Ini Ponsel Presiden AS, Jadul atau Canggih Ya?

Apa saja ponsel presiden AS, tentu bikin penasaran. Benarkah ponsel Presiden AS super canggih dan tidak seperti ponsel kebanyakan rakyat jelata?

JEDA.ID– Tak hanya soal siapa yang  jadi presiden AS yang bikin penasaran,  deretan ponsel presiden AS juga menarik untuk diikuti.  Sebagai negara super power, pastilah ponsel Presiden AS super canggih. Tapi benarkah demikian?

Apakah teknologi yang dibenamkan dalam ponsel presiden AS tidak seperti kebanyakan teknologi ponsel milik kebanyakan orang? Well, yang jelas telepon seluler (ponsel) presiden AS memakai HP yang telah didesain secara khusus. Mereka tidak boleh sembarangan memakai ponsel. Ponsel presiden AS telah dienskripsi khusus untuk menjamin keamanannya.

Menilik masa silam, presiden AS boleh memakai ponsel  pilihan mereka sendiri meskipun ada cukup banyak pembatasan dan tetek bengek lainnya. Dikutip dari detikcom, Jumat (6/11/2020):

Obama Identik dengan BlackBerry

Saat terpilih sebagai presiden AS pada tahun 2008, Barack Obama terkenal memakai HP BlackBerry. Kala itu, BlackBerry masih smartphone yang sangat populer.

4 Bisnis Ini Bakal Meroket Setelah Pandemi Usai

Bahkan Obama jadi berita lantaran saat masih berstatus capres, ia mengirimkan SMS dari ponsel pribadinya ke 2,9 juta warga AS berisi pengumuman calon wakil presiden yang sudah ditetapkan Obama, yaitu Joe Biden.

Presiden Obama dengan ponselnya (Istimewa)

Presiden Obama dengan ponselnya (Istimewa)

“Pesan itu dikirimkan saat Jumat lalu dan yang kami ketahui, ini adalah pengiriman pesan terbanyak yang dikirimkan melalui satu perangkat, dan merupakan mobile marketing terbesar di Amerika Serikat hingga saat ini,” tulis perusahaan riset Nielsen dalam rilisnya.

Obama masih setia memakai BlackBerry saat sudah berada di Gedung Putih, jenisnya adalah adalah BlackBerry 8830. Namun demikian, sang presiden AS tidak sama leluasa memakai HP itu seperti saat masih berstatus rakyat biasa.

BlackBerry yang dipakai Obama dibekali keamanan tingkat tinggi, antara lain dibekali dengan solusi keamanan berbasis penyandian canggih bernama SecurVoice dari perusahaan Genesis Key.

Ini Gamer Terkaya di Dunia, Setahun Bisa Raup Rp199 Miliar

Waktu berlalu, pada 2016 Obama mengaku sudah berganti ponsel walau ia tampaknya tidak terlalu senang dengan ponsel barunya.

“Ketika saya mendapatkan sebuah benda, semuanya sama. ‘Pak Presiden, untuk alasan keamanan, ponsel ini tidak dapat mengambil gambar, tidak bisa mengirim pesan, Anda juga tidak bisa memainkan musik’,” ujar sang presiden AS menirukan ucapan stafnya.

Blackberry Dimodifikasi

Obama saat itu juga sempat menyinggung BlackBerry yang ia pakai sebenarnya dimodifikasi dengan tingkat keamanan tinggi sehingga sama tidak menariknya dengan ponsel baru yang ia gunakan itu.

Obama tidak mengatakan apa merek ponselnya yang anyar. Namun saat itu, baru ada satu ponsel yang mendapat sertifikasi oleh Departemen Pertahanan AS karena mempunyai tingkat keamanan yang tinggi, yaitu Galaxy S4.

Ponsel dengan standardisasi DMCC-S tersebut menggunakan otentifikasi biometrik, dan mempunyai banyak keterbatasan jika dibandingkan dengan ponsel biasa

Penggunanya tak bisa mengakses fitur kamera, agar tak digunakan untuk selfie di tempat-tempat rahasia, juga hanya bisa menginstal aplikasi tertentu yang sudah disiapkan di Mobile Application Store milik DISA.

