Pesona Wisata Penajam Paser Utara, Bikin Betah Tinggal di Calon Ibu Kota

Kabupaten Penajam Paser Utara menyimpan kekayaan alam dan wisata yang bakal membuat betah tinggal di sana termasuk para PNS yang akan diboyong seiring rencana pemindahan ibu kota.

JEDA.ID--Kabupaten Penajam Paser Utara menyimpan kekayaan alam dan wisata yang bakal membuat betah siapa saja yang tinggal di sana termasuk para PNS yang akan diboyong seiring rencana pemindahan ibu kota.

Nama Penajam Paser Utara mendadak jadi perbincangan dan sorotan. Salah satu kabupaten di wilayah di Kalimantan Timur ini secara resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai salah satu lokasi ibu kota baru Indonesia.

Kabupaten Penajam Paser Utara, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, yang beribukotakan Penajam. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara disebelah utara, sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar dan Kota Balikpapan, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Pasir dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat. Penajam merupakan kabupaten termuda di provinsi Kalimantan Timur yang merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Pasir

Benuo Taka yang artinya Daerah Kita atau Kampung Halaman Kita adalah kata semboyan pada lambang daerah Kabupaten Penajam Paser Utara.  Semboyan ini mengadopsi dari bahasa Suku Paser yang bermakna bahwa Kabupaten Penajam Paser Utara terdiri dari berbagai suku, ras, agama dan budaya namun tetap merupakan satu kesatuan ikatan kekeluargaan.

Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki Sumber Daya Alam yang cukup banyak dan beragam, baik sumber daya hutan berikut hasil ikutannya, perkebunan, pertanian, perikanan, peternakan, pertambangan serta kehutanan.

Boyongan PNS

Pemindahan ibu kota baru di Kalimantan Timur termasuk di Kabupaten Penajam Paser Utara akan disertai dengan boyongan para PNS. Berdasarkan data Bappenas, jumlah PNS yang pindah ke ibu kota baru sekitar 200.000. Bila ditambah anak-istri perkiraannya menjadi 884.840 orang.

Pemindahan PNS akan dilakukan secara bertahap yang kemungkinan dimulai lima tahun mendatang. Direncanakan para PNS yang akan tinggal di ibu kota mendapatkan fasilitas perumahan. Di waktu senggang nantinya para PNS dan keluarga bisa menikmati pesona wisata di ibu kota baru, termasuk di kawasan Kabupaten Penajam Paser Baru.
Berikut adalah sejumlah tempat wisata di Kapaten Paser Baru yang menyuguhkan pesona alam yang mungkin tak bisa ditemukan di Jakarta.

1. Pantai Sipakario atau Pantai Nipah-Nipah

Pantai Nipah Nipah (suara.com

Pantai Nipah Nipah (suara.com)

Pantai Sipakario oleh masyarakat setempat dikenal sebagai Pantai Nipah-Nipah. Pantai ini mempunyai letak yang strategis karena berada tepat di teluk Balikpapan dan berjarak 8 km dari pusat pemerintahan Pemerintahan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Di pantai ini, para pengunjung bisa menikmati sunset nan indah. Selain memiliki pasir putih, wisatawan juga dapat melihat gemerlap lampu-lampu Kota Balikpapan pada malam hari. Pergelaran hiburan rakyat berupa seni budaya, festival layang- layang serta Festival Miniatur Perahu Layar dalah kegiatan rutin tahunan yang diadakan di Pantai Nipah-Nipah setiap hari libur setelah perayaan Idul Fitri.

2. Penangkaran Rusa

Penangkaran rusa di Penajam Paser Utara (kaltimprov.go.id)

Penangkaran rusa di Penajam Paser Utara (kaltimprov.go.id)

Penangkaran rusa yang berada di Desa Api-Api Kecamatan Waru, dikelola oleh Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Dinas Peternakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Areal penangkaran saat ini diperkirakan mencapai 50 hektare, dengan lahan cadangan seluas 1000 hektare.

