• Mon, 6 February 2023

Breaking News :

Makanan Bernutrisi Ini Bisa Bangkitkan Semangat, Mau Coba?

Jika sudah begitu kita akan kehilangan semangat untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

JEDA.ID—Makanan bernutrisi bukan hanya bikin badan sehat dan imunitas kuat. Tapi ternyata makanan bernutrisi juga bisa membangkitkan semangat loh.

Ya, tanpa disadari tak jarang mood kita ambyar oleh berbagai penyebab misal masalah, stres, atau pun kelelahan. Jika sudah begitu kita akan kehilangan semangat untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Tubuh lemas, hati susah, pikiran tak karuan. Kira-kira bagaimana mengatasinya ya?

Dalam meningkatkan semangat dan kondisi hati, memilih makanan yang tepat merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan. Makan-makanan bernutrisi ternyata ada bisa membantu mengembalikan semangat kamu yang terganggu, loh. Info sehat kali ini membahas makanan bernutrisi yang bisa membangkitkan semangat kita, mau coba?

Baca Juga: Wow! Negara Ini Miliki Kinerja Perekonomian Terbaik se-Asia

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Selasa (26/1/2021) berikut ini makanan bernutrisi yang bisa membangkitkan semangat kita:

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan sehat yang dapat membangkitkan semangat. Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang penuh serat dan gizi penting untuk tubuh. Makanan ini dinilai sebagai makanan sehat karena lebih lambat untuk dicerna sehingga memasok energi secara merata. Kamu bisa mengonsumsi semangkuk oatmeal saat sarapan untuk meningkatkan mood dan membangkitkan semangat dalam menjalani hari.

2. Pisang

Pisang sangat murah harganya, mudah dimakan dan rasanya lezat. Manfaat penting pisang adalah ini mampu mengembalikan mood dan memfokuskan kembali pikiran. Selain itu, pisang mengandung tyrosine yang berfungsi menenangkan. Pisang akan sangat membantu kamu untuk mengatasi panik dan stres yang melanda ketika mengerjakan tugas dari kantor.

3. Salmon

Salmon sangat berguna dalam meningkatkan daya kerja otak, karena mengandung asam lemak Omega yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan otak. Salmon sangat dianjurkan untuk proses diet sehat, dan juga sangat baik bagi karyawan untuk meningkatkan produktifitasnya dalam bekerja.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Fungsi Lain Google Assistant untuk Membantumu

4. Telur

Makanan sehat yang dapat membangkitkan semangat berikutnya adalah telur. Hal ini disebabkan karena telur dapat memberikan suplai energi yang efektif. Satu butir telur hanya mengandung 70 kalori dan memiliki 6 gram protein. Telur memberikan “bahan bakar” yang dilepaskan perlahan, sehingga tubuh menjadi lebih berenergi. Protein dan kalori di dalam telur membantu meningkatkan energi, memberikan rasa kenyang, dan juga terdapat kandungan vitamin dan mineral lainnya di dalam telur untuk nutrisi di dalam tubuh.

5. Kacang Polong

Kacang polong adalah sumber protein yang hebat dan menjadi salah satu makanan sehat yang dapat membangkitkan semangat yang bisa dikonsumsi, terutama bagi vegetarian. Kacang polong kaya akan serat yang dapat memperlancar pencernaan, serta tinggi magnesium sehingga mampu meningkatkan energi. Itulah mengapa dengan mengonsumsi kacang polong, kamu akan lebih segar dan bersemangat kembali.

6. Buah Beri

Buah beri, misalnya stroberi dan blueberry, adalah makanan sempurna jika kamu sedang ingin yang manis-manis dan tidak memiliki banyak kalori. Buah beri juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel. Kamu dapat menjadikan buah beri sebagai makanan yang dapat membangkitkan semangat dan kudapan sehat di antara waktu makan.

7. Ikan Sarden

Selain menyediakan protein hewani berkualitas tinggi, ikan sarden juga dapat menjadi makanan sehat yang dapat membangkitkan semangat karena memasok energi secara stabil. Ikan sarden cocok dikonsumsi saat sarapan agar kebutuhan energi terpenuhi sebelum memulai hari. Jenis ikan laut ini juga memiliki banyak asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) yang membantu mencegah penyakit jantung.

8. Cokelat Hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate merupakan salah satu makanan pembangkit semangat (ilustrasi Freepik)

Cokelat hitam atau dark chocolate merupakan salah satu makanan pembangkit semangat (ilustrasi Freepik)

 

Cokelat hitam adalah salah satu makanan sehat yang dapat membangkitkan semangat yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Berdasarkan sejumlah penelitian, coklat hitam terbukti dapat meningkatkan suasana hati. Antioksidan dalam cokelat hitam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlancar aliran darah. Itulah mengapa cokelat hitam berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta kolesterol.

9. Hati Sapi

Hati sapi adalah salah satu sumber vitamin B12 terbaik. Makanan pembangkit semangat yang satu ini juga memiliki banyak protein yang membuat kamu tetap bertenaga untuk waktu yang lama. Kandungan vitamin B12 atau riboflavin di dalamnya dapat mengubah makanan menjadi energi untuk tubuh.

10. Tiram

Tiram mengandung omega-3 dan zink yang baik untuk kesehatan. Dalam 100 gram tiram juga terdapat 30 kalori energi. Dengan begitu, tiram dapat menjadi makanan pembangkit mood yang tepat.

Baca Juga: Wow! Memijat Payudara Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Wanita

11. Daging Ayam Tanpa Kulit

Daging ayam tanpa kulit adalah makanan sehat yang dapat membangkitkan semangat jika dikonsumsi pada porsi yang tepat. Ini karena daging ayam adalah sumber protein yang baik dan memiliki sedikit kandungan lemak jenuh, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Kamu yang memerlukan pembangkit semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari dapat mengonsumsinya secara teratur.

12. Teh

Teh mengandung kafein yang akan membantu kamu lebih bersemangat bahkan beberapa jenis teh khusus dapat membantu menjaga ingatan. Green Tea juga berguna untuk meningkatkan kinerja otak.

13. Air Putih

Ketika tubuh kekurangan cairan, kamu akan mudah menjadi lelah dan mengalami badan lemas. Pasalnya, air berperan dalam proses transportasi bahan bakar dan gizi ke sel-sel di dalam tubuh serta membantu membuang limbah. Oleh karena itu, jika ingin lebih semangat dan berenergi, konsumsilah air putih setidaknya 7–8 gelas dalam sehari. Pastikan kamu menghindari minuman bersoda atau mengandung banyak gula.

 

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.