Mengenal Emotional Eating, Saat Makan Jadi Pelampiasan

Jika kamu melampiaskan kesedihan atau kemarahan dengan makan bisa jadi kamu  mengalami emotional eating. Jangan dibiarkan emotional eating karena bisa bikin kegemukan.

JEDA.ID-Jika kamu melampiaskan kesedihan atau kemarahan dengan makan bisa jadi kamu  mengalami emotional eating. Jangan dibiarkan emotional eating karena bisa bikin kegemukan.

Dikutip dari The Sun, Rabu (14/10/2020), seorang ahli gizi, Jane Clarke mengungkapkan bahwa kebanyakan orang akan lebih memilih makanan yang kurang sehat ketika sedang sedih, marah atau stres. Jane juga membagikan beberapa tips menahan kebiasaan emotional eating dan mengubahnya menjadi kebiasaan makan sehat.

1. Perhatikan Camilan

Camilan sebenarnya sangat penting, tetapi tetap perhatikan camilan sehat dan porsinya. Camilan sehat pun juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, harus sesuai kebutuhan tubuh.

Rencana Suntik Vaksin Covid-19 Desember, RI Dinilai Terburu-Buru

Selain itu, Jane juga menyarankan untuk menambahkan sedikit protein ketika makan makanan manis. Hal ini untuk mengurangi kadar gula yang masuk ke tubuh secara berlebihan. Misalnya, dengan menambahkan sedikit kacang ketika makan buah kering manis, atau apel dengan yoghurt full-fat sebagai camilan ideal yang akan membantu kenyang lebih lama.

2. Catat Asupan Harian

Ternyata mencatat asupan harian juga sangat dianjurkan. Hal ini akan mempermudahmu mengetahui apakah rasa lapar yang kamu rasakan merupakan lapar fisik atau hanya karena emosional.

Ia juga menambahkan jika kamu sudah makan dan perutmu tidak keroncongan, maka kamu dapat memikirkan kembali keputusanmu untuk makan yang tidak perlu.

Ide Cemerlang Muncul Saat di Kamar Mandi, Ini Penyebabnya

3. Tidak Minum Alkohol Saat Perut Kosong

Minum alkohol saat perut kosong akan membuat alkohol tersebut langsung menuju kepala dan dapat membuatmu merasa tidak nyaman. Ada baiknya untuk makan makanan bergizi dan mengenyangkan, seperti makanan yang mengandung protein, lemak sehat, dan sayuran sebelum minum alkohol.

4. Teh Herbal

Teh herbal dengan rasa manisnya yang alami dapat membantumu menghilangkan rasa ingin makan makanan manis yang tidak sehat. Selain itu, teh herbal hangat juga memberi rasa nyaman dan tenang saat dinikmati pada sore hari.

5. Mengalihkan Perhatianmu

Sebelum kamu makan makanan dengan kalori tinggi, ada baiknya kamu bertanya pada diri sendiri: ‘apakah makanan ini memberi nutrisi dan menyehatkan tubuh?’. Jika jawabannya tidak, maka alihan perhatianmu dengan makanan lain atau kegiatan yang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Ditulis oleh : Jovita Citra

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.