5 Tips Nonton Turnamen E-Sports Selama Pandemi

Meski pandemi, keseruan menonton turnamen esports tetap bisa terasa.

JEDA.ID-Nonton turnamen esports  jadi pilihan di masa pandemi Covid-19. Turnamen esports merupakan satu-satunya kompetisi yang bisa disaksikan kala pandemi.

Turnamen esports tetap bisa diadakan secara online dan disiarkan secara live streaming di berbagai platform. Bahkan, antusiasme penonton pun tetap tinggi hingga Grand Final MPL ID Season 6 lalu bisa menarik hingga lebih dari 2,8 juta viewers.

Negara Ini Sukses Atasi Covid-19 di Gelombang Pertama dan Kedua, Ini Resepnya

Meski pandemi, keseruan menonton turnamen esports tetap bisa terasa. Nah, berikut tips-nya supaya kalian juga bisa tetap seru-seruan saat nonton turnamen esports di rumah seperti dikutip dari detikcom.

1. Nonton bareng teman yang paham

Supaya kalian bisa ikut mengomentari jalannya pertandingan dan menimpali komentar para caster, kalian tentu butuh teman nonton yang juga paham situasi yang sedang terjadi selama pertandingan. Dengan begitu, kalian bisa jadi caster dadakan dan ikut merasakan euforia pertandingan.

Jangan pernah sekali pun kepikiran untuk ajak pacar atau gebetan nonton turnamen esports kalau mereka sama sekali awam soal esports. Bisa-bisa nanti mereka malah kebanyakan nanya dan kalian jadi menyesal karena keseruan kalian terganggu. Kalau mau seru, ajak yang tahu.

2. Siapkan atribut dari tim yang didukung

Sama seperti nonton pertandingan sepak bola, kalian bisa lebih merasakan ketegangan sebuah pertandingan esports kalau menggunakan atribut tim yang kalian dukung. Dengan begitu, ada rasa bangga yang dibawa dan keharusan untuk mendukung sekuat tenaga. Jadi, kalian akan tetap fokus memantau jalannya pertandingan dan merasakan sensasi seperti sedang menonton pertandingan langsung di arena.

3. Jangan ikut-ikutan fan war

Ketika nonton sebuah pertandingan, sebaiknya kalian fokus menyaksikan pertandingannya, jangan malah ikut-ikutan fan war di media sosial. Selain tak ada gunanya untuk tim yang kalian dukung, fan war malah membuat kalian membuang energi sia-sia untuk marah-marah. Saling hina antar penggemar tak akan membuat tim jagoan kalian menang juga.

Wabah Brucellosis Landa China, 6.000 Orang Lebih Terinfeksi

Kalau kata RRQ Kingdom, “Stop Menghina, Mari Berkarya!”. Jadi, dari pada menghina tim lawan, sebaiknya kalian tunjukkan dukungan dengan karya. Misalnya, kalian bisa membagikan keseruan kalian nonton di rumah sambil pegang panci sampai tetangga penasaran kalian lagi nonton apa. Jadi seru, kan?

4. Tunggu giveaway atau doorprize

Di turnamen-turnamen besar, biasanya ada banyak hadiah yang disediakan buat para penonton. Ini jadi salah satu daya tarik di MPL ID Season 6 lalu karena jumlah hadiah giveaway-nya sampai miliaran rupiah. Kalau kalian mengikuti tata caranya dan menang, tentu kalian akan happy. Jadi, saat nonton turnamen, usahakan jangan beranjak dari layar ponsel kalian dan nonton setiap detiknya

5. Ikutan nobar fanbase

Nah, supaya all out, kalian bisa ikutan nobar fandom tim jagoan kalian. Seperti yang dilakukan RRQ Kingdom selama babak Playoffs MPL ID Season 6 lalu, setiap fans bisa menyampaikan dukungan positif untuk RRQ Hoshi di Instagram. Selain itu, fans juga bisa ikut nobar setiap pertandingan mereka, baik fans baru maupun lama.

Di RRQ Kingdom, misalnya, kalian bisa bertemu teman baru sesama pendukung Team RRQ. Ditambah lagi, di RRQ Kingdom juga punya GEMPUR!, Gerakan Mendukung Positif Untuk RRQ; sebuah langkah untuk menciptakan ekosistem yang hangat bagi para pro player dan penggemarnya yang tentunya jauh dari tindakan toxic. Dengan tetap mendukung secara positif, RRQ Kingdom bisa fokus mendukung RRQ Hoshi tanpa harus tersulut dengan ejekan atau hinaan dari tim lawan.

 

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.