Peracik Bumbu Indomie Meninggal Dunia, Berikut Ini Faktanya

Dalam meracik bumbu, Nunuk lebih suka menggunakan bahan alami dan tradisional.

JEDA.ID-Siapa yang tak kenal kelezatan bumbu Indomie? Ternyata kelezatan bumbu Indomie ini hasil racikan wanita bernama Nunuk Nuraini yang dijuluki pahlawan anak kos.

Namun, sang peracik bumbu Indomie ini meninggal dunia pada Rabu (27/1/2021). Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui apa penyebab meninggalnya Nunuk Nuraini. Kabar wafatnya Nunuk disampaikan oleh pemilik akun @lailadimyati melalui cuitannya.

“Kabar lelayu. Telah berpulang ke Rahmatullah, Ibu Nunuk Nuraini, pencinta rasa Indomie yang kita kenal. Beliau meninggal dunia tadi pagi, Rabu 27 Januari 2021 pukul 2.55 WIB. Semoga Almarhumah husnul khotimah. Aamiin,” cuit pemilik akun tersebut seperti dikutip dari Liputan6.com pada Kamis (28/1/2021).

Dalam unggahan itu, Laila Dimyati juga menyertakan foto perempuan berhijab itu sedang memegang sepiring Indomie.

Baca Juga: Ini Hubungan Obesitas dan Virus Corona

Sementara di sebelah kanannya tertulis: IBU INI PENEMU RASA INDOMIE FAVORITE KITA SEMUA!. Di sebelah kirinya disertakan juga sejumlah Indomie dengan berbagai rasa.

Kabar meninggalnya Nunuk Nuraini membuat warganet ikut berduka. Tak sedikit mereka yang ikut menyampaikan dukanya. “Alfatihah, semoga husnul khotimah untuk Ibu Nunuk Nuraini. Terima kasih atas perjuangan dan pengabdiannya dalam meracik dan mewujudkan ragam rasa Indomie,” tulis seorang warganet.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun, turut berduka yang sedalam-dalamnya.. Semoga almarhumah diampuni dosa-dosanya, ditempatkan di tempat terindah di sisiNya.. Aamiin YRA.. Beliau adalah pahlawan,” timpal warganet yang lain.

Sosok Nunuk Nuraini mulai dikenal warganet dari cuitan dari @dittameliaa pada 3 Juni 2020. Dalam cuitannya itu, ia menyebut Nunuk Nuraini sebagai peracik bumbu Indomie.

Selain varian mie goreng, Nunuk juga adalah penemu bumbu Supermie dan Indomie Real Meat. Wanita yang telah bekerja di Indofood lebih dari 20 tahun ini  bahkan mendapat julukan sebagai ‘pahlawan anak kos’.

Berikut fakta mendiang Nunuk Nuraini peracik bumbu Indomie seperti mengutip dari detikcom, Kamis (28/1/2021):

1. Lulusan Universitas Padjajaran

Nunuk Nuraini banyak menghabiskan waktu di dapur uji Indofood untuk menemukan varian rasa baru produk mie instan. Wanita berhijab yang selalu tampil sederhana ini bukan orang sembarangan, ia adalah lulusan Universitas Padjajaran Bandung.

Baca Juga: WHO Keluarkan Pedoman, Pasien Isolasi Mandiri Wajib Punya Oximeter

Nunuk Nuraini diketahui mengenyam pendidikan di jurusan Teknologi Pangan. Tak heran kalau di tangannya, berhasil tercipta racikan bumbu lezat untuk mie instan yang kini sudah mendunia.

Satu masterpiece dari Nunuk Nuraini adalah bumbu Indomie Goreng. Bumbu ini yang berhasil membuat banyak orang ‘terhipnotis’ dan sulit menolak. Indomie goreng pertama diluncurkan pada tahun 1982.

2. Jabatan Nunuk Nuraini di Indofood

Nunuk Nuraini tercatat sudah lebih dari 30 tahun mengabdikan diri di PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Ia menduduki jabatan sebagai Flavor Development Manager Indofood. Di sini Nunuk bekerja dalam tim yang bertugas menemukan varian rasa baru untuk produk mie instan.

Dalam meracik bumbu, Nunuk lebih suka menggunakan bahan alami dan tradisional. Ia mengandalkan bawang merah, bawang putih dan aneka rempah untuk menemukan rasa baru. Tak jarang Nunuk Nuraini juga menambahkan santan untuk membuat rasanya semakin lezat.

Baca Juga: Kasus Virus Nipah Pernah Dilaporkan Di Negara Asia, RI Bagaimana?

Semua racikan bumbu ini lebih dulu dibuat dalam jumlah sedikit. Kalau rasanya sudah pas, barulah Nunuk mencoba membuatnya dalam porsi banyak sebelum diproduksi secara massal dan dilempar ke pasaran.

3. Sosok yang pemalu

Nunuk Nuraini pertama kali muncul dan dikenal saat ia hadir di acara peluncuran varian Indomie Real Meat di Jakarta pada Maret 2017 silam. Meskipun sudah diperkenalkan kepada publik, Nunuk tak mau banyak berbicara, ia dikenal sebagai orang yang pemalu.

Sosoknya yang sederhana dan pemalu membuat dirinya tetap bungkam saat ditanyai oleh media. Inilah alasannya kenapa tak banyak berita soal Nunuk dan kisahnya saat meracik bumbu mie instan padahal ia terbilang sangat berjasa.

Pemilik akun twitter @Syahbanu yang juga sempat bertemu Nunuk mengatakan wanita ini grogi saat ditanyai berbagai pertanyaan. “Dia enggak pernah diwawancara sama sekali, sehingga grogi. Dia takut salah ngomong soalnya,” kata Syahbanu.

4. Dijuluki pahlawan anak kos oleh Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil jadi salah satu orang yang ikut bangga dan mengapresiasi sosok Nunuk Nuraini. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini bahkan secara khusus pernah membuat unggahan untuk Nunuk Nuraini.

Baca Juga: Inilah Jenis Teh Terlangka Di Dunia

Lewat unggahan instagramnya di tahun 2017 lalu, Kang Emil mengaku baru saja bertatap muka dengan Nunuk Nuraini. Ia juga memberikan julukan ‘Pahlawan bagi anak kost’.

“Coba anak-anak mahasiswa, ucapkan terima kasih dan doa yang baik untuk ibu Nunuk, sosok pahlawan bagi anak-anak kos, terutama jika akhir bulan. Hidup Unpad,” tulis Ridwan Kamil di akun Instagramnya.

5. Meninggal di usia 59 tahun

Nunuk Nuraini dikabarkan meninggal dunia pada Rabu, 27 Januari 2021. Wanita ini menghembuskan napas terakhirnya di usia 59 tahun.

Kabar duka pertama kali disampaikan lewat twitter @lailadimyati yang kemudian disebarluaskan oleh warganet. Kabar ini juga dibenarkan pihak manajemen Indofood.

HR Divisi Mi Instan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Agus Suprapta,  dalam pernyataannya pada Rabu (27/12021) membenarkan Nunuk Nuraini meninggal dunia.

“Ibu Hj Nunuk Nuraini wafat hari ini Rabu, 27 Januari 2021 pukul 14.55 WIB dalam usia 59 Tahun. Beliau bekerja di PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Divisi Mi Instan,” kata Agus Suprapta.

 

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.