Tanduk rusa atau ranggah konon dimanfaatkan sebagai bahan herbal yang dikelola di lokasi itu. Tanduk dari rusa muda atau berusia setidaknya dua bulan akan dipotong dan dijadikan serbuk, kemudian dimasukkan ke dalam kapsul dijadikan obat tradisional, yang disebut kapsul Velvet. Kapsul Velvet itu didistribusikan ke berbagai kota seperti Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta bahkan diekspor keluar negeri.

Lokasi Taman Wisata Penangakaran Rusa hanya berjarak sekitar 32 kilometer atau sekitar 32 kilometer atau sekitar setengah jam perjalanan darat dari Ibu kota Penajam Paser Utara ke arah Tanah Grogot.  Ada ratusan ekor rusa dari jenis Rusa Sambar (Cervus Unicolor Brokei) dan Rusa Timor (Cervus Timorensis).  Fasilitas lain dari Taman Wisata Penangkaran Rusa adalah meeting room, guest house, musala, gazebo, dan laboratorium.

3. Air Terjun Tembinus

Air Terjun Tembinus (suara.com)

Air Terjun Tembinus (suara.com)

Bagi yang ingin bertualang menikmati udara segar dan suara gemercik air bisa berkunjung ke Air Terjun Tembinus.
Surga tersembunyi di Kalimantan Timur ini menyuguhkan lanskap memesona dengan jeram setinggi 20 meter yang jatuh mengaliri bebatuan berelief, cantik dan menawan. Menyisir kawasan Air Terjun Tembinus, para pengunjung akan disuguhkan ekosistem hutan nan teduh dengan aneka pepohonan besarnya yang menjalari belantara.

4. Tanjung Jumlai

Tanjung Jumplai (liputan6)

Tanjung Jumplai (liputan6)

Tanjung Jumlai di Penajam Paser Utara menawarkan berbagai pesona yang tak kalah memukau. Pantai ini terbentang dari Kelurahan Kampung Baru, melewati Kelurahan Saloloang, sampai Kelurhan Tanjung Tengah dengan panjang garis pantai sekitar 15 km dan lebar bibir pantai sekitar 100 meter hingga 150 meter.

Salah satu keunggulan pantai ini adalah adanya pepohonan kelapa yang tumbuh di sepanjang bentangan pantai yang menambah keindahan suasana pantai. Keberadaan pepohonan kelapa di pantai ini menciptakan suasana sejuk ditambah dengan pemandangan yang menawan ke arah laut.

Pantai ini sering dipakai untuk penyelenggaraan berbagai kegiatan dari seluruh lapisan masyarakat, instansi pemerintah dan swasta. Kegiatan-kegiatan seperti family day, lomba permainan layang-layang, berbagai acara pentas seni, festival band dan berbagai kegiatan lainnya adalah merupakan hal yang tidak terpisahkan lagi dari keberadaan pantai tanjung jumlai.

Perahu masyarakat juga bisa disewa untuk melakukan perjalanan menuju gugusan pasir gusung, menyusuri kawasan pantai tanjung jumlai. Pasir gusung adalah istilah untuk gundukan pasir yang ada di tengah laut sehingga ketika air laut tengah surut, gundukan pasir itu membentuk sebuah pulau sementara.

Areal Terumbu Karang (Coral Reef) berada di sekililing empat gugusan pasir yang muncul ketika air laut surut, yang terletak di wilayah perairan pantai Tanjung Jumlai.  Disekitar gugusan pasir gusung ini terdapat 56 jenis karang dan 47 jenis ikan, baik ikan hias maupun ikan konsumsi.

5. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove (liputan6.com)

Hutan Mangrove (liputan6.com)

Berlokasi di Ekowisata Mangrove Penajam Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam, Kebupaten Penajam Paser Utara (PPU), jembatan yang dikelilingi tumbuhan bakau jadi panorama dominan di sini.

Jika beruntung, para pengunjung bisa melihat dari dekat hewan-hewan yang hidup di sekitar kawasan mangrove. Berjalan-jalan di bawah rindang tumbuhan bakau jadi opsi wisata yang bisa dinikmati di PPU.

Beberapa spot Instagram worthy di Wisata Mangrove Tanjung Penajam Paser Utara ini acap kali dimanfaatkan sebagai lokasi swafoto oleh pelancong. Tempat ini jadi destinasi wisata yang bisa dinikmati, baik dengan keluarga, teman, maupun pasangan.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.