Tutup Iklan

Tenggat Waktu Bikin Stres? Atasi dengan 5 Cara Ini

Tenggat waktu justru sangat membantu dalam mengatur waktu dengan baik dan juga membantu Anda mencapai tujuan.

JEDA.ID-Dalam dunia kerja, deadline atau tenggat waktu sudah menjadi hal yang biasa. Para pekerja atau karyawan dituntut untuk dapat bekerja memenuhi tenggat waktu.

Akibatnya, tidak sedikit para pekerja yang mengalami stres akibat tenggat waktu yang semakin dekat, tetapi pekerjaan terus menumpuk.

Walau dapat menyebabkan stres, adanya tenggat waktu justru sangat membantu dalam mengatur waktu dengan baik dan juga membantu Anda mencapai tujuan. Tidak hanya itu, bagi tim, adanya tenggat waktu dapat menjadi motivasi agar lebih produktif dan mampu mendorong satu sama lain agar tugas segera terselesaikan.

Namun, tidak semua orang dapat mengatur waktu yang mereka punya dengan baik, sehingga menyebabkan mereka stres dengan adanya deadline.

Setelah Vaksin Corona Disuntikkan, Ini yang Terjadi pada Tubuh

Untuk itu, ada baiknya Anda membuat strategi agar deadline tidak menjadi hal yang menakutkan. Melansir dari Wolipop dan berbagai sumber, Senin (16/11/2020), berikut ini cara-cara yang dapat Anda terapkan saat menghadapi deadline.

Membuat Dafter Prioritas

Penyebab paling umum yang membuat seseorang tidak berhasil mengejar deadline adalah kurangnya perencanaan. Buatlah sebuah daftar prioritas beserta waktu deadlinenya sebelum Anda mengerjakan tugas-tugas.

Anda dapat mengerjakan pekerjaan yang memiliki deadline jangka pendek. Cara ini dapat membantu Anda untuk mengatur waktu dengan baik, sehingga deadline tidak menjadi mimpi buruk.

Fokus pada Satu Tugas

Langkah selanjutnya setelah membuat daftar ptioritas adalah fokus mengerjakan pada satu tugas. Tugas-tugas yang menumpuk dan deadline yang semakin dekat dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi.

Mitos Seputar Makan Ini Masih Dipercaya Banyak Orang

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat fokus mengerjakan pada satu pekerjaan terlebih dahulu.

Istirahat Sejenak

Meski deadline semakin dekat dan tugas-tugas yang semakin menumpuk, Anda harus tetap meluangkan waktu setidaknya lima menit untuk istirahat menenangkan diri. Anda dapat melakukan meditasi ringan dengan mengatur napas dan melemaskan tubuh serta pikiran atau berjalan-jalan di sekitar kantor.. Jika dirasa sudah cukup, Anda dapat melanjutkan kembali pekerjaan sebelumnya.

Jangan Menunda Pekerjaan

Pekerjaan atau tugas-tugas tidak akan selesai jika Anda hanya menunda terus-menerus. Pekerjaan yang tertunda dan menumpuk dapat membuat Anda menjadi stres di kemudian hari.

Kurangi melakukan kegiatan yang dapat menunda pekerjaan dan segera selesaikan pekerjaan tersebut. Meski deadlinenya masih lama, Anda dapat mencicilnya sedikit demi sedikit agar dapat selesai tepat waktu.

Membuat Komitmen

Berkomitmen pada diri sendiri menjadi salah satu kunci sukses Anda bekerja. Semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan cepat jika Anda berkomitmen pada diri sendiri untuk menyelesainnya tepat waktu.

Berkoitmen juga dapat membuat fokus dalam mengerjakan pekerjaan Anda meningkat.

Ditulis oleh : Jovita Citra

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.