Hindari Meletakkan Ponsel di Tempat Ini

Kadang kita meletakkan ponsel di tempat-tempat yang mudah kita jangkau. Sebaiknya jangan sembarangan meletakkan ponsel demi kesehatan kita.

JEDA.ID-Kadang kita meletakkan ponsel di tempat-tempat yang mudah kita jangkau. Padahal ada sejumlah tempat yang kita tidak boleh sembarangan meletakkan ponsel di situ. Mengapa?

Ponsel telah menjadi barang yang melekat pada diri beberapa orang. Semakin berkembang zaman, orang-orang sulit melepaskan alat komunikasi yang menunjang kebutuhan sehari-hari ini. Maka tidak heran jika banyak orang yang membawanya kapanpun dan dimanapun.

Karena sering digunakan, acap kali ponsel diletakan di mana saja yang diinginkan. Ada yang terbiasa menyimpanya dalam saku, tas, atau bahkan membawanya hingga ke toilet. Namun tahukah kamu, ada beberapa tempat yang tidak diperbolehkan alias terlarang untuk meletakkan ponsel.

43 Maskapai Terancam Bangkrut dan Masih Banyak akan Menyusul

Pasalnya, beberapa tempat yang sering digunakan untuk menyimpan ponsel dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan tubuh si empunya. Radiasi pada ponsel dapat memicu masalah kesehatan tubuh yang cukup serius.

Tips kesehatan kali ini akan membahas beberapa tempat yang tidak dianjurkan untuk meletakan ponsel, khususnya dalam waktu yang lama. Berikut rangkumanya yang dikutip dari laman Liputan6.com :

Tempat Tidur

Kebiasaan yang satu ini bukan menjadi hal yang aneh lagi bagi pengguna gadget yang semakin menjamur. Meletakan ponsel di tempat tidur memang dapat mempermudah mengakses ponsel ketika ada notifikasi atau sekadar memastikan agar bisa mendengar suara alarm di pagi hari.

Tak hanya itu, ponsel pun acap kali diletakkan di bawah bantal ketika hendak tidur. Jadi tidak heran jika kemudian beberpa orang kini lebih sering membawa ponsel hingga ke tempat tidur.

Namun, kebiasaan ini sebaiknya segera dihindari. Tanpa disadari, menaruh ponsel di bawah bantal dapat meningkatkan panas. Terlebih lagi jika sembari mengisi daya baterai, ini akan memperparah keadaan karena berisiko memicu kebakaran.

10 Minuman Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan Otak, Mau Coba?

National Sleep Foundation pun telah memperingatkan bahwa kebiasaan buruk ini bisa menjadi salah satu penyebab kamu sulit tidur nyenyak di malam hari. Lampu LED pada layar ponsel dapat mengganggu produksi melatonin dan ritme sirkadian. Ya, kedua hal penting ini yang menentukan kualitas tidurmu. Selain itu, paparan radiasi dari ponsel juga meningkatkan risiko kanker, termasuk kanker otak.

Kantong Celana

Saat tengah sibuk beraktivitas, menyimpan ponsel di kantong celana menjadi andalanya. Cara yang satu ini memang mempermudah meggambil ponsel saat hendak dibutuhkan, namun kebiasaan buruk ini baiknya segera dihindari.

Kantong celana merupakan salah satu tempat yang buruk untuk menyimpan ponsel. Ponsel yang dalam kondisi aktif dan tersimpan di kantong celana dapat meningkatkan radiasinya hingga berkali-kali lipat. Sementara jika ponsel terhubung dengan jaringan internet, radiasinya bisa meningkat dua hingga tujuh kali lebih besar.

Pacar Sering Marah-Marah? Hadapi Dengan Cara Ini

Apa akibatnya? Kebiasaan ini akan memicu pertumbuhan tumor dan menurunkan kesuburan pada laki-laki. Bahkan hanya dengan duduk sambil mengantongi ponsel saja bisa picu masalah panggul dan punggung.

Kamar Mandi

Tak hanya membawa ponsel hingga tidur, terlalu sibuk bermain ponsel membuat beberapa orang membawanya hingga ke toilet. Tahukah kamu, kebiasaan ini akan membuat bertambahnya bakteri ke permukaan handphone, loh.

Maskapai Banting Setir: Bisnis Akikah hingga Jualan Gorengan

Meskipun kamar mandi terlihat bersih, namun tetap saja kamar mandi merupakan tempat kotor yang menyimpan banyak bakteri. Misalnya saja pada kloset, tidak menutup kemungkinan bakteri yang hinggap di permukaan kloset dapat terlempar jauh saat Anda sedang melakukan flush.

Bakteri tersebut dapat melayang-layang di udara dalam waktu yang lama, bahkan bisa menempel di seluruh permukaan kamar mandi, termasuk ponsel yang Anda bawa. Sudah terbayang bukan, berapa banyak jumlah bakteri yang akan hinggap di ponsel jika Anda masih membawanya ke kamar mandi.

Meletakkannya Dekat dengan Wajah

Kebiasaan yang satu ini memang jarang disadari. Misalnya saja saat menelepon, tanpa sengaja kita mendekatkan ponsel ke wajah. Siapa sangka, ternyata kebiasaan ini berdampak buruk untuk kesehatan Anda.

Melongok Sejarah 5G, Korea Selatan Kali Pertama Menerapkan Jaringan Ini

Saat meletakkan ponsel terlalu dekat dengan wajah, bakteri yang menempel di ponsel akan berpindah ke wajah, begitu juga sebaliknya. Bakteri dan kotoran yang terdapat di ponsel ini bisa memicu munculnya jerawat, iritasi kulit, bahkan kerutan di wajah.

Solusinya, kamu bisa menggunakan loudspeaker atau tambahan perangkat lain seperti headphone saat sedang menelpon. Tentunya agar lebih aman dari radiasi dan mencegah timbulnya masalah kulit di wajah.

Ditulis oleh : Annisa Putri

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.