5 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebelum mengonsumsi obat-obatan, tak ada salahnya mencoba cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

JEDA.ID-Tekanan darah tinggi merupakan kondisi berbahaya yang dapat mempengaruhi kesehatan, salah satunya merusak jantung. Jika dibiarkan tidak terkontrol, tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menurunkannya. Nah sebelum Anda mencoba obat-obatan, sebaiknya gunakan terlebih dahulu cara  alami. Cara alami tentu lebih aman dan dampak negatif ke tubuh lebih sedikit.

Tips kesehatan kali ini membahas cara alami menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Hipertensi merupakan kondisi seseorang memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dari batas normal. Umumnya, orang dewasa dengan kondisi tubuh sehat memiliki tekanan darah normal 120/80 mmHg. Penyebab terjadinya tekanan darah tinggi dapat dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat dan obesitas.

Dikutip dari Medical News Today dan detikcom, Senin (16/11/2020), berikut cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

1. Konsumsi cokelat hitam

Cokelat hitam dan bubuk kakao mengandung flavonoid, yaitu senyawa tumbuhan yang membantu mengendurkan pembuluh darah. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, gunakan bubuk kakao non-alkali yang sangat tinggi flavonoid dan tidak mengandung gula tambahan.

Rambut Beruban di Usia Muda? Ini 6 Faktor Penyebabnya

2. Olahraga teratur

Olahraga adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk menurunkan hipertensi. Olahraga yang teratur membuat jantung lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah, yang dapat menurunkan tekanan di arteri. Berjalan selama 30 menit sehari juga dapat membantu menurunkan hipertensi.

3. Kurangi minum alkohol

Minum alkohol dapat meningkatkan risiko terkena hipertensi. Faktanya, alkohol dikaitkan dengan penyebab 16% kasus hipertensi di seluruh dunia.

Deretan Situs Nonton Legal yang Bisa Dicoba, Cocok Buat Weekend

Minum alkohol dalam jumlah berapa pun bisa meningkatkan risiko terkena hipertensi ini. Batasi minum alkohol dengan jumlah yang sesuai dengan aturan.

4. Mengelola stres

Stres adalah pendorong utama terjadinya hipertensi  ini. Saat mengalami stres kronis, tubuh selalu berada dalam mode pertarungan atau lari.

Pada tingkat fisik, itu berarti detak jantung lebih cepat dan pembuluh darah menyempit. Beberapa cara yang dapat membantu mengelola stres di antaranya mendengarkan musik, meditasi, dan bekerja tidak berlebihan.

5. Konsumsi buah beri

Buah beri memiliki kandungan polifenol, senyawa tumbuhan alami yang baik untuk jantung. Polifenol dapat membantu menurunkan hipertensi dan semua risiko penyakit jantung.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.