• Sat, 13 April 2024

Breaking News :

Tak Berkategori

Yuk Jaga Kesehatan Mata di Masa Pandemi dengan Metode 20-20-20

Dengan metode 20-20-20 yang diperkenalkan oleh ahli kesehatan dari UGM, Anda bisa menjaga kesehatan mata di masa pandemi Covid-19.

JEDA.ID — Jangan lupa untuk menjaga kesehatan mata saat pandemi Covid-19 apalagi jika terlalu lama di depan gadget.

Seperti yang diketahui, pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk work from home (WFH) dan melakukan pendidikan jarak jauh (PJJ) secara online. Sehingga membuat mereka lebih banyak menghabiskan waktu di layar komputer, laptop maupun gadget lainnya.

Segini Penghasilan Atlet E-Sports, Yuk Kenalan dengan Winda Lunardi

Padahal semakin lama menatap layar gadget bisa-bisa membuat mata Anda menjadi lelah, kering dan terkadang menimbulkan nyeri.

Nah, untuk menjaga kesehatan mata tetap terjaga saat pandemi Covid-19, dokter spesialis mata RSA UGM, Tri Winarti mempunyai solusinya. Dia menggunakan ada metode 20-20-20 untuk menjaga kesehatan mata saat pandemi Covid-19.

Cara Asyik Memuaskan Suami Saat Haid Tanpa Perlu Penetrasi

Ia menjelaskan, metode ini meminta masyarakat setiap 20 menit sekali untuk mengalihkan padangannya dari layar gadget dengan memandang benda berjarak 20 kaki atau enam meter selama 20 detik.

Ia menglaim cara tersebut bisa mengurangi ketegangan mata karena terlalu lama menatap layar komputer, laptop maupun gadget lainnya.

5 Tempat Terpanas di Bumi, di Mana Saja ya?

ilustrasi pegawai kerja di rumah (freepik)

ilustrasi pegawai kerja di rumah (freepik)

“Jadi, setiap 20 menit melihat layar, pandangan mata dialihkan melihat objek sejauh 20 kaki selama 20 detik untuk relaksasi mata. Buat reminder seperti catatan yang ditempel di komputer atau alarm agar tidak lupa mengimplementasikannya,” ujar Tri Winarti, sebagaimana telah diberitakan di situs resmi UGM.

Kecerahan Layar dan Suhu Ruangan

Cara kedua yang tak kalah penting untuk menjaga kesehatan mata saat pandemi Covid-19 adalah mengatur tingkat kecerahaan layar monitor komputer maupun handphone.

Diet Pescatarian ala Melaney Ricardo Sebabkan Daya Tahan Tubuh Turun?

“Pencahayaannya sebaiknya jangan terlalu terang atau terlalu redup. Atur kecerahan layar agar nyaman saat digunakan, mislanya pada tingkat 50 persen,” tambah dia.

Terakhir, ia juga mengimbau masyarakat untuk tak lupa mengatur suhu ruangan. Ia berpesan untuk tidak terlalu kencang saat menyalakan kipas angin atau pendingin udara.

Aktivitas Online Meningkat, Waspadai Serangan Hacker

Dan tidak mengarahkan embusan angin langsung ke arah wajah. Hal ini bertujuan untuk menghindari mata kering.

Hari Oeang, Sejarah Panjang RI Punya Mata Uang Sendiri

Kumpulan Artis Indonesia yang Pindah Warga Negara, Ada yang Jadi Tentara AS

Berita Kesehatan Terbaru

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.