PNS Bisa Kerja di Rumah, Non-PNS Bisa Pilih Usaha Rumahan Ini

Di era revolusi industri 4.0, usaha rumahan menjadi salah satu pilihan untuk mencari penghasilan. Pemerintah juga mewacanakan PNS bisa bekerja di rumah.

JEDA.ID-Di era revolusi industri 4.0, usaha rumahan menjadi salah satu pilihan untuk mencari penghasilan. Bahkan pemerintah hendak mengadopsi gaya hidup bekerja di rumah kepada para pegawai negeri sipil (PNS) mendatang.

Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan saat ini pihaknya sedang mendesain sistem kerja PNS di kementerian dan lembaga agar bisa meniru gaya perusahaan rintisan atau startup.

Karena hal itu, Wangsa mengungkapkan bahwa ke depan PNS akan memiliki fleksibilitas kerja. Hal tersebut merupakan salah satu indikator birokrasi yang ditetapkan pihaknya. “Nanti akan bisa kerja dari rumah, tinggal ngatur aturannya kayak bagaimana,” katanya dalam sebuah foum, Kamis (8/8/2019).

Tak usah iri dengan para PNS. Bagi yang bukan PNS bisa memilih usaha yang bisa dikerjakan di rumah. Atau bagi para pegawai swasta yang ingin menambah penghasilan, beragam pilihan bisnis rumahan ini bisa dijalani.

1. Membuat Handmade/Kerajinan Tangan

Jika Anda punya keahlian merajut, atau sering bikin kerajinan tangan seperti tas lukis, menjahit, membuat buku edukatif anak, ini bisa dijadikan salah satu jenis usaha rumahan yang mudah dan gampang. Seperti dilansir Liputan.com, banyak cerita kesuksesan sebuah usaha yang berawal dari hobi membuat kerajinan tangan ini.
Jenis usaha rumahan dengan modal kecil ini merupakan bisnis kreatif yang memiliki peluang untuk bertahan karena produk yang dihasilkan tergolong unik, eksklusif. Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai kanal pemasaran. Asal tahu saja, bila produk yang kamu bikin tergolong menarik, orang enggak akan segan untuk membayar mahal.

2. Warkop alis warung kopi

Hampir setiap orang suka minum kopi. Apalagi di Indonesia di mana sudah dikenal di dunia sebagai salah satu produsen kopi berkualitas. Mulai presiden sampai mahasiswa, semua menyukai kopi. Jenis usaha rumahan dengan modal kecil ini bisa Anda jajaki dengan membuka warung kopi sederhana. Konsep warung kopi ini bisa kamu eksplorasi sesuai target pasar yang dituju.

3. Membuat Camilan dan Minuman

Bisnis yang tidak akan pernah mati adalah bisnis makanan dan minuman, setiap orang pasti membutuhkan dua hal ini. Makanan ringan dan minuman segar pun bisa menjadi pilihan kamu untuk berbisnis. Jenis usaha rumahan dengan modal kecil, kamu bisa langsung menjadi pengusaha cemilan.

4. Waralaba makanan

Saat ini, ada banyak waralaba makanan yang bisa kamu pilih dan jadikan sebagai pilihan usaha. Jenis usaha rumahan dengan modal kecil waralaba makanan, tidaklah harus membutuhkan sejumlah modal yang besar. Beberapa waralaba ini bahkan bisa dimiliki dengan kisaran harga Rp 5 juta- Rp10 juta saja. Anda bisa menggunakan sejumlah sisa modal untuk menyewa tempat atau kebutuhan yang lainnya.

5. Bisnis Laundry

Jenis usaha rumahan dengan modal kecil selanjutnya adalah Laundri. Dengan modal Rp 5-Rp10 juta, Anda sudah bisa membuka usaha ini dalam skala yang cukup besar. Anda bisa memulainya dengan membeli beberapa mesin cuci dan juga peralatan menyetrika dan mencuci lainnya. Dengan hal itu saja, sudah bisa menjalankan bisnis ini dengan mudah dan nyaman.

6. Jasa Cuci Sepatu

Jenis usaha rumahan dengan modal kecil ini tidaklah jauh berbeda dengan bisnis laundri. Bedanya, Anda hanya perlu mengeluarkan modal kurang dari Rp 1 juta saja untuk membeli sikat sepatu, cairan pembersih sepatu, dan lainnya. Jika dalam satu hari kamu bisa mencuci 5 pasang sepatu dengan harga Rp 20.000 per pasang, maka dalam sebulan kamu bisa menghasilkan Rp3 juta.

7. Jasa Potong Rambut

Peluang usaha ini memberi keuntungan menjanjikan terutama bagi Anda yang memiliki keahlian menata rambut, menjadi nilai tambah untuk mengembangkan prospek bisnis. Saat ini, banyak berkembang jasa potong rambut khusus anak-anak. Dengan mendesain area tempat potong rambut menjadi lebih ‘menggemaskan’, berpotensi meningkatkan nilai keuntungan yang jauh lebih tinggi dan tentunya sesuai harapan.

