Aneka Manfaat Jeruk Nipis, Obat Amandel sampai Hilangkan Bau Badan

Jeruk nipis ternyata punya manfaat agar bau badan tidak menyengat. Caranya siapkan buah jeruk nipis ukuran sedang sebanyak satu buah.

JEDA.ID–Jeruk nipis adalah salah satu tanaman obat yang tumbuh subur di Indonesia. Jeruk nipis memiliki kandungan utama flavonoid sehingga memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan.

Jeruk nipis selama ini banyak digunakan oleh masyarakat sebagai bumbu masakan dan obat-obatan. Pada umumnya jeruk nipis dimanfaatkan sebagai penambah nafsu makan, diare, antipireutik, antiinflamasi, antibakteri dan diet.

Selain itu, ada banyak manfaat dari jeruk nipis. Salah satu keunggulan jeruk nipis adalah memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Inilah mengapa jeruk nipis memiliki manfaat bagi kesehatan yang sangat berlimpah.

Berikut sejumlah manfaat jeruk nipis sebagaimana dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, Jumat (8/11/2019).

Mencerahkan Kulit Wajah

Kandungan senyawa alami yang disebut alpha hydroxy acids atau AHA yang terdapat pada jeruk nipis bnyak banyak manfaat. Kandungan ini akan membantu Anda merawat dan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Sehingga sel kulit mati itu akan tergantikan oleh sel kulit baru yang lebih fresh

Jika sel kulit mati ini hilang tentunya wajah akan terlihat lebih cerah dan putih. Adapun cara pemanfaatannya adalah dengan pengambilan perasan air jeruk nipis. Kemudian oleskan ke wajah dengan bantuan kapas.

Menghilangkan Komedo

Komedo

Ilustrasiu bersihkan komedo (Freepik)

Memanfaatkan jeruk nipis menjadi cara alami atau tradisional yang dapat dibilang ampuh menghilangkan masalah komedo di wajah. Caranya siapkan jeruk nipis setengah bagian kemudian peras dan ambil airnya.

Oleskan perasan air jeruk ini ke seluruh bagian wajah yang ada komedonya tipis merata. Lakukan cara ini ketika hendak tidur dan biarkan sampai tidur. Bilas dengan air ketika anda bangun pagi. Lakukan perawatan ini dengan rutin agar hasilnya bisa maksimal.

Mengobati Amandel

Keluhan amandel pada anak kerap terjadi. Salah satu penyebab yang kerap muncul dalam tingginya konsumsi makanan yang mengandung micin atau MSG. Jeruk nipis bisa bermanfaat untuk mengobati amandel.

Cara pembuatan ramuan alaminya adalah ambil jeruk nipis segar sebanyak 3 buah. Cuci jeruk sampai bersih lalu potong kecil-kecil. Rebus jeruk menggunakan air putih bersih sebanyak dua gelas. Rebus sampai mendidih.

Saring ambil airnya dan gunakan air rebusan ini untuk kumur-kumur menghadap ke atas. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari.

Menghilangkan Jerawat

Jeruk nipis juga bisa membantu menghilangkan jerawat. Caranya adalah dengan membelah satu buah jeruk nipis, lalu gosokkan ke area wajah. Jika masih ada bekas luka, jangan pakai cara ini dulu karena nanti akan terasa sangat perih, gunakan cara alami lainnya untuk menghilangkan jerawat.

Obat Anyang-anyang

Agar jeruk nipis punya manfaat untuk mengobati anyang-anyang, siapkan jeruk nipis sebanyak dua buah. Cuci jeruk hingga bersih dan diperas ambil airnya saja. Berikan air perasan jeruk nipis dengan tambahan gula batu atau gula jawa secukupnya.

Tambahkan pula segelas air panas. Aduk semua bahan sampai rata. Minum ramuan ini sekaligus, lakukan cara ini sekali dalam sehari.

Obat Batuk

Mengolah jeruk nipis menjadi obat batuk dengan cara satu biji dicuci bersih. Ambil airnya saja dengan cara diperas. Campur air perasan ini menggunakan satu sendok madu dan tambahan sedikit garam beryodium.

Aduk semua bahan sampai rata. Saring, minum ramuan ini minimal sehari dua kali.

Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok bisa dikurangi atau bahkan hilang dengan rutin mengonsumsi jeruk nipis. Caranya satu buah jeruk nipis diiris, kemudian isap airnya. Kemudian lanjutkan dengan minum air putih. Lakukan cara ini sampai beberapa percobaan untuk beberapa hari.

Menghilangkan Bau Badan

manfaat jeruk nipis

Ilustrasi bau badan (Freepik)

Bau badan kerap muncul terutama ketika kita banyak beraktivitas. Jeruk nipis ternyata punya manfaat agar bau badan tidak menyengat. Caranya siapkan buah jeruk nipis ukuran sedang sebanyak satu buah.

Potong menjadi dua bagian dan olesi jeruk nipis dengan kapur sirih sedikit saja. Oleskan ke area ketiak setelah mandi. Biarkan kurang lebih menempel lima menit dan bilas bersih, lakukan cara ini setiap pagi dan sore hari.

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis yang bisa dipraktikkan di rumah. Tidak ada salahnya mencoba agar tubuh kian sehat.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.