Lidah Buaya, Tanaman dengan Segudang Manfaat Bagi Kecantikan Kulit

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan.

JEDA.ID— Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan.

Ada dua bagian lidah buaya yang biasanya dimanfaatkan orang untuk mendapatkan khasiatnya, yaitu gel dan lateks. Gel lidah buaya yang berwarna bening dengan tekstur seperti jeli ini bisa ditemukan dari sel-sel yang berada di bagian tengah kulit lidah buaya. Gel ini sering diolah menjadi salep, losion atau krim untuk digunakan sebagai obat.

Sedangkan lateks bisa diperoleh dari sel-sel yang tepat berada di bawah lapisan kulit lidah buaya. Biasanya lateks diolah menjadi zat-zat kering seperti suplemen. Selain sebagai obat-obatan, para wanita juga sering memanfaatkan lidah buaya untuk merawat kesehatan rambut dan kulit dengan memanfaatkan gelnya.

Gel yang terkandung pada lidah buaya dipercaya bermanfaat bagi kesehatan rambut dengan cara dioleskan pada rambut. Banyak produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahannya. Tetapi perlu ketahui bahwa lidah buaya memiliki banyak manfaat yang lain untuk kecantikan.

Berikut beberapa manfaat lidah buaya bagi kecantikan dilansir oleh sehatq.com dan berbagai sumber lain, Jumat (7/8/2020).

Ingin BAB Lancar? Cobalah 6 Minuman Sehat dan Alami Ini

1. Mengobati jerawat

Kandungan antiinflamasi yang terdapat pada lidah buaya sangat baik untuk mengatasi masalah jerawat yang sedang meradang. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Ladies bisa mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang sedang berjerawat , sebanyak tiga kali sehari menggunakan cotton bud.

2. Melembapkan kulit

Gel lidah buaya mampu diserap dengan mudah oleh kulit, sehingga baik untuk kulit yang berminyak. Bagi kalian yang memiliki kulit kering, gunakan lidah buaya sebagai pelembap, setelah mandi.

3. Mencegah keriput

Pada sebuah penelitian menyebutkan bahwa gel lidah buaya dapat membantu memperlambat penuaan kulit. Pada penelitian tersebut terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen serta elastisitas kulit.

4. Mengatasi iritasi kulit

Kandungan asam lemak dan enzim bradikinin pada lidah buaya, dapat membantu melembapkan kulit akibat penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan rosacea yang bisa membuat kulit menjadi kering dan teriritasi.

Potensi Virus Corona Ada di Restoran, Hindari dengan Cara Ini

5. Krim cukur alami

Manfaat lain dari Aloe vera ternyata bisa dijadikan sebagai krim cukur alami. Karena tanaman ini memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk kulit.

6. Pembersih make up alami

Tekstur lidah buaya yang lembut dan konsistensinya serupa gel, dapat digunakan sebagai pembersih make up alami. Caranya dengan menggunakan bagian daging lidah buaya dan bersihkan, lalu haluskan. Dengan menggunakan handuk yang berbahan lembut, oleskan gel lidah buaya ke wajah untuk membersihkan sekaligus melembabkan kulit.

Ditulis oleh : Harwin Mega Olivia

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.