8. Usaha Dropship

Mengulas dari Idntrepreneur.com, apakah Anda ingin membuka usaha yang bisa menawarkan berbagai produk kepada konsumen? Anda bisa memilih usaha dropship. Saat ini semakin banyak supplier yang membuka peluang usaha melalui dropship karena Anda bisa menjual produk supplier tanpa harus mempunyai stok barang dan mengurus pengiriman sendiri. Tentunya, supplier tersebut sudah bekerja sama dengan Anda ya.

9. Penulis Online

ilustrasi penulis online (freepik)

ilustrasi penulis online (freepik)

Usaha yang tidak memerlukan modal besar selanjutnya adalah menjual jasa sebagai penulis artikel online. Modal utamanya yaitu keterampilan dalam menulis artikel yang unik dan mampu menarik minat pembaca atau pemilik website yang bersangkutan.

10. Pembuatan Website

Selain menjadi penulis online, jasa pembuatan website bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin membuka usaha bermodal kecil. Hanya, rata-rata orang yang menekuni profesi ini adalah mereka yang menguasai bidang pemrograman. Selain menjadi bagian dari identitas bisnis dan perusahaan untuk memperkenalkan image-nya ke khalayak umum, keberadaan website di era teknologi juga sebagai sarana pemasaran produk untuk menjangkau masyarakat secara luas.

11. Youtuber

Jadi youtuber? Why not? Jika Anda memiliki ketertarikan untuk membuat video yang sifatnya menghibur, informatif, atau mengedukasi, tidak ada salahnya Anda mengambil langkah menjadi seorang youtuber.
Walaupun tidak ada jaminan sukses, jika channel youtube yang Anda miliki secara konsisten diisi dengan video menarik, tentu Anda memiliki potensi besar untuk menghasilkan pendapatan yang luar biasa.

Dukungan

Begitu banyak pilihan usaha yang bisa dilakukan di rumah. Namun Anda juga harus memperhatikan beberapa hal untuk mendukung usaha Anda agar tidak macet di tengah jalan, melainkan bisa sukses dan bisa menjadi sumber penghasilan. Seperti dilansir Liputan6.com, berikut adalah beberapa panduan memulai bisnis rumahan.

1. Meminta dukungan keluarga

Saat akan memutuskan untuk memulai bisnis rumahan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meminta dukungan dari keluarga yang ada di rumah. Keluarga merupakan pendukungmu, baik dari segi materil maupun non-materil. Berhubung bisnis Anda jalankan dari rumah alias bertempat di rumah, jika ada salah satu anggota keluarga di rumah yang tidak mendukung, maka bisnis rumahan yang Anda jalani nanti tidak akan berjalan dengan baik.

2. Menentukan bisnis sesuai minat

Jika restu sudah ditangan, selanjutnya Anda tinggal menentukan jenis bisnis rumahan yang sesuai dengan minat atau keahlianmu. Selain menentukan jenis bisnis rumahan dari minat atau keahlian, Anda juga harus melihatnya dari segi peluang pasar yang ada.

Jangan sampai jenis peluang bisnis rumahan yang Anda pilih tidak sesuai dengan peluang bisnis. Sebagai contoh, saat ini sedang tren menjadikan rumah yang instagramable ala kafe atau coffee shop. Kalau Anda pintar kerajinan tangan atau ahli dalam bidang desain, Anda bisa menjual pernak-pernik pajangan rumah, seperti pajangan quotes dinding, pigura 3D, dan lain sebagainya.

3. Menyiapkan modal

Membuka bisnis rumahan yang menjanjikan pastinya butuh modal dana yang harus Anda keluarkan dari kocek sendiri. Pastikan untuk menghitung dengan benar modal keseluruhan yang Anda perlukan untuk menjalankan bisnis rumahan ini. Perhitungan modal ini meliputi bahan baku, peralatan, kemasan produk, biaya produksi, dan lain sebagainya. Hitung secara rinci agar nantinya Anda bisa dengan mudah melihat pengeluaran apa yang diperlukan dan tidak diperlukan lagi pada bulan berikutnya.

4. Kuasai pemasaran online

Seperti yang Anda ketahui, saat ini segala sesuatunya sudah serba online. Jadi, jangan sampai bisnis rumahanmu ini ketinggalan zaman karena tidak dipasarkan secara online. Pemasaran online sebenarnya sangat mudah dilakukan, terutama bagi Anda pengguna aktif sosial media karena pemasaran online pasti melibatkan sosial media, seperti Instagram, Facebook, Twitter, hingga Path. Selain sosial media, Anda juga bisa memanfaatkan Blogger dan YouTube untuk membuat ulasan tentang produk yang Anda jual.

5. Bila butuh tambahan modal, berhati-hati dengan utang

Anda ingin menjalankan bisnis rumahan ini sampai berapa lama? Kalau ingin bisnis rumahan awet dan semakinbanyak pelanggannya, Anda harus mulai memikirkan untuk mengembangkan bisnis rumahan.
Anda bisa mengajukan kredit usaha atau kredit tanpa agunan (KTA) lewat bank-bank yang terpercaya.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.