kok!

PA Owens kemudian menuliskannya dalam jurnal ilmiah berjudul On a Large Varanus Species from an Island of Komodo.

Terdapat sebuah penelitian lagi yang menyebutkan perkembangan evolusi komodo sudah dimulai sejak 40 juta tahu lalu yang bermigrasi ke Australia dari Asia.

Aktivitas Online Meningkat, Waspadai Serangan Hacker

Tetapi, karena Australia dan Asia Tenggara 15 juta tahun yang lalu mengalami perpecahan, komodo lebih memilih untuk kembali ke habitatnya yang ada di Flores, NTT.

Sebagai informasi, hingga 2017 jumlah populasi komodo di Taman Nasional Komodo mencapai 2.762 ekor yang tersebar di lima pulau dan paling banyak ada di Pulau Rinca sebanayak 1.410.

Ini Ponsel Presiden AS, Jadul atau Canggih Ya?

Negara Ini Sukses Atasi Covid-19 di Gelombang Pertama dan Kedua, Ini Resepnya

Waduh, 5 Pekerjaan Ini Diprediksi Akan Hilang 2030

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.