Ingin BAB Lancar? Cobalah 6 Minuman Sehat dan Alami Ini

Untuk mengatasi BAB tidak lancar, sebagian orang biasanya akan mengkonsumsi obat-obatan. Namun ada baiknya mencoba bahan-bahan alami untuk memperlancar BAB.

JEDA.ID-Buang air besar (BAB) yang lancar dan rutin menjadi salah satu tanda sistem pencernaan yang sehat. Saat buang air besar terasa sulit, itu akan membuat perut tidak nyaman bahkan sakit.

Bicara soal feses, memang tidak nyaman. Namun kita harus memerhatikan feses kita. Kotoran ini bisa dikatakan sebagai sisa dari makanan yang tak dapat dicerna lagi, bakteri, dan zat lainnya yang memang tidak dibutuhkan di dalam tubuh. Meski demikian, feses sendiri bisa berbicara mengenai kondisi tubuh mu saat ini.

Jika feses yang dihasilkan dari tubuh Anda masih terbilang normal, seperti tidak sakit ketika mengeluarkannya, berwarna kecoklatan, dan tidak mengeluarkan darah, kamu tidak perlu mencemaskannya. Lain halnya jika feses yang dikeluarkan memiliki ciri sebagai berikut :

1. Sering buang air besar (bisa lebih dari tiga kali dalam sehari)
2. Jarang buang air besar (kurang dari tiga kali dalam seminggu)
3. Jumlah feses yang dikeluarkan berlebihan
3. Feses berwarna kemerahan, hitam, hijau, kuning, atau putih
4. Feses terlihat berlemak
5. Rasa sakit ketika buang air besar
6. Terdapat darah pada feses
7. Feses berair (diare)
8. Sangat keras, sehingga begitu sakit saat mengeluarkannya.

Jika mengalami BAB tidak normal, segera cari tahu penyebabnya. Berikut penyebab feses tak normal yang perlu Anda ketahui :

1. Stres

Kondisi pencernaan dapat dipicu atau diperburuk oleh stres. Biasanya, orang tersebut mengalami irritable bowel syndrome (IBS) atau kumpulan gejala akibat iritasi pada saluran pencernaan. Pada beberapa kejadian, orang yang mengalami stres dapat ditandakan dengan diare dan sembelit.

Perbanyak makan buah dan sayur untuk memperlancar BAB. (Ilustrasi/Freepik)

Perbanyak makan buah dan sayur untuk memperlancar BAB. (Ilustrasi/Freepik)

2. Dehidrasi

Kurangnya minum air dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti sembelit. Hal ini dikarenakan tinja membutuhkan kelembapan untuk bergerak melalui saluran pencernaan. Terlalu banyak konsumsi kafein dan alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi.

3. Kurang serat

Serat sangat berperan untuk membantu tinja bergerak dengan lancar melalui saluran pencernaan. Diet yang rendah serat, buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan juga bisa menyebabkan masalah usus.

4. Alergi

Orang-orang yang memiliki alergi pada makanan tertentu seringkali mengalami diare dan sembelit. Misalnya, seseorang yang alergi dengan laktosa akan sering mengalami diare jika mereka mengkonsumsi kandungan susu.

5. Kondisi medis

Kondisi tertentu dapat menyebabkan sembelit, diare, atau kelainan kotoran lainnya. Faktor ini terjadi karena depresi, kanker, tiroid, dan radang usus.

Pilih Investasi Emas Batangan atau Perhiasan, Untung Mana?

Untuk mengatasinya, sebagian orang biasanya akan mengkonsumsi obat-obatan. Tetapi, jika terlalu banyak bisa menyebabkan ketergantungan dan tak jarang menimbulkan efek samping.

Selain obat, berikut ini beberapa racikan minuman segar dan enak yang efektif melancarkan buang air besar yang dikutip dari Stylecraze.com dan ditulis detikcom, Jumat (7/8/2020). Apa saja ya?

1. Jus apel

Buah apel mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh. Selain itu, kandungan serat yang ada di dalamnya juga sangat tinggi. Untuk memperlancar buang air besar, bisa tambahkan sedikit jintan manis yang bisa mengatasi sembelit.

2. Jus jeruk

Jus yang familiar satu ini memang paling segar jika diminum dengan tambahan es. Selain mengandung vitamin C yang tinggi dan mineral, jus jeruk juga ternyata bisa membantu memudahkan proses buang air besar. Bisa tambahkan sedikit garam saat membuat jus jeruknya ya.

3. Jus pir

Ternyata jus buah pir juga bisa memperlancar buang air besar kamu lho. Caranya, haluskan potongan buah pir dan air perasan jeruk nipis. Kombinasi tersebut sangat pas untuk mengatasi sembelit Anda.

4. Jus anggur dan jahe

Buah anggur mengandung air dan serat yang tinggi, jadi sangat baik untuk melancarkan pencernaan kamu. Selain itu, anggur ini juga mengandung sorbitol atau alkohol gula yang bisa menahan lebih banyak air, sehingga memudahkan kamu saat buang air besar.

Tentang Incest, Hubungan Sedarah dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Untuk membuatnya, haluskan anggur dan jahe parut secukupnya. Tambahkan air, dan blender sampai halus. Setelah jadi harus segera diminum.

5. Jus ceri dan jeruk nipis

Ceri adalah salah satu buah yang mengandung polifenol, air, dan serat yang membuat buah ini sangat baik untuk memudahkan proses buang air besar. Caranya, cuci bersih ceri dan buang bijinya. Kemudian, haluskan bersama air dan perasan jeruk nipis secukupnya.

6. Air lemon hangat

Kali ini bukan termasuk jus, tetapi masih sangat berkhasiat untuk sistem pencernaan. Ternyata air lemon hangat juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan kamu. Saat akan meminumnya Anda bisa tambahkan madu.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.