7 Usaha Kuliner Bisa Jadi Cuan untuk Pemula, Mau Coba?

Di masa pandemi seperti sekarang ini, usaha kuliner bisa jadi pilihan berbisnis. Usaha kuliner bisa jadi cuan asalkan digarap dengan serius.

JEDA.ID-Usaha kuliner yang menjanjikan bisa dilakukan asalkan benar-benar dipersiapkan dengan baik. Usaha kuliner apa saja yang bisa dijalankan terutama untuk pemula?

Memulai usaha kuliner memang tidak mudah. Akan tetapi sebagai pemula bisa mencobanya mulai dengan modal terkecil. Usaha kuliner kini semakin digemari banyak orang. Ada usaha rumahan yang dapat dikerjakan oleh ibu rumah tangga ataupun untuk Anda yang memang ingin menjadi wirausaha.

Berbagai macam pilihan makanan bisa disesuaikan dengan kemampuan. Anda bisa membuatnya sendiri ataupun memasarkan jualan orang lain dengan mendapatkan bagi hasil. Tips keuangan kali ini membahas sejumlah ide usaha kuliner bagi pemula, mau coba?

Seberapa Berbahaya Mutasi Corona dari Cerpelai?

Berikut bisa menjadi ide usaha kuliner menjanjikan yang dapat dicoba seperti dikutip dari detikcom, Jumat (13/11/2020):

1. Frozen Food

Frozen food atau makanan beku bisa menjadi salah satu usaha kuliner rumahan yang menjanjikan. Berbekal melihat resep melalui YouTube atau social media, Anda dapat mencoba makanan yang banyak diminati.

Ada banyak pilihan frozen food salah satunya adalah nugget, bakso, egg roll hingga dimsum. Ada juga aneka dessert yang bisa dijual dalam keadaan beku seperti dessert box ataupun donat yang sudah digoreng setengah matang.

Menjual makanan frozen food dinilai lebih mudah, terutama bagi Anda yang ingin menjalankan usaha sampingan. Karena frozen food dapat dibuat pada akhir pekan dan disimpan dalam freezer sehingga dapat bertahan hingga beberapa minggu.

2. Gorengan

Usaha kuliner yang menjanjikan dengan modal kecil adalah gorengan. Gorengan menjadi salah satu camilan yang sangat disukai masyarakat Indonesia karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah.

Ada banyak jenis gorengan yang bisa dijual seperti bakwan, pisang goreng, cireng, combro, tahu isi, mendoan hingga risoles.

Jika berniat menjual gorengan sebaiknya jual lebih dari tiga jenis agar pembeli dapat memilih dan membeli sesuai dengan pilihan yang mereka suka.

3. Martabak Mini

Martabak mini bisa menjadi peluang usaha kuliner yang menjanjikan. Jika ingin menjual martabak mini Anda bisa membuat gerobak yang berukuran sedang. Martabak mini sangat pas dijual di area pasar atau tempat-tempat yang ramai.

Yuk! Kenali Tanda-Tanda Nomor WhatsApp Diblokir

Martabak mini biasanya dijual pada pagi hari. Ukurannya yang tidak besar umumnya dibandrol dengan harga Rp 5.000. Harganya yang terjangkau membuat martabak mini banyak dibeli untuk dijadikan sarapan teman minum teh ataupun kopi.

Agar usaha martabak mini dapat terus diminati, Anda harus menjual beberapa variasi topping. Bisa dengan rasa gula polos, cokelat susu, cokelat kacang, cokelat keju hingga keju susu.

4. Mie Ayam

Mie ayam menjadi salah satu makanan yang paling diminati selain bakso. Jika Anda memiliki modal usaha yang cukup besar untuk menyewa tempat dan membuat gerobak, bisa membuat usaha mie ayam di tempat strategis.

Akan tetapi jika belum memiliki modal yang besar, Anda bisa menjualnya secara online dengan membuka sistem pre order. Mie ayam yang dijual secara online bisa dikemas terpisah. Isiannya berupa mie yang masih mentah, bakso, ayam berbumbu kecap hingga aneka kerupuk pangsit dan pelengkap yang dikemas secara terpisah agar tak mudah basi.

5. Camilan Ringan

Untuk kamu yang menyukai sensasi rasa pedas dan gurih bisa memanfaatkan peluang bisnis kuliner ini. Camilan ringan seperti keripik pedas, basreng, lidi-lidian hingga bagelen.

Trauma Masa Kecil Mengganggu? Ini Tips Keluar dari Bayang-Bayang Masa Lalu

Belilah camilan ini dalam jumlah banyak kemudian dikemas sendiri dan diberi label jualan kamu. Camilan yang kering tidak hanya bisa bertahan lama sehingga lebih mudah dijual langsung ataupun secara online.

6. Kue

Bagi Anda yang suka baking, mungkin bisa memulai usaha kuliner yang menjanjikan dengan berjualan kue. Kue yang dipilih pun beragam tergantung selera Anda bisa menjual aneka kue basah seperti kue kukus, kue apem, kue bolu, kue lapis hingga brownies dan juga banana cake.

Pemasaran kue bisa dilakukan secara offline ataupun online. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Grab ataupun Gojek Food untuk mengantarkan kue pesanan pelanggan.

7. Minuman Kekinian

Minuman kekinian yang bisa dijadikan sebagai usaha kuliner yang menjanjikan. Salah satu pilihan minumannya adalah Thai tea, cereal milk, kopi susu, jamu hingga susu kurma. Selain itu Anda juga bisa menjual minuman kesehatan yang terbuat dari bunga misalnya saja es bunga telang yang dibuat dengan mencampurkan bunga telang, serai dan juga jeruk nipis.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.