Selain itu, untuk melakukan panggilan telepon domestik maupun internasional, jaringan yang digunakan adalah Voice over Internet Protocol (VoIP). Sementara akses ke email dilakukan melaui Outlook Web Access versi khusus.

Namun ponsel yang digunakan oleh Obama sepertinya mempunyai lebih banyak keterbatasan untuk alasan keamanan. Seperti ia tak bisa melakukan panggilan keluar menggunakan ponsel tersebut, mengirim pesan, mengambil foto, bahkan memutar musik.

Sampai-sampai Obama membandingkan ponsel itu dengan ponsel mainan yang dipakai oleh anak bayi berusia 3 tahun. Di lain pihak, istri dan putri Obama mempunyai ponsel dengan akses yang tak tertutup, dan itu membuat Obama cemburu.

“Saya melihat Malia dan Sasha melakukan semua ini dan Michelle mempunyai tiga, dia mengirim pesan dan melakukan semua ini,” ujar Obama.

Donald Trump Sempat Membawa Samsung Galaxy

Donald Trump akhirnya terpilih pada tahun 2016 menggantikan Obama dan kabarnya langsung diminta berhenti memakai ponselnya. Ponsel berjenis Android itu tidak boleh dipakai lagi dengan alasan keamanan. Di ponsel itulah, Trump hobi menulis cuitan di Twitter.

Sebagai ganti, Trump akan mendapatkan smartphone baru dengan tingkat keamanan sangat tinggi, yang sudah disetujui Secret Service, sepertinya sama jenisnya dengan yang dipakai Obama di saat-saat terakhirnya menjabat presiden.

Menurut laporan The New York Times, Trump telah menukarkan ponsel Android miliknya dengan ponsel yang telah dienkripsi secara aman oleh Secret Service. Nomor ponsel terbarunya pun hanya diketahui oleh segelintir orang

Trump tentunya akan mendapatkan perlakuan yang sama dengan Obama mengenai handset yang dipakainya. Akan tetapi terindikasi dia tetap bebas berkicau apa saja di Twitter, hingga sering ditandai sebagai hoax atau menimbulkan kontroversi.

5 Tips Nonton Turnamen E-Sports Selama Pandemi

Malah sempat ada kabar mengejutkan pada  2017 di mana Trump masih kedapatan menggunakan ponsel Samsung Galaxy yang ia pakai sejak 2016. Ia bersikukuh menggunakan ponsel itu, meskipun para ajudannya sudah memperingatkan bahwa ponsel itu belum memenuhi standar keamanan yang sudah ditetapkan. Artinya bisa jadi ia tetap diizinkan memakai ponsel lamanya.

Lebih parahnya lagi, Trump sepertinya masih menggunakan Galaxy S3 yang sudah digunakan sejak 2013. Kenapa parah? Ponsel jagoan Samsung pada masanya itu sudah tak lagi menerima pembaruan keamanan sejak pertengahan 2015, dan masih menggunakan OS Android 4.3 Jelly Bean.

Jika hal ini benar, berarti Presiden AS kali ini menggunakan ponsel yang sangat-sangat tidak aman untuk kesehariannya. Dan entah kenapa dia masih diizinkan untuk menggunakannya.

Pilihan Trump menggunakan ponsel Android itu juga bisa dilihat dari kicauannya di Twitter. Pada akun resminya, kicauan yang agak nyeleneh biasanya dikirimkan memakai ‘Twitter for Android’, yang biasanya adalah pertanda bahwa kicauan itu dikirimkan sendiri oleh Trump.

Peristiwa itu sudah beberapa tahun lalu sehingga sepertinya saat ini, ponsel Trump sudah berbeda. Menarik untuk mengamati HP apa yang nanti akan dipakaai oleh presiden AS yang baru.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.