10 Minuman Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan Otak, Mau Coba?

Tahukah Anda ada sejumlah minuman bisa tingkatkan kesehatan otak? Salah satu minuman yang bisa tingkatkan kesehatan otak adalah teh hijau.

JEDA.ID—Tahukah Anda ada sejumlah minuman bisa tingkatkan kesehatan otak? Salah satu minuman yang bisa tingkatkan kesehatan otak adalah teh hijau.

Seperti organ tubuh lainnya, otak juga membutuhkan sejumlah nutrisi yang cukup untuk tetap sehat dan aktif. Konsumsi nutrisi yang cukup meningkatkan fungsi memori dan kognitif. Jika Anda ingin menjaga otak tetap sehat dan aktif, Anda dapat mengonsumsi beberapa minuman sehat dan segar.

Tips kesehatan kali ini membahas minuman untuk tingkatkan kesehatan otak. Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Selasa (6/10/2020), berikut ini adalah minuman yang bisa meningkatkan kesehatan otak.

1. Teh hijau

Teh hijau mengandung dua senyawa nootropik, l-theanine dan epigallocatechin gallate (EGCG). Studi menunjukkan bahwa l-theanine dapat meningkatkan relaksasi, serta l-theanine yang dikombinasikan dengan kafein dapat meningkatkan perhatian.

Ini Daftar Negara Terkaya di Dunia 2020, Indonesia Urutan Berapa?

Sementara EGCG dapat memasuki otak melalui sawar darah-otak. Ini bisa memberikan efek menguntungkan pada otak hingga memerangi penyakit neurodegeneratif.

2. Teh herbal

Tak cuma teh hijau, berbagai jenis teh herbal juga bisa bermanfaat bagi otak. Teh gingko biloba misalnya, dapat meredakan gejala penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif ringan. Teh sage dapat mendukung memori dan suasana hati. Teh ginseng memiliki sifat pelindung saraf dan untuk meningkatkan fungsi otak.

Ginseng India dapat melindungi dari penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer. Teh rhodiola dapat membantu meningkatkan kelelahan mental dan fungsi otak.

3. Kombucha

Kombucha adalah minuman fermentasi yang biasanya dibuat dari teh hijau atau hitam, ditambah buah atau bahan herbal lainnya. Manfaat kombucha untuk kesehatan otak ada pada kandungan probiotiknya.

Melongok Sejarah 5G, Korea Selatan Kali Pertama Menerapkan Jaringan Ini

Secara teoritis, kesehatan usus yang baik dapat meningkatkan fungsi otak melalui poros otak-usus. Ini merupakan jalur komunikasi dua arah antara usus dan otak.

4. Kefir

Kefir adalah minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi. Kefir dapat mengandung hingga 61 mikroorganisme yang berbeda. Ini menjadikannya sumber probiotik yang jauh lebih kuat daripada banyak produk susu fermentasi lainnya. Seperti kombucha, kefir adalah minuman fermentasi yang dikemas dengan probiotik.

Kefir dapat membantu fungsi otak dengan mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus. Kefir merupakan sumber kalsium, protein dan vitamin B.

5. Jus jeruk

Jus jeruk kaya vitamin C yang bisa bermanfaat sebagai pelindung saraf. Satu ulasan menemukan bahwa orang yang memiliki kadar vitamin C dalam darah yang lebih tinggi memiliki tingkat perhatian, memori, dan bahasa yang lebih baik. Selain mengonsumsi jus jeruk, Anda juga bisa mengonsumsi buah jeruk utuh. Buah utuh lebih rendah kalori dan gula, serta lebih tinggi serat.

6. Jus hijau

Tak cuma buah-buahan, Anda juga bisa meningkatkan kesehatan otak dengan jus hijau. Jus hijau menggabungkan buah-buahan dan sayuran hijau.

Sayur dan buah yang bisa dimasukkan seperti sayuran hijau tua seperti kale atau bayam, timun, apel hijau, rempah segar seperti serai. Minuman ini sangar kaya akan vitamin C dan antioksidan bermanfaat lainnya.

7. Jus bit

Bit merupakan jenis umbi merah tua yang kaya nitrat secara alami. Jus bit meningkatkan produksi oksida nitrat. dapat Ini bisa meningkatkan oksigenasi sel dan meningkatkan aliran darah.

Pensinyalan oksida nitrat memainkan peran di area otak yang bertanggung jawab untuk bahasa, pembelajaran, dan pengambilan keputusan tingkat lanjut.

8. Jus Blueberry

Blueberry kaya akan senyawa tanaman polifenol yang dapat memberikan manfaat peningkatan otak. Antosianin dalam blueberry sangat berperan dalam fungsi otak.

Mulai Pikirkan Dampak Ekonomi, WHO Kini Tak Sarankan Lockdown?

Konsumsi jus blueberry bisa meningkatkan memori jangka pendek dan jangka panjang yang lebih baik. Anda juga bisa mengonsumsi blueberry utuh yang lebih rendah gula dan memberikan manfaat serupa.

9. Kunyit

Minuman untuk tingkatkan kesehatan otak selanjutnya adalah kunyit. Rempah serbaguna ini tak hanya bisa menyedapkan masakan tapi juga bisa meningkatkan fungsi kognitif. Kunyit mengandung antioksidan kurkumin yang dapat meningkatkan produksi faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF). BDNF rendah dikaitkan dengan defisit mental dan gangguan neurologis.

Jadi peningkatan kadar BDNF dapat meningkatkan fungsi otak. Kunyit bisa dikonsumsi dalam bentuk susu kunyit, teh kunyit, atau aneka jamu seperti kunyit asam.

10. Kopi

Kopi adalah minuman nootropik yang paling banyak dikonsumsi. Kafein di dalam kopi merupakan zat utama yang berperan dalam kesehatan otak. Kafein dapat meningkatkan fokus, kewaspadaan, waktu reaksi, dan memori.

Kopi juga dapat melindungi otak dari penyakit Alzheimer. Selain kafein, kandungan asam klorogenat antioksidan dalam kopi juga bisa meningkatkan kesehatan otak.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.