Aplikasi ini Bisa Bantu Atasi Insomnia, Mau Coba?

Bagi penderita insomnia tidak usah risau karena saat ini ada sejumlah aplikasi yang bisa atasi insomnia. Aplikasi ini bisa bikin tidur nyenyak.

JEDA.ID—Apakah Anda menderita gangguan tidur atau insomnia? Jika menghitung domba imajiner gagal membantu Anda terlelap, ada sejumlah aplikasi untuk atasi insomnia Anda.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan insomnia mulai dari kelelahan, stres, cemas atau kebiasaan konsumsi makanan yang mengandung kafein dan gas.

Penyakit insomnia dapat memberikan efek lainnya, seperti mood yang buruk, kurang fokus, dan menimbulkan penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Saat ini sudah ada banyak aplikasi untuk penderita insomnia yang bisa membantu Anda agar bisa tidur lebih cepat.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi smartphone yang bisa Anda coba supaya Anda terbebas dari insomnia Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Kamis (10/9/2020) .

1. Relax Melodies

Aplikasi untuk atasi insomnia pertama adalah Relax Melodies. Relax Melodies menawarkan lebih dari 100 suara pengantar tidur untuk relaksasi bagi Anda yang terserang insomnia. Selain ada banyak suara seperti suara air, gemerisik daun, burung, angin, dan lain sebagainya, aplikasi ini juga menawarkan meditasi yang bisa Anda lakukan sendiri untuk membantu menghilangkan insomnia, stres, mimpi buruk dan lain-lain.

2. White Noise ~ Sleeping Sounds

White noise adalah sebutan jenis suara yang dapat membuat orang lebih tenang dan fokus. Suara-suara tersebut biasanya menyerupai suara hujan atau arus. Aplikasi smartphone yang bisa membantu tidur nyenyak selanjutnya adalah White Noise– Sleeping Sounds ini.

Ingin Punya Sperma Sehat? Perhatikan Ini

Suara-suara yang dihasilkan aplikasi ini adalah suara-suara alami yang akan membawa pikiran menjadi tenang dan menghilangkan suara-suara bising yang membuat Anda semakin susah tidur. Baiknya lagi, Anda bisa mengatur waktu kapan suara pengantar tidur akan dimulai dan kapan pula akan berhenti tanpa khawatir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

3. Nature Sounds Relax & Sleep

Aplikasi Nature Sounds Relax and Sleep bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak dengan suara-suara alam, supaya Anda lebih tenang dan rileks. Ada berbagai jenis suara yang bisa Anda pilih, mulai dari suara lautan, hujan, rerumputan, hutan di pegunungan ataupun padang yang luas.

Tiap suara bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan Anda, jadi Anda bisa memilih mana suara yang paling menenangkan bagi Anda untuk Anda dengarkan tiap menjelang tidur. Anda bisa menggunakan aplikasi smartphone yang bisa membuat tidur nyenyak ini untuk mengusir insomnia.

4. Calm Meditate

Aplikasiatasi insomnia berikutnya adalah calm meditate. Calm Meditate adalah aplikasi meditasi yang memiliki ratusan program untuk meditasi bagi pemula, menengah, dan lanjutan. Tersedia beberapa sesi meditasi dengan durasi yang bisa Anda pilih sendiri mulai dari 3, 5, 10, 15, 20, sampai 25 menit.

Idap Flu dan Covid-19 Bersamaan Tingkatkan Risiko Kematian

Anda juga bisa memilih topik meditasi sesuai yang Anda butuhkan termasuk susah tidur, stres, kecemasan, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga akan menunjukkan kemajuan Anda selama melakukan meditasi.

5. Sleepo

Aplikasi atasi insomnia selanjutnya adalah Sleepo. Sleepo menyajikan koleksi beragam suara HD yang dapat dicampurkan untuk menciptakan suasanan menenangkan yang sempurna.

Anda bisa memilih sendiri berbagai suara seperti suara hujan, suara alam hingga instrumen musik yang menghanyutkan. Anda juga bisa menjadwalkan pengatur waktu untuk menghentikan aplikasi ini secara otomatis. Selain untuk relaksasi dan pengantar tidur, Sleepo juga bisa digunakan sebagai media meditasi.

6. Rain Rain Sleep Sounds

Suara hujan memang menenangkan dan bisa membantu tidur lebih cepat dan nyenyak. Hujan di malam hari sangatlah menenangkan pikiran, sayangnya kita tidak bisa memilih kapan hujan turun. Sekarang Anda bisa mendegngar suara hujan dengan aplikasi smartphone yang bisa membantu tidur nyenyak ini, yaitu Rain Rain Sleep Sounds.

Dampak Negatif Buka HP Saat Bangun Tidur, Nomor 3 Bahaya Banget

Aplikasi ini akan menghasilkan suara hujan yang alami dan menenangkan dengan kualitas suara yang jernih. Selain suara hujan, aplikasi ini juga dapat menghasilkan suara-suara alami lainnya seperti gelombang laut hingga petir. Anda juga bisa menggabungkan beberapa suara sesuai keinginan untuk membuat tidur semakin nyaman.

7. Pzizz

Pzizz merupakan aplikasi smartphone yang bisa membantu tidur nyenyak berikutnya. Aplikasi ini membantu meredam insomnia melalui penggunaan urutan suara yang membantu mengoptimalkan tidur penggunanya.

Jadi pengguna aplikasi ini bisa tertidur dengan perasaan istirahat yang rileks. Aplikasi ini dapat diunduh gratis untuk iOS atau Android, dan juga menawarkan opsi pembelian dalam aplikasi.

8. Power Nap App

Aplikasi ini mungkin cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan Power Nap di sela-sela kesibukan setiap hari. Aplikasi yang bebas diunduh secara gratis di perangkat IOS ini, memiliki built-in calming sounds yang mampu merelaksasi pikiran, hingga membantu terlelap.

Tak lupa beberapa pilihan timer kapan Anda ingin bangun, akan membuat power nap lebih terjadwal. Namun perlu diingat juga, jangan sampai meletakkan smartphone di dekat kepala atau dekat dengan tubuh Anda saat tidur, karena bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.