Tak Hanya di Bukit, 5 Negara Ini Punya Ibu Kota di Pegunungan

Ibu kota negara tertinggi di dunia ada yang tidak punya bandara sampai ada yang pernah dilarang menggelar pertandingan sepak bola internasional.

JEDA.ID–Puncak bukit di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi jantung ibu kota negara yang baru. Di tempat itu, akan dibangun Istana Kepresidenan dan kompleks pemerintahan lainnya.

Kondisi topografi Kecamatan Sepaku yaitu berada di ketinggian antara 0-50 meter di atas permukaan laut (dpl). Ada beberapa wilayah yang masuk lembah, seperti yang menjadui titik 0 kilometer ibu kota baru.

Desa Semoi Dua di Sepaku yang wilayahnya berupa lembah dan di tepi kawasan hutan disebut-sebut menjadi titik 0 kilometer ibu kota baru. Ada juga Desa Suko Mulyo dan Karang Jinawi yang wilayahnya berupa lembah.

5 Negara dengan Hari Libur Nasional Terbanyak

Kontur ibu kota negara yang berbukit-bukit disebut Jokowi akan disukai arsitek dan ahli tata kota untuk merencanakan pembangunan di kawasan itu.

Bila Indonesia akan punya ibu kota baru di wilayah yang berbukit, beberapa negara lain punya ibu kota yang ada di dataran tinggi atau daerah pergunungan. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut.

Berikut 5 negara yang punya ibu kota di kawasan dataran tinggi atau daerah pergunungan sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (19/12/2019).

Ethiopia

ibu kota negara Ethiopia

Kota Addis Ababa (Youtube)

Negara ini beribu kota di Addis Ababa. Kota ini berada di ketinggian 2.355 meter di atas permukaan laut. Addis Ababa yang berarti bunga baru merupakan ibu kota sekaligus pusat komersial dan kota terbesar Ethiopia.

Kota ini memiliki populasi mencapai lebih dari 3 juta orang. Didirikan pada tahun 1887, Addis Ababa adalah kota paling modern di negara ini.

Seberapa Sakti Paspor Indonesia

Kota ini menjadi sorotan pada pertengahan 2019 saat Pemerintah Kota Addis Ababa menerapkan aturan larangan sepeda motor di ibu kota negara ini.

Ketika itu, Wali Kota Addis Ababa Takele Uma mengatakan sebagian besar kejahatan dilakukan orang dengan menggunakan sepeda motor. Saat itu, Takele mengatakan pengecualian akan diberikan kepada orang-orang yang menggunakan sepeda motor untuk kepentingan bisnis.

Kolombia

ibu kota Kolombia

Kota Bogota, ibu kota Kolombia (Freepik)

Kota Bogota merupakan ibu kota Kolombia yang berada di ketinggian 2.625 meter di atas permukaan laut. Bogota termasuk kota terbesar ketiga di Amerika Latin setelah Sao Paulo di Brasil dan Lima di Peru.

Bogota memiliki keunikan karena berada di lembah antara Guadalupe dan pegunungan Montserrat dan beberapa sungai melintasinya. Sekilas, Bogota tidak jauh berbeda dengan Jakarta.

Penduduk Negara Ini Punya Banyak Waktu Tidur dan Makan

Infrastrukturnya pun kurang lebih sama. Konon, TransJakarta terinspirasi oleh Transmilenio milik Kolombia. Macetnya pun kurang lebih sama dengan di Jakarta. Bogota disebut-sebut sebagai kota pelopor car free day di Amerika Latin.

Setiap hari diperkirakan ada 900.000 pengguna sepeda di ibu kota negara ini. Jumlah tersebut meningkat menjadi 1,7 juta pada hari minggu atau hari libur nasional.

Bhutan

Thimphu

Kota Thimphu, Bhutan (Freepik)

Mungkin masih banyak yang asing dengan nama negara Bhutan. Negara ini berada di Asia Selatan yang berbentuk kerajaan dan dikenal dengan Negeri Naga Guntur. Wilayahnya terhimpit antara India dan Tiongkok. Nama lokal negara ini adalah Druk Yul, artinya “Negara Naga”.

Penduduk di 5 Negara ini Memiliki Logat Terseksi

Negara ini memiliki ibu kota yang bernama Thimphu yang berada terletak di ketinggian 8.688 kaki atau 2.648 meter di atas permukaan laut. Thimphu adalah kota terbesar, paling padat penduduknya, dan satu-satunya kota di Kerajaan Bhutan.

Kota ini menjadi ibu kota Bhutan pada 1961. ada Sungai Wang Chu yang membelah kota ini pada arah utara-selatan. Ibu kota negara ini tidak punya bandara sendiri. Bandara terdekat dari kota ini adalah Bandara Paro di Paro, Bhutan yang berjarak sekitar 54 km.

Ekuador

ibu kota negara

Kota Quito, ibu kota negara Ekuador (Freepik)

Quito adalah ibu kota Ekuador yang terletak di sebuah lembah di bagian barat Pichincha, sebuah gunung berapi aktif di Pegunungan Andes. Kota ini berada di ketinggian 2.850 meter di atas permukaan laut.

Kota ini dihuni sekitar 1,3 juta penduduk. Menjadi ibu kota negara yang paling dekat dengan khatulistiwa. Namun, karena berada di ketinggian, suhu di Quito cenderung dingin.

Belajar dari Finlandia, Jam Kerja Fleksibel dan Bergaji Tinggi

Rata-rata harian suhu di ibu kota negara ini adalah 13 derajat Celcius. Rekor suhu terendah bisa mencapai -21 derajat Celcius dan suhu tertinggi adalah 30 derajat Celcius.

Quito merupakan objek wisata yang populer. Namun, wisatawan yang berasal dari daerah dataran rendah mengalami mabuk ketinggian saat berada di sana.

Bolivia

La Paz Bolivia

La Paz Bolivia (Freepik)

La Paz adalah ibu kota Bolivia. Kota ini dinobatkan sebagai ibu kota negara di dunia yang paling tinggi. La Paz yang menjadi usat pemerintahan Bolivia yang terletak di ketinggian 11.942 kaki atau 3.640 meter di atas permukaan air laut.

Sementara Sucre adalah ibu kota konstitusional Bolivia dan terletak di ketinggian 9.022 kaki atau 2.749 meter di atas permukaan air laut. Kota ini terletak di Pegunungan Andes dan dikelilingi beberapa gunung seperti Illimani, Huayna Potosi, Mururata, & Illampu.

La Paz pernah dilarang oleh FIFA untuk menyelenggarakan pertandingan sepak bola internasional terkait dengan tipisnya lapisan udara di sana yang akan memengaruhi kesehatan bahkan keselamatan para pemain dari negara yang berada di dataran rendah.

Suhu rata-rata di kota ini sekitar 4-18 derajat celcius. Jadi saat ada di ibu kota negara ini harus siap-siap membawa jaket.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.