Tak Berkategori

Jarang Diketahui, Ini Fungsi Lain Google Assistant untuk Membantumu

Google Assistant adalah salah satu produk tercanggih yang pernah dibuat oleh Google.

JEDA.ID—Fungsi lain Google Assistant masih banyak belum diketahui dan dimanfaatkan. Nah mulai sekarang maksimalkan fungsi lain Google Assistant ini.

Mayoritas smartphone yang beredar saat ini telah dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dengan konsep asisten virtual. Google menambahkan Google Assistant dalam ponsel Android. Bahkan pada sebagian ponsel Android terbaru, sudah disiapkan dedicated button yang akan langsung memanggil asisten virtual.

Lalu apakah fungsi lain Google Assistant, simak ulasannya di tips gadget dan teknologi kali ini. Google Assistant adalah salah satu produk tercanggih yang pernah dibuat oleh Google. Produk Google Assistant  yang diluncurkan pada Mei 2016 ini sudah digunakan di lebih dari 1 miliar device. Fungsi google assistant sangat unik dan berguna sekali.

Baca Juga: Virus Nipah Dikhawatirkan Jadi Pandemi Baru di Asia

Tapi tahukah Anda kalau Google Assistant ini memiliki fungsi rahasia? Seperti yang dilansir dari Suara.com, Rabu (27/1/2021), berikut ini adalah fungsi lain Google Assistant yang jarang diketahui.

1. Membacakan berita

Fungsi lain Google Assistant adalah dapat membacakan berita yang terkait dengan topik yang pengguna sukai dari sumber pilihan. Untuk mengaktifkannya, pengguna harus terlebih dahulu membuka Aplikasi Google, pilih menu sebelah kiri lalu buka Pengaturan. Di bawah Google Assistant, klik Pengaturan, lalu pilih Berita. Di sini, pengguna dapat menambahkan sumber berita atau publikasi dengan liputan lisan.

Setelah mengaturnya, pengguna cukup katakan “Play the News” dan Google Assistant akan memutar semua sumber yang telah pengguna pilih sebelumnya secara satu per satu. Pengguna juga dapat mengontrol pemutaran dengan mengucapkan “Next” untuk beralih ke berita selanjutnya atau menjedanya dan menghentikannya dengan mengatakan “Pause” dan “Stop”. Tak hanya itu, pengguna juga dapat memutar berita dari satu sumber dengan mengucapkan nama sumber berita secara langsung.

2. Kontrol perangkat IoT yang terhubung

Google Assistant dapat bekerja dengan semua jenis perangkat IoT dan pengguna dapat mengkonfigurasikan Google Assistant untuk terhubung dengan perangkat-perangkat tersebut. Untuk menghubungkannya dengan Google Assistant, buka Pengaturan di Aplikasi Google, lalu pilih Pengaturan di bawah Google Assistant, kemudian pilih Home Control. Pengguna dapat mengaturnya dan membuat “ruang” di pengaturan tersebut. Dengan begitu, pengguna bisa mengatakan “matikan semua lampu di kamar tidur” kepada Google Assistant.

3. Menerjemahkan kalimat

Dulu, jauh sebelum adanya Google Assistant, perangkat bawaan Android biasanya sudah terinstal dengan Google Translate. Namun kini dengan bantuan Google Assistant, pengguna dapat menerjemahkan kalimat dari dan ke dalam bahasa apapun. Meskipun mendapat bantuan dari Google Translate, hal ini dapat mengurangi pemakaian penyimpanan perangkat tanpa harus mengunduh aplikasi Google Translate.

Baca Juga: Inilah Jenis Teh Terlangka Di Dunia

Pengguna dapat meminta Google Assistant untuk menerjemahkan setelah mengucapkan seluruh kalimat yang diminta. Misalnya, “bagaimana saya mengucapkan terima kasih dalam bahasa Hindi?”. Setelah menerjemahkan kalimat tersebut, Google Assistant akan memunculkan jawabannya di layar dan pengguna juga dapat mendengarkannya.

4. Tambahkan sesuatu ke daftar belanja

Selain menjadi pengingat, pengguna juga dapat meminta Google Assistant untuk menambahkan sesuatu ke daftar belanja hanya dengan mengatakan “tambahkan X ke daftar belanjaku”. Dengan mengatakan hal tersebut, Google Assistant akan secara otomatis menambahkan item baru ke Daftar Belanja di aplikasi Google Keep atau dalam pembaruan yang lebih baru, menyimpannya di aplikasi Google Home. Untuk melihat daftar belanja, cukup katakan “apa yang ada di dalam daftar belanjaku”.

5. Menemukan sesuatu di aplikasi

Google Assistant terintegrasi dengan seluruh aplikasi yang terinstal dalam perangkat dan pengguna dapat memintanya untuk menemukan sesuatu di sebuah aplikasi tanpa membukanya atau mencarinya. Misalnya, pengguna menyimpan ribuan foto dalam Google Foto namun ingin menemukan satu foto. Pengguna dapat meminta Google Assistant untuk menemukannya, sebagai contoh dengan mengucapkan “tunjukkan foto kucing saya”. Bahkan, pengguna dapat memintanya dengan perintah yang lebih spesifik seperti, “tunjukkan foto-foto kucing saya dari tahun 2017”.

Baca Juga: Lirik Jaringan 5G, Berapa Dana yang Harus Disiapkan MNC?

Hal ini berlaku bagi seluruh objek di dalam aplikasi Google Foto tersebt. Tak hanya foto, pengguna juga dapat meminta Google Assistant untuk menemukan email dan pesan teks. Misalnya, pengguna dapat mengucapkan “tunjukkan saya email dari ibu X” atau “apakah saya punya pesan teks dari ibu X?” kemudian Google Assistant akan memunculkan email atau pesan yang dimaksud ke layar dan membacakannya untuk pengguna.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.