• Sun, 25 September 2022

Breaking News :

Ini Gamer Terkaya di Dunia, Setahun Bisa Raup Rp199 Miliar

Industri gaming berkembang pesat, ini menjadikan gamer profesi menjanjikan di masa depan.

JEDA.ID-Setelah mengetahui penghasilan atlet esports, kita tentu bakal penasaran siapa gamer terkaya di dunia? Berapa penghasilan gamer terkaya di dunia? Penasaran kan.

Game bukan sekadar sarana bersenang-senang atau membuang bosan semata di komputer atau handphone. Tidak sedikit yang menjadikan gamer sebagai profesi mereka. Kemajuan teknologi digital memungkinkan gamer sebagai profesi menjanjikan dan berpeluang menghasilkan banyak uang. Tak heran jika Forbes membuat daftar peringkat gamer terkaya di dunia.

Lalu siapakah gamer terkaya di dunia?

Segini Penghasilan Atlet E-Sports, Yuk Kenalan dengan Winda Lunardi

Gamer asal Amerika Serikat Tyler ‘Ninja’ Blevins, dinobatkan sebagai gamer terkaya di dunia. Ia didapuk sebagai gamer berpenghasilan terbesar setelah meraup US$14 juta atau sekitar Rp 199 miliar di tahun 2019. Wow!

Tapi,  pundi-pundi tersebut tidak dikumpulkan Ninja dengan memenangkan turnamen eSport. Menurut data Forbes, Ninja hanya meraup kurang dari US$100.000  dari turnamen eSport.

Pria berusia 29 tahun ini bahkan tidak berpartisipasi di turnamen Fortnite World Cup pertama yang berlangsung di New York, AS pada Juli 2019 lalu. Padahal turnamen tersebut menawarkan hadiah sebesar USD 3 juta yang akhirnya dimenangkan oleh Kyle ‘Bugha’ Giersdorf.

Turnamen eSport memang bukan sumber pendapatan terbesar Ninja. Ia mengandalkan jumlah pengikutnya yang besar di berbagai platform serta endorsement untuk meraup pundi-pundinya.

Sempat Dibajak Mixer

Dikutip dari detikcom, Sabtu (7/11/2020), Ninja yang sebelumnya dikenal sebagai gamer dan streamer di Twitch bahkan sempat dibajak oleh pesaingnya Mixer. Tidak diketahui berapa biaya yang dikeluarkan Microsoft untuk membajak Ninja, tapi diperkirakan kontrak tersebut besarannya antara US$$20 juta-US$30 juta.

5 Tips Nonton Turnamen E-Sports Selama Pandemi

Tapi, begitu Microsoft menutup layanan Mixer, Ninja kembali lagi ke Twitch di mana saat ini ia memiliki 16,1 juta followers. Ninja juga tidak melulu memainkan Fortnite di stream-nya, ia juga sering memainkan Among Us, Valorant, Dead by Daylight dan lain-lain.

Selain itu, wajah Ninja juga muncul di iklan dan program televisi. Ia berhasil mendapatkan endorsement dari Red Bull. Setahun terakhir ia tampil di acara talkshow seperti The Tonight Show with Jimmy Fallon, The Daily Show with Trevor Noah, dan menjadi salah satu bintang tamu di The Masked Singer.

Pria yang sering tampil dengan gaya rambut nyentrik ini juga memiliki merchandise-nya sendiri. Mulai dari novel grafis hingga headband-nya yang ikonik bisa dibeli di supermarket AS.

Ditemukan Fosil Makhluk Mirip Udang Bermata Lima

Selain Ninja, daftar 10 besar gamer dengan pendapatan tertinggi di 2019 versi Forbes juga dipenuhi oleh streamer. Sebut saja Felix Kjellberg alias PewDiePie yang ada di peringkat dua dengan pendapatan sebesar US$15 juta, dan Mark ‘Markiplier’ Fischbach di peringkat empat yang meraup US$14 juta.

Secara total, 10 gamer yang masuk dalam daftar ini meraup USD 121 juta pada tahun lalu dan memiliki 270 juta follower di YouTube, Twitch dan Mixer. Tidak ada satu pun dari mereka yang berhasil masuk dalam daftar ini setelah berhasil menjuarai turnamen eSport.

Berikut daftar lengkap 10 gamer dengan pendapatan tertinggi di 2019 versi Forbes:

1. Tyler ‘Ninja’ Blevins: US$17 juta
2. Felix ‘PewDiePie’ Kjellberg: US$15 juta
3. Preston Arsement: US$14 juta
4. Mark ‘Markiplier’ Fischbach: US$14 juta
5. Michael ‘Shroud’ Grzesiek: US$2,5 juta
6. Daniel ‘DanTDM’ Middleton: US$12 juta
7. Evan ‘VanossGaming’ Fong: US$11,5 juta
8. Sean ‘Jacksepticeye’ McLoughlin: US$11 juta
9. Timothy ‘TimTheTatman’ Betar: US$8 juta
10. Nick ‘Nickmercs’ Kolcheff: US$6 juta

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.