Tutup Iklan

Begini Cara Membersihkan Gigi Kuning, Supaya Gigi Tetap Putih dan Sehat

Ada banyak pemicu gigi berubah warna menjadi kuning, antara lain kebiasaan merokok dan minum kopi.

JEDA.ID—Memiliki gigi kuning bukan hanya tak sedap dipandang, melainkan juga bisa menurunkan rasa percaya diri. Tentu saja gigi kuning harus diatasi agar tidak semakin menguning.

Simak ulasan info sehat kali ini tentang penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya. Asal tahu saja nih sering minum kopi, teh, soda, dan merokok bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Meskipun terdengar sepele, gigi kuning bisa menyebabkan masalah. Ini bisa merusak penampilan dan menghilangkan kepercayaan diri. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Maka dari itu, merawat gigi ialah hal penting yang harus Anda perhatikan. Termasuk di dalamnya, cara memutihkan gigi kuning. Ada sejumlah bahan yang bisa digunakan untuk mengembalikan kilau gigi putih Anda. Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Selasa (26/1/2021), berikut ini adalah cara membersihkan gigi kuning supaya tetap sehat.

1. Arang Batok

Cara membersihkan gigi kuning yang pertama bisa mengandalkan arang batok kelapa. Arang memiliki sifat alkali yang dapat membantu menghilangkan noda kuning pada gigi. Caranya dengan menyiapkan arang batok kelapa secukupnya. Kemudian, tumbuk dan ayak.

Baca Juga: Wow! Memijat Payudara Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Wanita

Campurkan air perasan lemon dan aduk rata. Setelah itu, gunakan sebagai pasta gigi dan lakukan setiap hari untuk hasil yang memuaskan.

2. Pinang

Pinang bisa digunakan untuk membersihkan gigi dan mengembalikan warna alaminya. Cara membersihkan gigi kuning ini sangat mudah dan aman. Buah pinang mengandung astringent dan hemostatik dari zat tanin yang dapat warna alami gigi. Cara menggunakannya, siapkan biji buah pinang, lalu bakar biji buah pinang sampai hangus. Kemudian tumbuk halus dan oleskan pada gigi.

3. Minyak Kelapa

Mengandalkan teknik oil puiling dengan minyak kelapa bisa mengembalikan warna alami gigi. Oil pulling adalah salah satu teknik perawatan mulut alternatif dari India. Cara membersihkan gigi kuning ini dikenal aman. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa oil pulling setiap hari mengurangi bakteri di mulut, bersamaan dengan plak dan radang gusi. Caranya dengan berkumur selama 15-20 menit dengan minyak kelapa. Minyak kelapa tinggi asam laurat yang bisa mengurangi peradangan dan membunuh bakteri. Teknik oil puiling ini aman, tidak membuat gigi terkena asam atau bahan lain yang mengikis enamel.

4. Buah Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat menghilangkan noda pada gigi. Lemon juga punya sifat antibakteri yang dapat membantu melawan mikroba mulut. Cara membersihkan gigi kuning dengan lemon bisa dijadikan solusi mengembalikan warna aslinya.

Baca Juga: Kucing dan Anjing Membutuhkan Vaksin Virus Corona Sendiri, Kenapa?

Gosokkan secara langsung ke gigi dan dibiarkan selama 1 sampai 2 menit, bilas dengan berkumur. Bisa juga berkumur dengan larutan air lemon setelah menyikat gigi. Lemon bersifat asam, penggunaan lemon tidak boleh berlebihan. Jangan digunakan pada gigi sensitif atau gusi yang sedang teriritasi, ya!

5. Siwak

Sejak dulu, siwak sudah dikenal bisa membersihkan gigi dengan baik. Obat herbal ini dijuluki sebagai “old but gold” karena terbukti dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi, dan sudah digunakan sejak zaman nenek moyang. Cara membersihkan gigi kuning dengan siwak sangat mudah dan aman. Siwak dapat menghambat tumbuhnya bakteri, mengikis plak, mencegah lubang pada gigi, dan memutihkan gigi.

Caranya tumbuk batang siwak yang sudah dibersihkan, oleskan pada gigi secara merata. Bisa menghaluskan bersamaan dengan air dan menggunakannya sebagai pasta gigi. Sangat mudah bukan?

6. Garam

Cara membersihkan gigi kuning selanjutnya bisa mengandalkan garam dapur. Garam memiliki sifat antimikroba, bisa bertindakan abrasif lembut untuk membersihkan serta memutihkan gigi. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkannya ke dalam air yang telah direbus terlebih dahulu. Kemudian rendam sikat gigi dalam campuran air garam sekitar satu menit. Jika sudah lanjutkan langkahnya dengan menyikat gigi menggunakan sikat yang sudah direndam. Kemudian kumur-kumur dengan air dingin.

7. Baking Soda

Baking soda dapat membersihkan noda di permukaan gigi dengan lembut. Baking soda dapat membantu melawan bakteri. Hal ini yang menjadikannya cocok digunakan untuk membersihkan gigi kuning. Cara membersihkan gigi kuning ini bekerja dengan mengurangi plak dan mencegah kerusakan gigi. Baking soda memiliki sifat abrasif ringan, penggunaannya juga tidak boleh berlebihan.

Baca Juga: Ini Dia Pemeran “Kakek Sugiono” dan Kisah Awal Kariernya

Campurkan 1 sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air. Taruh pada sikat gigi dan sikatlah gigi dengan pasta tersebut. Lakukan 3 atau 4 kali dalam seminggu.

8. Daun Salam

Daun salam dikenal kaya kandungan yang dapat menjaga kesehatan gigi secara efektif. Cocok untuk praktiks cara membersihkan gigi kuning juga. Minyak atsiri, sitral, tannin, flavonoid, metal kavikol, hingga Vitamin A, B, C, D serta kalsium, zat besi, kalium dan magnesium adalah beberapa kandungan dalam daun salam. Cara menggunakannya sangat mudah. Tumbuk halus daun salam, lalu campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Setelah itu, tinggal digunakan sebagai pasta gigi.

9. Daun Jambu Biji

Cara membersihkan gigi kuning selanjutnya dengan daun jambu biji. Bisa membantu mengembalikan warna asli gigi dan ampuh mengatasi berbagai masalah gigi. Mulai dari plak, infeksi, dan gusi bengkak. Flavonoid dan fenolnya dapat menghilangkan stres oksidatif pada gigi, mengembalikan warna putihnya.

Baca Juga: Ini Hubungan Obesitas dan Virus Corona

Penerapannya pada gigi juga sangat mudah dan aman. Hancurkan daun jambu biji hingga membentuk pasta yang kasar. Gosokkan ini pada gigi dan biarkan selama satu atau dua menit. Bilas mulut dan gosok gigi seperti biasa. Ulangi ini setiap hari selama beberapa hari.

10. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel bisa membantu mengembalikan warna asli gigi secara alami. Meski demikian, cara membersihkan gigi kuning dengan cuka harus dibatasi. Cuka bisa digunakan untuk obat kumur. Campurkan setengah sendok teh cuka sari apel dengan segelas. Kumur larutan selama 30 detik. Kemudian bilas dengan air dan sikat gigi. Sekali lagi, penggunaan cuka sari apel ini tidak boleh terlalu sering. Cukup 2 hingga 3 kali seminggu. Seimbangkan juga dengan kebiasaan sehat penunjangnya.

 

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.