Tutup Iklan

Mitos Seputar Makan Ini Masih Dipercaya Banyak Orang

Tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan kebenaran mitos-mitos ini, namanya juga cuma mitos ya!

JEDA.ID-Ada banyak mitos seputar makan beredar. Mitos seputar makan itu kadang justru menyesatkan dan berujung merugikan diri kita sendiri.

Pernah dengar ungkapan ‘makan nanas bikin keguguran’ atau ‘makan ikan bikin bayi bau amis’? Mitos ini masih banyak dipercaya di Indonesia dan ibu hamil cenderung menghindari beberapa makanan yang diklaim menyebabkan bayi lahir tak normal.

Padahal sebagian besar pantangan makan ini hanyalah mitos belaka. Tidak ada hasil penelitian yang berhasil membuktikannya, para dokter pun membantah mitos ini dan menganjurkan bumil untuk makan segala jenis makanan yang tinggi nutrisi.

11 Hal Tidak Diharapkan Pria dari Pasangannya

Tips kesehatan kali ini membahas mitos seputar makan yang beredar di kalangan masyarakat. Berikut beberapa mitos seputar makan yang nyeleneh tapi masih banyak dipercaya seperti dikutip dari detikcom, Selasa (17/11/2020):

1. Makan pedas bikin bayi botak

Rambut bayi dipengaruhi oleh gen dari orangtua. Lebat atau tipis serta karakter rambut bayi ditentukan oleh rambut orangtua yang kemudian diturunkan kepada anaknya.

Cabai, sambal dan makanan pedas kerap disalahkan ketika bayi lahir dengan rambut tipis. Padahal hal ini sama sekali tidak ada kaitannya.

Ibu hamil dianjurkan untuk membatasi asupan makanan pedas karena dikhawatirkan akan mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan diare. Jadi larangan makan pedas tidak berkaitan dengan kondisi rambut bayi.

2. Makan ikan bikin bayi bau amis

Beberapa ibu hamil memilih untuk menghindari konsumsi ikan karena khawatir bayi yang lahir akan bau amis. Ungkapan ini hanyalah mitos belaka karena ikan sama sekali tak berpengaruh pada kondisi bayi.

5 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bayi yang lahir dengan bau amis terbilang normal karena bayi lahir bersama air ketuban yang baunya memang kurang sedap. Ikan justru sangat dianjurkan bagi ibu hamil karena mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin.

3. Ngidam tak dituruti bikin bayi ngiler

Mengidam dianggap sebagai salah satu hal yang kerap terjadi selama masa kehamilan. Ada anggapan kalau ngidam tidak dituruti maka akan membuat bayi kerap ngiler atau mengeces.

Padahal bayi yang ngiler disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya karena akan tumbuh gigi. Jadi agar nutrisi terjaga selama masa kehamilan, cobalah mengonsumsi banyak makanan tanpa pilih-pilih.

4. Makan nanas bikin keguguran

Ibu hamil yang sering minum es tidak memberikan pengaruh pada ukuran bayi. Tapi yang dikhawatirkan adalah konsumsi terlalu banyak minuman dingin yang manis.

Makanan dan minuman manis dalam porsi besar akan memicu kenaikan berat badan ibu dan bayi selama masa kehamilan. Jadi kontrol asupan makanan dan minuman manis agar bayi dan ibu tetap terjaga kesehatannya.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.