Tutup Iklan

Rambut Beruban di Usia Muda? Ini 6 Faktor Penyebabnya

Mengapa bisa terjadi rambut beruban di usia muda? Apakah stres merupakan salah satu pemicu rambut beruban di usia muda?

JEDA.ID-Rambut beruban di usia muda bisa saja terjadi. Penyebab rambut uban di usia muda sangat beragam.

Memang sih pada umumnya rambut beruban terjadi  di usia tua. Hal ini merupakan hal wajar. Penyebabnya semakin tua umur seseorang, semakin menurun pula produksi pigmen pada rambut sehingga menyebabkan rambut menjadi putih.

Namun bagaimana jika rambut beruban ini terjadi saat usia masih muda? Tips kesehatan kali ini membahas faktor pemicu rambut beruban di usia muda. Melansir dari detikcom, Jumat (13/11/2020), ada beberapa penyebab munculnya uban di usia muda.

1. Genetika

Salah satu faktor yang berperan sangat penting dalam munculnya uban adalah faktor genetika. Jika orang tua atau kerabat memiliki uban di usia muda, maka lebih besar kemungkinan rambut kamu memutih di usia muda.

Bali Jadi Destinasi Paling Romantis di Asia, Setuju?

Jika penyebabnya karena faktor genetik, maka kamu tidak bisa mencegah atau menghindarinya.

2. Kekurangan Vitamin B12

Salah satu penyebab yang paling umum timbulnya uban di usia muda adalah akibat kekurangan vitamin B12. Ini di ungkapkan oleh para ilmuwan dari Departmen Dermatologi, Hairline International Hair Clinic, di Bengaluru, Karnataka, India.

Vitamin B12 terdapat pada telur, daging merah, ikan tuna dan salmon. Untuk itu sebaiknya, cukupi kebutuhan vitamin B12 setiap hari.

3. Masalah Tiroid

Jika rambut sudah muncul uban di usia muda, serta rambut menjadi berminyak dan rapuh, maka kemungkinan terjadi gangguan pada tiroid. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism.

4. Banyak Mengonsumsi Junkfood

Junkfood atau makanan cepat saji umumnya berkalori tinggi tetapi rendah akan nutrisi. Junkfood yang ada di pasaran, umumnya mengandung garam, gula, lemak trans dan karbohidrat yang tinggi.

7 Usaha Kuliner Bisa Jadi Cuan untuk Pemula, Mau Coba?

Jika terlalu banyak mengonsumsi junkfood dapat meningkatkan munculnya uban lebih cepat. Hal ini dikarenakan saat memakan lebih banyak junkfood maka tubuh akan kekurangan kalsium, vitamin D3, zinc dan zat besi, yang kemudian akan memicu tumbuhnya uban.

5. Stres

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menunjukkan bahwa stres dan munculnya uban lebih cepat sangat berkaitan. Pasalnya ketika stres, stem cell, yaitu induk sel yang bertanggungjawab dalam regenerasi sel, akan ikut terganggu dan menyebabkan munculnya uban lebih cepat.

6. Terlalu Banyak Menggunakan Produk Penata Rambut

Penyebab munculnya uban lebih cepat yang terakhir adalah akibat pemakaian produk penataan rambut, seperti hairspray, wax, gel atau pun pewarna rambut. Tidak hanya itu, pemakaian catokan dan hairdryer setiap hari juga dapat memicu timbulnya uban.

Penggunaan produk penataan rambut secara berlebihan dapat mengakibatkan rambut menjadi rusak dan menurunkan tingkat melanin, sehingga membuat rambut kehilangan warna aslinya.

Ditulis oleh : Jovita Citra

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.