• Thu, 29 September 2022

Breaking News :

Tips Mengurangi Overthinking, Coba Praktikkan Cara-Cara Ini

Faktanya pikiran berlebih ini bisa mengganggu aktivitas dan menurunkan kualitas hidup.

JEDA.ID—Mengurangi overthinking atau berpikir berlebihan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Sebetulnya mengurangi overthinking itu sangat mudah asalkan tahu caranya.

Lalu bagaimana cara mengurangi overthinking? Simak ulasannya di info sehat kali ini. Asal tahu saja overthinking dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental seseorang. Overthinking kerap kali muncul karena seseorang terus mengingat dan memikirkan hal-hal tertentu yang lahir dari berbagai keadaan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Orang yang terbiasa overthinking, biasanya akan berpikir berlebihan dan khawatir berlebihan terhadap sesuatu yang belum pasti akan terjadi. Faktanya pikiran berlebih ini bisa mengganggu aktivitas dan menurunkan kualitas hidup. Jadi jangan dibiarkan berlanjut.

Baca Juga: Positif Covid-19 Usai Divaksin, Ini Penjelasan Pakar

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Kamis (26/11/2020), berikut ini adalah cara untuk kurangi overthinking.

1. Sediakan Waktu Khawatir

Meski harus menghindari perasaan khawatir, tetapi khawatir masih boleh dilakukan. Cara agar tidak overthinking ini sewajarnya dilakukan oleh manusia. Agar tidak berlarut-larut mengalaminya, cobalah sediakan waktu untuk khawatir. Namun, ingat untuk tidak memaksakan diri terus dalam kesediahan dan keterpurukan. Kondisi seperti ini hanya akan memperburuk keadaan.

Bahkan, bisa sampai membuat hidup lebih sulit dilakukan. Tetaplah khawatir dengan sewajarnya saja. Lakukan komunikasi dengan benar agar bisa lebih melegakan perasaan.

2. Berjalan Kaki di Alam

Melakukan aktivitas berjalan juga termasuk cara agar tidak overthinking. Seperti menghabiskan waktu di taman, hutan, pinggir danau, atau padang rumput. Hal semacam ini akan membuat diri lebih mengenal keadaan sekitar. Beban pikiran juga menjadi lebih mudah dilepaskan. Bermanfaat bagi kesehatan fisik dan meningkatkan konsentrasi hingga menumbuhkan rasa bahagia.

3. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik akan membantu mengurangi overthinking. Cara agar tidak overthinking ini mudah sekali dilakukan. Terutama jika sedang dalam fase pikiran berat atau stres. Cobalah untuk mendengarkan lagu yang disukai.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Vitamin B Kompleks, Apa Saja Ya?

Cara ini bisa menjadi positif-vibes bagi setiap beban hidupmu. Namun, jangan pilih lagu yang sedih. Pilihlah lagu yang dapat membuatmu mengingat banyak hal bahagia.

4. Baca Buku

Selain jendela dunia, membaca buku juga termasuk cara agar tidak overthinking. Buku motivasi, buku cinta, dan buku kehidupan misalnya. Buku dengan topik yang membahas tentang kehidupan akan membuatmu pulih dari keterpurukan lebih cepat.

Kesehatan mental akan lebih terjaga dengan terapi pikiran ini. Biasanya hanya masalah orang lain yang akan membantu pikiran justru lebih tenang. Sebab, seseorang yang sedang overthinking akan menjadi tidak overthinking ketika menyadari ada orang lain yang sedang overthinking.

5. Olahraga Rutin

Olahraga termasuk kebiasaan hidup sehat dan cara agar tidak berpikir berlebihan. Tubuh akan menjadi rileks dan bersemangat. Apalagi jika olahraga ini dilakukan di alam terbuka. Ditambah dengan iringan musik pada setiap detiknya.

Lakukan olahraga rutin meski hanya di rumah saja (ilustrasi Freepik)

Lakukan olahraga rutin meski hanya di rumah saja (ilustrasi Freepik)

Kemudian membersihkan diri dan mulai menata pikiran lagi. Hal ini sangat bisa dicoba untuk meminimalisir berpikir berlebihan. Bahkan, kesedihan menjadi lebih mudah dilupakan.

6. Beraktivitas/Produktif

Sibuk melakukan hal yang bermanfaat bisa dijadikan cara agar tidak berpikir berlebihan. Tidak hanya bermanfaat, tetapi lakukan aktivitas yang disukai. Agar upaya untuk meminimalisir overthinking bisa lebih cepat diatasi.

Misalnya bisa bersih-bersih rumah, make over kamar, berkebun, dan memasak. Melakukannya dengan orang tersayang juga akan membuatmu lebih bahagia.

7. Telepon Teman

Jika belum bisa bertemu dan banyak bercerita dengan teman-teman, telepon saja. telepon teman dekat termasuk cara agar tidak overthinking. Hal ini akan melegakan perasaan karena banyak bercerita.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Olahraga Outdoor untuk Jaga Imunitas Tubuh

Jangan sungkan untuk menceritakannya dengan teman dekat. Sebab, menahan masalah sendirian justru akan membuat overthinking menjadi lebih parah dan tertekan.

8. Bersama Keluarga

Memilih untuk berkumpul bersama keluarga adalah cara agar tidak overthinking. Keluarga akan membuatmu lebih ceria dan melupakan beban pikiran. Apalagi jika waktu bersama keluarga benar-benar berkualitas. Berdiskusi tentang masa depan, merencanakan liburan, makan bersama, menonton televisi, atau sekadar bermain saja.

9. Mengunjungi Tempat Umum

Mengunjungi tempat umum bisa dijadikan solusi overthinking. Cara agar tidak overthinking ini mungkin tidak berlaku bagi sebagian orang. Namun, sebagian lagi akan lebih nyaman ketika berada di tengah keramaian.

Baca Juga: Ketahui Untung Rugi Pakai Masker Rangkap Dua

Mengamati orang-orang yang berlalu lalang dan menghela napas dalam-dalam. Beban pikiran bisa dengan mudah dilepas dan diperbaiki. Bisa dengan mengunjungi perpustakaan, kedai kopi, kantin, taman, atau mal.

10. Berdiskusi

Cara agar tidak overthinking bisa diatasi dengan berdiskusi. Bertukar pikiran dan mulai mencari solusinya. Jika tidak bisa melakukannya dengan teman dekat, lakukan dengan kekasih. Lakukan dengan kekasih meski masalah yang dihadapi berkaitan dengannya. Hal ini justru akan membuat hubungan menjadi lebih kuat. Sebab, cara menghadapi masalah menjadi lebih terarah dan tidak gegabah.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.