Gangguan Mental Bisa Dipicu oleh Overthinking, Ini 8 Cara Mengatasinya

Apakah Anda termasuk orang yang overthinking alias memikirkan segala sesuatu secara berlebihan? Hal ini bisa berdampak stres bahkan gangguan mental.

JEDA.ID – Apakah Anda termasuk orang yang overthinking alias memikirkan segala sesuatu secara berlebihan?

Di satu sisi, overthinking mungkin baik karena Anda bisa mengantisipasi segala kemungkinan. Namun, di sisi lain, perilaku itu dapat merugikan karena menjadi pemicu stres bahkan gangguan kesehatan mental. Lantas, bagaimana  cara mengatasi overthinking?

Tak hanya memicu stress, overthinking terkadang memicu rasa khawatir. Akibatnya, otak sering sekali dibuat pusing dengan prediksi negatif tentang hal yang belum tentu terjadi. Merugikan bukan?
Mengapa overthinking merugikan?

Overthinking tentu merugikan karena bisa membuang-buang waktu Anda. Bukan hanya waktu, energi Anda juga terkuras dan hal ini juga mencegah Anda untuk melakukan banyak hal. Terlalu banyak memikirkan satu hal juga dapat membuat Anda terlalu khawatir.

Pada akhirnya, overthinking dapat menyebabkan Anda mengalami kecemasan dan kehilangan kedamaian dalam diri Anda.

Otak dan pikiran hanya akan dihantui dengan perasaan benar atau tidak yang sudah atau akan Anda lakukan. Bukannya memikirkan solusi atau pilihan apa yang terbaik untuk Anda. Anda hanya akan terjebak dalam pikiran dan ini akan membatasi Anda berbuat sesuatu.

Bagi Anda yang sering merasakan overthinking, cobalah lakukan 5 cara ini untuk atasi overthinking seperti dilansir dari Detik.com Sabtu, (8/8/2020) dan sumber lain.

Fitur Baru Instagram Ini Mirip TikTok, Begini Cara Pakai Reels

1. Tulis sesuatu yang sedang Anda pikirkan

Anda bisa mencoba untuk menuliskan segala sesuatu yang ada di pikiran Anda ke dalam secarik kertas. Ini akan banyak membantu Anda dan meringankan beban pikiran Anda. Dengan menulis masalah Anda atau langkah apa yang akan Anda ambil, siapa tahu Anda akan menemukan solusi atau pilihan yang Anda akan ambil. Menulis setiap pikiran Anda sebelum Anda tidur mungkin adalah ide yang baik. Hal ini juga dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

2. Perhatikan Cara Berpikir

Hal pertama yang perlu dilakukan saat overthinking datang adalah dengan berhenti berpikir berlebihan. Mulailah dengan perhatikan cara Anda berpikir dan cobalah untuk mengontrol pikiran. Saat mulai memikirkan banyak hal atau mengkhawatirkan hal yang negatif, Anda perlu mengakui bahwa hal tersebut tidaklah baik dan hanya membuang waktu saja.

3. Fokus pada Solusi

Ketika overthinking, otak seringkali dilibatkan dengan permasalahan yang tak berujung. Hal ini tentu tidak akan membuat overthinking hilang. Untuk itu, perlu dicari jalan keluar dari permasalahan tersebut, yakni dengan bertanya kepada diri sendiri. Selain itu, hindari menyalahkan diri sendiri dengan bertanya-tanya ‘kenapa ini bisa terjadi?’ atau ‘apa salah saya?’, dan mulailah mencari solusi.

4. Introspeksi Diri

Meluangkan waktu untuk introspeksi atau refleksi singkat dapat membantu Anda menghilangkan overthinking. Anda bisa kenali potensi diri sendiri dan pikirkan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan agar bisa melakukan hal yang lebih baik lagi nantinya.

5. Latih Pikiran

Saat overthinking datang, ada masanya Anda perlu melatih pikiran untuk bersikap masa bodoh atau tak peduli terhadap pikiran-pikiran negatif. Pasalnya, Anda tidak bisa berpikir terus-menerus terhadap hal yang belum terjadi yang menimbulkan ketakutan dan kekhawatiran. Akibatnya, aktivitas sehari-hari Anda malah bisa jadi terganggu dan tidak produktif gara-gara overthinking.

Lidah Buaya, Tanaman dengan Segudang Manfaat Bagi Kecantikan Kulit

6. Berpasrah Diri

Apa pun yang sedang Anda alami atau kerjakan, lakukanlah semaksimal mungkin. Yakinlah, apapun hasilnya, itu adalah yang terbaik dan sudah sesuai dengan batas kemampuan Anda.

7. Meditasi

Meditasi terbukti menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi overthinking. Supaya manfaatnya benar-benar optimal, lakukan meditasi di tempat yang gelap dan tenang. Atur napas dengan baik, dan usahakan untuk membuat tubuh serta pikiran tetap rileks.

8. Cari Kegiatan Lain

Jika menyuruh diri sendiri untuk berhenti overthinking terasa sulit atau bahkan menjadi boomerang, Anda bisa coba cari kegiatan lain. Ada sebagian orang yang malah semakin kepikiran jika dipaksa berhenti untuk memikirkan sesuatu. Cobalah sibukan diri Anda dengan aktivitas lain seperti olahraga, mendengarkan musik, nonton film, memasak, dan lainnya.

Ditulis oleh : Kristina Wulandari

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.