• Sun, 23 January 2022

Breaking News :

Ternyata Begini Awal Mula Mitos Jumat Tanggal 13 yang Dianggap Sial!

Di bawah ini terdapat cerita mengenai awal mula mitos Jumat tanggal 13 yang dianggap penuh kesialan dan kutukan bermula.

JEDA.ID — Pada bulan Agustus 2021, tanggal 13 jatuh pada hari Jumat.

Seperti diketahui, tanggal 13 di hari Jumat kerap dikaitkan dengan kesialan dan kutukan. Dan ternyata kepercayaan ini sudah ada sejak abad ke-12 hlo.

Baca Juga: Apakah Ivermectin Memang Efektif untuk Obat Covid-19?

Mengutip dari Suara.com, kepercayaan ini bermula dari peristiwa Perjamuan Terakhir Yesus yang hanya dihadiri 13 orang dan semuanya meninggal dunia.

Bukan hanya itu saja, berbagai peristiwa buruk pernah terjadi di tanggal yang dianggap penuh kutukan dan kesialan ini. Seperti pembunuhan, kecelakaan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ada Mitos Soal Larangan Menikah di Bulan Suro, Ini Menurut Islam!

Dan hal ini memimbulkan ketakutan yang luar biasa di Amerika Serikat mengenai mitos tanggal 13 di hari Jumat hingga menimbulkan fobia bernama paraskavedekatriaphobia.

Dampak akan ketakutan pada angka 13 ini pun menyebabkan sebagian besar bangunan, seperti gedung, hotel, atau rumah sakit di dunia tidak memiliki lantai 13.

Baca Juga: Masih Ngekel, Apa sih Penyebab Batuk Pasca Sembuh Covid-19?

Thomas Fernsler, profesor di Universitas Delaware, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa ketakutan angka 13 juga muncul dari angka 12 yang dianggap sebagai “angka yang lebih aman” karena angka 12 merujuk pada sesuatu yang terlihat lebih lengkap dan normal, seperti 12 bulan, 12 rasul, dan 12 zodiak.

Tanggal 13 di hari Jumat Menurut Islam?

Seperti dikabarkan dalam situs Muslim.or.id, kepercayaan angka 13 yang dikaitkan dengan kutukan dan kesialan tidak dibenarkan dalam Islam.

Hal tersebut hanya takhayul yang tak dibenarkan. Bahkan menurut pendapat Abdullah bin Mas’ud, percaya mengenai kesialan adalah bentuk perbuatan syirik. Percaya akan kesialan disebut pula dengan thiyarah.

Baca Juga: Keturunan Keluarga Ningrat, Ini Dia Profil Mooryati Soedibyo

Rasulullah pernah bersabda, yang artinya, “Tidak ada penyakit menular dengan sendirinya dan tidak ada anggapan sial.”

Dalam Al-Qur’an dikisahkan Fir’aun menganggap sial karena adanya Nabi Musa. Akan tetapi, dibantah bahwa kesialan atau ketetapan buruk adalah merupakan takdir Allah.

Baca Juga: Materi dan Contoh Soal CPNS 2021 Pdf Beserta Link Downloadnya

Kemudian apabila datang kepada mereka kemakmuran, mereka berkata: ‘Itu adalah karena (usaha) kami”. Dan jika mereka ditimpa kesusahan, mereka lemparkan sebab kesialan itu kepada Musa dan orang-orang yang besertanya. Ketahuilah, sesungguhnya kesialan mereka itu adalah ketetapan dari Allah, akan tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui,” (QS Al A’raf ayat 131).

Setelah membaca informasi di atas, kamu sendiri percaya tidak dengan mitos tanggal 13 di hari Jumat penuh kesialan dan kutukan?

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.