Ini Dia Pemeran “Kakek Sugiono” dan Kisah Awal Kariernya

Industri film dewasa di Jepang sudah sangat profesional sehingga para pemerannya pun diperlakukan secara profesional.

JEDA.ID-Pernah dengar meme dengan sisipan kata ‘Kakek Sugiono’? Sudah tahu siapakah pemeran “Kakek Sugiono” sebenarnya?

Simak ulasannya di kabar seleb kali ini ya. Pemeran Kakek Sugiono  adalah Shigeo Tokuda, aktor film dewasa asal Jepang yang lahir pada 18 Agustus 1934. Shigeo kini sudah pensiun, tapi mukanya sering nongol di meme-meme yang disebar warganet.

Shigeo Tokuda mengaku kali pertama terjun di industri film dewasa saat dia berusia 61 tahun. Bintang porno tua itu pertama kali berperan sebagai guru sekolah. Shigeo Tokuda awalnya bekerja di biro perjalanan. Tapi tiba-tiba, ia berbelok arah saat mencari tempat penjual film khusus dewasa.

Nah, enggak sampai situ saja, Shigeo Tokuda juga dengan percaya diri mendatangi kantor produksi film dewasa di Jepang itu.

Baca Juga: Peracik Bumbu Indomie Meninggal Dunia, Berikut Ini Faktanya

“Pasti ingat karena itu pengalaman pertama saya. Saya merasa melakukan sesuatu perubahan dan tentu saja saya gugup saat itu,” ujar Shigeo Tokuda  saat ngobrol bareng komedian asal Jepang yang bekerja di Indonesia, Daisuke di Channel YouTubenya seperti dikutip dari detikcom, Kamis (28/1/2021).

Pertemuan Shigeo Tokuda dengan para bos industri film dewasa itu berlangsung beberapa kali. Tak lama setelah itu, Shigeo Tokuda pun malah ditawari jadi aktor film dewasa.

Tapi kala itu, Shigeo Tokuda menolak karena berbagai pertimbangan. Namun ia terus diyakinkan untuk terjun. Skenario khusus pun dibuat untuk Shigeo Tokuda. Setelah itu juga, ia berakting sebagai paruh waktu.

“Sebetulnya enggak boleh ya, tapi saya terkadang menunda waktu dinas ke luar kota satu hari untuk syuting,” kata Shigeo Tokuda.

Kakek Sugiono pun pensiun sebagai pekerja biro perjalanan pada usia 70 tahun. Setelah itu juga, ia makinsering tampil.

Baca Juga: WHO Keluarkan Pedoman, Pasien Isolasi Mandiri Wajib Punya Oximeter

Shigeo Tokuda kini disebut terlibat di 300-400 film dewasa. Wow! Dari ratusan karya, Kakek Sugiono mengaku lebih suka berperan dengan cewek berusia 40 tahun.

Sebagaimana kita ketahui industri film dewasa di Jepang sudah sangat profesional. Sehingga para aktor dan aktris yang terlibat di industri ini pun diperlakukan profesional layaknya bintang film layar lebar. Lalu, ngomong-ngomong berapa ya honor yang diterima Shigeo Tokuda saat berperan di film dewasa?

Tidak ada sumber yang memastikan berapa besarnya bayaran Kakek Sugiono sekali shooting, namun ada beberapa bocoran yang bisa dijadikan acuan.

Seperti dikutip dari Asian Money Guide dan dikutip detikcom, Rabu (19/8/2020), bayaran bintang film dewasa Jepang sangat tergantung dari popularitas mereka.

Baca Juga: Bus Social Distancing Mengaspal, Ini Spesifikasinya

Menurut eks aktris film dewasa Jepang, Emiri Okizaki, untuk aktor atau aktris pemula biasanya dapat bayaran US$ 2.000 (Rp28 juta) sampai US$ 6.000 (Rp80 juta) sekali shooting.

Sementara aktris dan aktor yang sudah punya nama bisa dibayar US$10.000 (Rp 140 juta) hingga US$30.000 (Rp400 juta) sekali shooting. Bahkan ada juga yang sampai dibayar US$100.000 (Rp 1,4 miliar) kalau si pemain sudah sangat terkenal.

Namun biasanya, nilai bayaran antara aktris dan aktor ada sedikit perbedaan. Aktor film dewasa biasanya dapat bayaran lebih sedikit di bawah aktris film dewasa.

Meski bayarannya besar, jadi bintang film dewasa ternyata tidak menjanjikan karier cemerlang. Apalagi banyaknya persaingan, terutama dari bintang-bintang baru yang muncul dengan usia yang lebih muda.

 

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.